Terbaik Wisata Tebing Breksi Dengan 11 Foto

Martaka Hidayat

Tebing Breksi menjadi destinasi wisata populer di Yogyakarta. Terletak di atas bekas tambang batu breksi, tebing ini memiliki keindahan yang menawan dengan spot fotografi yang menarik. Namun, mungkin banyak yang belum mengetahui sejarah dibalik tebing ini.

Dalam kunjungan ke Tebing Breksi, seorang pengunjung akan disambut oleh petugas di pintu masuk. Bagi yang menggunakan bus, jalan menuju tebing ini memang cukup terjal. Tetapi, petugas akan selalu ada di sepanjang jalan untuk membantu dan memastikan keamanan pengunjung. Jika ada rombongan besar, petugas juga akan siap mengatur lalu lintas dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Tebing Breksi merupakan hasil dari tambang batu breksi yang digunakan sebagai bahan pondasi dan bangunan. Namun, pada 2014, tambang ini ditutup dan kemudian dialihfungsikan sebagai destinasi wisata. Ada beberapa spot menarik di Tebing Breksi yang dapat dijadikan tempat berfoto. Di depan tebing, pengunjung akan melihat relief wayang yang menarik, lengkap dengan patung naga. Untuk menuju puncak tebing, pengunjung harus melewati tangga yang diletakkan di belakang tebing. Tujuannya adalah agar tebing tampak klasik dan masih mempertahankan bekas pertambangan.

Untuk memenuhi kebutuhan air di area parkir dan menyiram tanaman, di sekitar Tebing Breksi terdapat beberapa embung penampungan air. Konon, embung ini dibuat dari bekas lubang tambang yang direnovasi agar bisa digunakan sebagai penampungan air selama musim kemarau. Selain Tebing Breksi, di sekitar area ini juga terdapat beberapa candi yang menjadi destinasi wisata populer di Yogyakarta, seperti Candi Prambanan, Candi Barong, dan Candi Ratu Boko.

Menariknya, Tebing Breksi pertama kali dibuat secara tidak sengaja oleh para penambang ketika mereka sedang istirahat. Mereka iseng mencoba mengukir batu breksi dan akhirnya menciptakan beberapa patung wayang yang menawan. Setelah tempat ini resmi dijadikan destinasi wisata pada tahun 2015, beberapa seniman lokal ditugaskan untuk membuat patung wayang yang lebih baik dan detail.

BACA JUGA:   Terbaik 18 Wisata Jembatan Sitti Nurbaya

Kunjungan ke Tebing Breksi memang mengasyikkan, tetapi karena jalannya yang cukup curam, beberapa pengunjung mungkin akan merasa kelelahan. Namun, dengan bantuan petugas di sepanjang jalan dan keindahan alam yang menawan, kunjungan ke Tebing Breksi menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, bagi yang ingin berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mencoba destinasi wisata yang satu ini.

Photo Via : garasijogja.com
Photo Via : www.sobatjogja.com
Photo Via : paketwisata.id
Photo Via : www.tagar.id
Photo Via : asiatoday.id
Photo Via : www.pesonajawa.com
Photo Via : www.seputarwisata.com
Photo Via : jogjacar.com
Photo Via : stringfixer.com
Photo Via : wisatakaka.com
Photo Via : jadesta.kemenparekraf.go.id

Photo Via : garasijogja.com
Photo Via : www.sobatjogja.com
Photo Via : paketwisata.id
Photo Via : www.tagar.id
Photo Via : asiatoday.id
Photo Via : www.pesonajawa.com
Photo Via : www.seputarwisata.com
Photo Via : jogjacar.com
Photo Via : stringfixer.com
Photo Via : wisatakaka.com
Photo Via : jadesta.kemenparekraf.go.id

Also Read

Bagikan: