23 Wisata Religi Cirebon Hari Ini

Rizki Mansur

leluhur di Cirebon Selain itu Cirebon juga dikenal dengan sebutan kota parawali karena adanya dua Dari Sembilan Wali Songo yang sempat tinggal di Cirebon Nah ini . Nih rangkuman . Beberapa destinasi wisata religi yang ada di Kota Cirebon satu Keraton Kasepuhan Keraton Kasepuhan adalah kesultanan Islam yang didirikan pada 15 29 oleh Sunan Gunung . Jati dekraton ini ada peninggalan masa kejayaan Kesultanan Cirebon terdapat museum pusaka yang disuguhkan bagi wisatawan berisi Singgasana Sultan Kereta Kencana singa barong dan bendabenda bersejarah lainnya meski merupakan kesultanan Islam Kraton Kasepuhan memiliki bentuk bangunan yang terpengaruh oleh budaya Hindu dan Tiongkok loh dua Keraton Kanoman Keraton Kanoman didirikan oleh pangeran Muhamad bin atau Pangeran Kartawijaya yang bergelar Sultan Anom satu pada sekitar tahun 1678 masehi Kompleks Keraton Kanoman mempunyai luas hingga enam hektar Sultan Kanoman satu sendiri tak lain merupakan keturunan ketujuh dari Sunan gunungjati sama .

Seperti Keraton kesepuhan disini juga terdapat museum yang .

Berisi pusaka dan benda bersejarah koleksi Sultan dan adapula kereta kencana Paksi naga Liman dan jempana didalam Keraton . Terdapat Lawang atau pintu masuk bangunan dengan nama dan fungsinya masingmasing pintupintu .

Tersebut bernama Lawang syahadat Lawang kiblat lawangsih blawong dan lawan Kejaksaan tiga . Masjid Agung sang ciptarasa masjid dengan . Bangunan sangat ini dibangun oleh Sunan .

Gunung Jati dan Sunan Kalijaga untuk . Fasilitas penyebaran agama Islam masih ini memiliki . Daya pikat tersendiri bagi wisatawan karena desain arsitekturnya yang unik dengan tembok bata merah yang . Mendominasi bangunan dan bagian pintu utama yang didesain . Pendek agar pengunjung yang mau beribadah menundukkan badannya saat masuk masjid Selain itu ada juga sumber air yang tidak hanya . Diperuntukan untuk berwudhu tapi diyakini masyarakat sekitar bahwa Air ini memiliki banyak manfaat dan khasiat termasuk bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit 4 makam Sunan Gunung Jati makam Sunan Gunung Jati di Jalan alunalun Ciledug nomor 53 .

BACA JUGA:   Memukau Masjid Agung Demak Lumrahe Kanggo Wisata Apa Dengan 5 Foto

Astana Kecamatan Gunung Jati . Cirebon selalu menjadi destinasi utama yang selalu diburu untuk wisata religi hal ini lantaran Sunan . Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah merupakan satu diantara tokoh Walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa Barat berziarah dari Cirebon maupun luar selalu meramaikan makam ini saat hari raya besar Islam makam Sunan Gunung Jati memiliki arsitektur unik perpaduan Kinasih gaya arsitektur Tiongkok Arab dan Jawa .

Gaya arsitektur Tiongkok terlihat pada desain interior dan dinding makam sedangkan arsitektur Jawa terlihat . Pada . Atap bangunan makam yang berbentuk limasan khas jawa daya tarik yang dimiliki Kompleks makam Sunan Gunung Jati lainnya adalah dengan adanya sembilan pintu yang disusun secara bertingkat lima petilasan Sunan . Kalijaga petilasan Sunan Kalijaga berlokasi di tengah pemukiman penduduk Kampung Kalijaga . Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti tempat ini bisa jadi destinasi wisata religi di Cirebon saat Ramadan karena merupakan pusat dakwah sunan Kalijaga di tanah Jawa tempat ini merupakan peristirahatan dan tempat tinggal Sunan Kalijaga semasa dirinya menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat bersama Sunan gunungjati tak hanya tempat berdakwah ternyata petilasan ini juga pada zaman dulu kerap digunakan untuk tempat pertemuan orangorang penting yang ada di Cirebon demikian beberapa destinasi wisata religi menarik yang patut Anda kunjungi saat di Cirebon Nah kalau yang belum disebutkan Langsung tulis di kolom komentar yuk Sekian dulu ya hari ini semoga bermanfaat topicil aja untuk mendapatkan informasi wisata . Menarik lainnya ya hai

Array
Photo Via : hariliburnasional.com
Array
Photo Via : bandung.panduanwisata.id
Array
Photo Via : beritacirebonblog.wordpress.com
Array
Photo Via : idntimes.com
Array
Photo Via : gotravelly.com
Array
Photo Via : detik.com
Array
Photo Via : jejakpiknik.com
Array
Photo Via : idntimes.com
Array
Photo Via : travel.kompas.com
Array
Photo Via : bandung.panduanwisata.id
Array
Photo Via : brisik.id
Array
Photo Via : attaqwacirebon.com
Array
Photo Via : aboutcirebon.id
Array
Photo Via : thelittlesnacks.com
Array
Photo Via : sewabiswisata.com
Array
Photo Via : gotravelly.com
Array
Photo Via : aboutcirebon.id
Array
Photo Via : joglowisata.com
Array
Photo Via : gotravelly.com
Array
Photo Via : sewabiswisata.com
Array
Photo Via : aboutcirebon.id
Array
Photo Via : cirebonkota.go.id
Array
Photo Via : purwakarta.inews.id

Also Read

Bagikan:

Tags