10 Foto Menarik Taman Nasional Kerinci Seblat Kabupaten Sijunjung

Dimaz Nainggolan

Indonesia memiliki banyak tempat yang indah dan mempesona, salah satunya adalah Sumatera Barat. Di kabupaten Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat, terdapat desa Nagari Batu Bulek yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Nagari Batu Bulek memiliki luas sekitar 11,5 km2 atau 5,6% dari luas wilayah Kecamatan Lintau Buo Utara, dan berjarak satu kilometer dari ibu kota kecamatan dan 26 km dari ibu kota kabupaten.

Desa ini memiliki sebuah dataran tinggi yang indah dan penuh dengan sejarah, yaitu Puncak Pato. Tempat ini sangat digemari wisatawan dan masyarakat setempat karena pemandangan alamnya yang indah dan menawan, serta banyak terdapat pohon pinus. Selain itu, di sekitar Puncak Pato terdapat banyak gubuk tempat pembuatan gula tebu, karena salah satu mata pencaharian masyarakat setempat adalah bertanam tebu. Jarak tempuh ke Puncak Pato sekitar 25 km dari arah Batusangkar dan akses jalan ke sana cukup bagus dan sudah beraspal.

Puncak Pato merupakan sebuah kampung yang berada di ketinggian antara Lintau dan sungai, dan merupakan tempat dimana falsafah Minang dicetuskan. Meskipun wabah virus korona belum sepenuhnya lenyap, objek wisata ini tetap ramai dan tidak ada yang tahu tentang Puncak Pato. Tempat ini sudah jauh lebih berwarna dan indah dari segi pariwisata akibat sentuhan tangan pemuda dan anak Nagari Batu Bulek, khususnya Jorong Pato, untuk memajukan kalender wisata Tanah Datar. Puncak Pato dapat diakses dari segala arah, baik dari bandara atau Pekanbaru, dan akan dihiasi dengan pemandangan yang berbeda, seperti gunung sago dan bukit marapalam.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi desa Nagari Batu Bulek dan Puncak Pato yang indah dan penuh sejarah di Sumatera Barat. Nyalakan tombol notifikasi untuk tidak ketinggalan kabar terbaru dari kami.

BACA JUGA:   Plesiran Seru ke Kebun Teh Lumajang

Also Read

Bagikan: