Memukau 16 Wisata Masjid Agung Sumenep Foto Yang Menakjubkan

Vicky Astuti

berita kedatangan pendatang asing tersebut tidak butuh waktu lama untuk sampai ke telinga Adipati saat di hadapan bindara Saud itulah lalu menceritakan awal pengungsiannya Dan . Harapannya agar mendapatkan perlindungan . Sang Adipati mengeluarkan .

Sebuah maklumat yang berisi jaminan keselamatan izin tinggal membuat pemukiman dan mencari penghidupan serta permintaan kesetiaan maklumat yang melegakan itu disambut . Lauk penting dengan sukacita dirinya berjanji akan menjadikan Sumenep sebagai kampung halamannya yang kedua dan siap mengabdikan diri bilamana tenaga dan keahliannya dibutuhkan Lau hunting mengisahkan pengalamannya sebagai .

Pekerja seni yang terlibat dalam beberapa penugasan termasuk rehabilitasi klenteng sampookong di Semarang Pada 1752 masehi gindara saus merencanakan pemugaran bangunan Keraton karena menginginkan Keraton tidak sekedar menjadi kantor dan pusat pemerintahan namun juga bisa untuk menggelar berbagai . Kegiatan sebelum pemugaran itu dilaksanakan Adipati merasa perlu mendengar masukan dari orangorang yang dianggap memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang itu Lau hunting tidak ketinggalan . Dipanggil dan diminta pendapatnya laung usulkan perlunya memperkaya corak dan ornamen Keraton perubahan .

Konstruksi atau pendopo serta . Perlunya membangun gapura sebagai gerbang masuk Keraton pemaparan mau hunting yang menarik dan detail menjadikannya . Dipercaya mengepalai pemugaran Keraton mengingat ada beberapa bagian konstruksi menggunakan gaya arsitektur piang wah yang tidak bisa dikerjakan oleh tukang lokal makalah hunting mengusulkan kepada Adipati untuk mendatangkan para koleganya tukangtukang film Wah dari tanah Jawa sebagai pekerja konstruksi .

Mengingat usianya yang telah lanjut laut . Kunti merekomendasikan yellow . Yang . Oh untuk menggantikan tugasnya memimpin pemugaran Keraton amanah telah sukses ditunaikan walhasil wajah baru keraton Sumenep dengan gapura pokoknya menjadi lebih cantik megah dan berwibawa pada masa Pangeran Ario notokusumo yang dikenal sebagai Panembahan sumolo naik sebagai pelanjut bindara saod Adipati Sumenep ke31 itu memiliki sejumlah agenda dalam rangka mengisi Arkan kemajuan Sumenep pada masa masa pemerintahannya 1762 sampai 1811 masehi. kemajuan Sumenep tidak dapat hanya diukur dari kinerja pemerintahan dan tata kelola kota yang baik melainkan juga kedamaian dan ketentraman rakyat yang jiwanya senantiasa dibingkai dengan keimanan dan ketaqwaan Panembahan sumolo sangat memperhatikan . Dinamika keagamaan yang berkembang di masyarakat nya dimana saat itu keberadaan masjid lama . Keraton yang sudah berdiri sejak zaman Adipati anggadipa sudah .

BACA JUGA:   Wisata religi batu ampar madura

Tidak lagi memadai untuk menampung dan jamaah warna bahan sumolo bermaksud membangun kembali masjid lama tersebut agar bisa dikembangkan sebagai pusat kegiatan dakwah dan keagamaan Panembahan sumolo pada tahun 1779 masehi secara resmi mencanangkan pembangunan masjid berangkat dari revitalisasi bangunan keraton yang telah terlaksana dengan . Baik maka Panembahan memanggil lauk yang wow untuk mengarsiteki pembangunan kembali masjid lama sang Adipati menyusun masterplan sementara lauk yang mau diminta membuat rancangan detailnya dengan memasukkan unsurunsur tradisional Madura dan memadukannya dengan berbagai peradaban Riau yang merancang secara detail elemenelemen arsitektural masjid mulai bentuk atap pilar . Kolom mimbar dan nih rap pintu dan jendela sekaligus hiasan beserta ornamenornamen nya Hai pengerjaan Masjid

Also Read

Bagikan: