10 Budaya Indonesia yang Diklaim oleh Malaysia

Panca Wacana

Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dalam hal adat and budaya. Namun, pada beberapa kesempatan, terjadi klaim budaya yang menjadi sumber ketegangan antara kedua negara tetangga ini. Dalam artikel ini, akan dibahas 10 budaya Indonesia yang diklaim oleh Malaysia.

1. Batik

Batik Indonesia telah menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 2009. Namun, Malaysia memiliki klaim atas batik dengan melakukan pendaftaran hak paten di negara terkait. Meskipun kedua negara memiliki keunikan dalam corak dan bahan yang digunakan, batik yang diklaim oleh Malaysia sangat mirip dengan batik Indonesia.

2. Rendang

Masakan rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. Namun, Malaysia mengklaim rendang sebagai masakan khas mereka, terutama untuk rendang daging. Meskipun rendang Malaysia memiliki banyak kesamaan dengan rendang Indonesia, namun, rasa, bahan, dan cara memasaknya masih menjadi perdebatan.

3. Tari Pendet

Tari Pendet adalah tari khas Bali yang memiliki makna dan nilai budaya yang dalam. Meskipun Tari Pendet dimainkan di berbagai acara dan tempat di Indonesia, Malaysia juga memiliki klaim atas tari ini. Terdapat perbedaan dalam kostum dan corak tari yang membedakan Tari Pendet Indonesia dan Malaysia.

4. Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan seni tradisional Indonesia yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Namun, Malaysia mengklaim bahwa wayang kulit juga merupakan budaya mereka. Padahal, wayang kulit Malaysia memiliki perbedaan corak dan cerita dengan wayang kulit Indonesia.

BACA JUGA:   Budaya Indonesia di Era Globalisasi

5. Tari Saman

Tari Saman merupakan salah satu tarian khas Aceh yang telah menjadi warisan budaya dunia. Namun, Malaysia juga mengklaim Tari Saman sebagai budaya mereka dan bahkan menggunakan tarian ini untuk promosi pariwisata. Namun, terdapat perbedaan dalam kostum, gerak, dan makna tari Saman Malaysia dan Indonesia.

6. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Namun, Malaysia memiliki klaim atas Angklung melalui pendaftaran hak paten di negara terkait. Walaupun angklung Malaysia dan Indonesia memiliki kesamaan dalam bentuk, namun jenis dan cara memainkannya sangat berbeda.

7. Keris

Keris adalah salah satu senjata tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Namun, Malaysia juga mengklaim keris sebagai budaya mereka. Keris Malaysia memiliki perbedaan dalam jenis, ukuran, dan tatahannya dibandingkan dengan keris Indonesia.

8. Lagu Rasa Sayange

Lagu Rasa Sayange merupakan lagu daerah dari Maluku yang telah terkenal di Indonesia. Namun, Malaysia juga mengklaim lagu ini sebagai milik mereka. Meskipun liriknya mirip, namun cara menyanyikan dan makna dari lagu tersebut sangat jauh berbeda.

9. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah tarian khas dari Ponorogo yang telah menjadi warisan budaya dunia. Namun, Malaysia juga mengklaim Reog Ponorogo sebagai tradisi mereka. Padahal, Reog Ponorogo memiliki makna, kostum, dan gerakan yang unik dan hanya dimiliki oleh masyarakat Jawa Timur.

10. Kue Lapis

Kue Lapis merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat terkenal. Namun, Malaysia juga mengklaim kue ini sebagai milik mereka. Walaupun jenis kue Lapis Malaysia dan Indonesia terlihat mirip, namun rasa, tekstur, dan cara memasaknya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Also Read

Bagikan: