12 Foto Kabupaten Barito Kuala

Dwi Mustofa

wilayah 3284 kilometer persegi dan berpenduduk sebanyak 309 ribu 749 jiwa pada tahun. 2017 sebagian wilayah Barito Kuala termasuk dalam calon wilayah Metropolitan banjarbakula kabupaten. Barito Kuala terletak paling barat dari . Provinsi Kalimantan Selatan dan berada pada hamparan wilayah yang datar dengan ketinggian elevasi berkisar antara satu sampai tiga . Meter diatas permukaan laut Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan kabupaten Tapin .

Di sebelah utara . Laut Jawa di sebelah Selatan .

Kabupaten Banjar dan kota Banjarmasin sebelah timur dan di yang barat berbatasan dengan Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah dalam. berikut ini kami .

Akan membahas sejarah dan fakta kabupaten Barito Kuala . Tapi sebelumnya dan tekan tombol notifikasi yang sebagai bentuk dukungan anda terhadap ini Hai sejarah baritokuala sekitar tahun. 1400an wilayah Bandar Muara bahan dijadikan sebagai Bandar . Kerajaan negara Daha dan . Sekaligus sebagai tempat kediaman Pati Arya tranggana berdasarkan beberapa naskah hikayat Banjar dan naskah . Kuno lainnya diketahui layar sekitar sungai Barito dahulu disebut juga . Sebagai Sungai Banjar khususnya yang berada di hilir .

Dekat Kampung Banjarmasin sampai ke hulu kota Marabahan ikuta ini sungai tersebut bercabang dua anak sungai yaitu sungai Barito atau Sungai Dusun Sungai negara atau disebut sungai bahan wilayah daerah aliran sungai negara ini yang oleh Kesultanan Banjar dinamakan sebagai wilayah hulu sungai atau Banjar hulu sungai yang terdiri atas dua kawasan pemukiman Banjar batang Banyu atau Banjar lebah Banjar pahuluan atau baja sarat sedangkan daerah aliran sungai Bigfoot kota Marabahan sering dinamakan sebagai daerah Barito atau tanah Dusun wilayah Barito dalam Kitab Negarakertagama disebutkan sebagai salah satu daerah Taklukan Kerajaan Majapahit yang berada di Pulau .

BACA JUGA:   11 Foto Menarik Air Terjun Sisoma

Tanjung negara disamping daerah tetangganya itu Sungai Tabalong atau Sungai nidara bagian hilir dan muara dari .

Barito pada zaman dahulu disebut pula sebagai bakumpai . Adalah wilayah kabupaten Barito Kuala Barito Kuala merupakan kabupaten . Pemekaran dari Kabupaten Banjar pada masa Hindia Belanda wilayah kabupaten Barito Kuala termasuk kedalam of the life Banjarmasin atau Abdul lifepoint selain Suku Banjar pada umumnya penduduk yang . Tinggal di sepanjang Sungai Barito adalah Endik Barito isolec atau suku Dayak dengan penuturan bahasa Barito . Seperti Dayak Murung Dayak siang kayak Mayan saya bau . Dayak Dusun dan bakumpai Diab. oleh Dua sungai besar sebagaimana diketahui bahwa wilayah kabupaten Barito Kuala diapit oleh Dua sungai besar yaitu sungai Barito dan sungai Kapuas kali ini sangat mempengaruhi Tata air yang ada di wilayah kabupaten ini disamping itu terdapat pula tiga buah terusan atau Anjir buatan yang menghubungkan Sungai Barito dan sungai Kapuas yaitu Anjir terlarang Anjir serapat dan Anjir tambahan Sungai Barito merupakan sungai. yang terbesar dan terpanjang di Kalimantan Selatan Hulu Sungai Barito berada di pegunungan schwaner membujur dari . Wilayah Kalimantan Tengah di bagian utara Pulau Kalimantan hingga bermuara di laut Jawa sepanjang kurang lebih

Also Read

Bagikan: