20 Gambar Rumah Adat Jawa Barat Beserta Namanya

Dwi Mustofa

masalah justru merupakan salah satu kekayaan bangsa salah satunya yaitu rumah berikut tujuh rumah adat Jawa Barat dan keunikannya number 1 rumah adat kesepuhan Cirebon. rumah Kasepuhan merupakan salah satu rumah adat di Cirebon Jawa Barat rumah Kasepuhan Cirebon ini didirikan oleh pangeran Cakrabuana pada 1529 rumah adat ini sebenarnya merupakan . Perluasan dari Keraton tertua di Cirebon yakni pakungwati bangunan rumah adat ini memiliki beberapa bagian atau tata letak ruang dimulai dari pintu gerbang . Utama hingga bangunan induk raton me Mesir dari situs resmi Dinas Pariwisata dan kebudayaan .

Provinsi Jawa Barat berikut beberapa bagian tata letak rumah Kasepuhan Cirebon pintu gerbang . Utama Keraton untuk akses keluarmasuk bangunan pancaratna untuk tempat para pembesar Desa bertemu dengan atau wedana bangunan pangrawit sebagai lokasi pelatihan prajurit tempat beristirahat serta pengadilan Kompleks Siti Inggil terletak di halaman depan Keraton dan berfungsi sebagai tempat duduk para pengawal Raja pelanggar Agung posisinya berada di halaman kedua Keraton fungsinya untuk tempat beribadah para keluarga dan kerabat .

Keraton bangunan . Induk Keraton difungsikan untuk tempat beraktivitas Sultan keunikan Jika dilihat secara teliti rumah . Kasepuhan memiliki beberapa .

Keunikan yang bisa dilihat dari bentuk bangunannya Apa sajakah keunikannya bentuk rumah adat yang lebar Rumah Kasepuhan memiliki bentuk rumah yang melebar kesamping sehingga terlihat . Seperti panggung Hai bentuk ini hampir bisa . Ditemui di seluruh bagian rumah Kasepuhan ada . Dua jenis jrebeng Utama Rumah Kasepuhan memiliki dua gerbang utama yang terletak di sebelah utara dan di selatan gerbang Utara disebut Kretek pangrawit berupa jembatan sedangkan gerbang Selatan disebut Lawang Sanga atau pintu 9 bisa digunakan untuk berbagai hal . Rumah Kasepuhan memiliki banyak fungsi yang bisa dilihat dari bangunannya misalnya pancaratna yang digunakan sebagai tempat pertemuan para pembesar desa dengan Demang atau wedana contoh lainnya jinem pangrawit yang .

BACA JUGA:   Budaya Indonesia: Hal Pertama yang Mempengaruhi Adalah Keadaan Sosial Masyarakatnya

Difungsikan sebagai serambi Kraton banyak Hiasan berupa ukiran rumah Kasepuhan dihiasi dengan . Berbagai ukiran yang berbeda perlu diketahui jika bangunan rumah Kasepuhan ini dibuat dari . Bahan kayu jati yang memungkinkan untuk dihiasi dengan berbagai ukiran . Number 2 rumah adat suhunan jolopong yo yo lo pong . Adalah istilah Sunda artinya tergolek lurus suhunan jolopong juga dikenal dengan sebutan suhunan panjang bangunan rumah ini kerap ditemukan di kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang keunikan rumah ini terletak dari bentuk . Rumah yang cukup tua terdapat bentuk atap bangunan Saung danau yang diperkirakan bentuknya sudah tua Number 3 rumah adat Tagog anjing dilansir dari laman resmi Kemdikbud rumah adat Jawa Barat satu ini memiliki bentuk atap Kagok anjing atau jago anjing sikap anjing .

Sedang duduk bentuk tersebut . Merupakan bentuk atap yang memiliki dua bidang atap yang berbatasan pada garis batang suhunan bidang atap yang pertama lebih lebar dibanding dengan atap lainnya serta merupakan penutup ruangan sedangkan . Atap lainnya yang sempit memiliki sepasang Sisi yang sama panjang keunikan rumah ini . Pada sisi bawah tidak this oleh tiang dan bidang atap yang sempit berfungsi sebagai gedung agar cahaya matahari atau air hujan tidak langsung mengenai ruangan dalam bagian depan number 4 rumah adat badak heuay rumah adat badak W ini hampir mirip dengan bentuk rumah adat pagok anjing badak Hai memiliki bidang atap . Belakang yang melewati batang suhunan bentuknya menyerupai badak bermulut mengangkat . Keunikan rumah ini terdapat pada bidang atap yang melewati suhunan yang dinamakan rambut titik number 5 rumah adat perahu kumureb bentuk atap rumah adat Jawa Barat selanjutnya memiliki empat buah bidang atap keunikan rumah ini terletak pada sepasang bidang Atap .

BACA JUGA:   Manfaat Budaya untuk Indonesia
Array
Photo Via : hakanaborneosejahtera.co.id
Array
Photo Via : desainrumah.medrec07.com
Array
Photo Via : carakus.com
Array
Photo Via : topgambarrumah24.blogspot.com
Array
Photo Via : rumahkentang123.blogspot.com
Array
Photo Via : decoromah.blogspot.com
Array
Photo Via : gambarbagus.me
Array
Photo Via : lamudi.co.id
Array
Photo Via : ekspektasia.com
Array
Photo Via : desainrumah.medrec07.com
Array
Photo Via : rumahcantikmenawan.blogspot.com
Array
Photo Via : rumahcantikmenawan.blogspot.com
Array
Photo Via : rumahcantikmenawan.blogspot.com
Array
Photo Via : sekitaranrumah.blogspot.com
Array
Photo Via : animasi-gambar-kartun-lucu.blogspot.com
Array
Photo Via : budimanasri.com
Array
Photo Via : topgambarrumah24.blogspot.com
Array
Photo Via : desainrumah.medrec07.com
Array
Photo Via : cloud.markhamgaragedoors.com
Array
Photo Via : rumahcantikmenawan.blogspot.com

Also Read

Bagikan:

Tags