Agrowisata Banjarsari: Liburan Menyenangkan Sambil Belajar Pertanian

Laksana Hidayat

Sudah bosan dengan wisata-wisata yang itu-itu saja? Mengapa tidak mencoba Agrowisata Banjarsari di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta? Wisata ini menawarkan pilihan yang berbeda dengan objek wisata lainnya di kota yang sama. Selain liburan yang menyenangkan, Agrowisata Banjarsari juga menawarkan pengalaman belajar seputar pertanian, sesuatu yang mungkin tidak Anda dapatkan di tempat wisata lain.

Mengenal Agrowisata Banjarsari

Agrowisata Banjarsari pertama kali dibuka pada tahun 1985 di lahan seluas 13 hektar. Lokasi agrowisata ini berada di tengah-tengah sawah dan perkebunan sayur, jadi jangan heran jika udara segar dan pemandangan hijau akan menyambut Anda begitu tiba di sana.

Selama lebih dari 30 tahun, Agrowisata Banjarsari terus berinovasi dan meningkatkan fasilitas yang ada. Saat ini, objek wisata ini memiliki luas lahan mencapai 53 hektar dengan keanekaragaman fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Mulai dari kebun jeruk, kebun durian, kebun anggrek, kolam ikan, hingga olahan kuliner yang khas.

Aktivitas di Agrowisata Banjarsari

Agrowisata Banjarsari menawarkan berbagai macam aktivitas yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga ataupun teman-teman. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Agrowisata Banjarsari:

1. Berkeliling Kebun Jeruk

Anda bisa berkeliling kebun jeruk dengan menggunakan perahu mini yang tersedia. Selama berkeliling, Anda bisa mengamati proses bercocok tanam jeruk dan melihat langsung buah jeruk yang sedang tumbuh. Selain itu, ditengah kebun terdapat area duduk yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati suasana asri di Agrowisata Banjarsari.

BACA JUGA:   21 Fasilitas Agrowisata Bhumi Merapi

2. Menjelajahi Kebun Anggrek

Bagi pencinta bunga, kebun anggrek di Agrowisata Banjarsari sangat sayang untuk dilewatkan. Dalam kebun ini, ada ratusan spesies anggrek dari berbagai macam tanah dan daerah di Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi para penggemar anggrek ataupun fotografer yang ingin mengambil gambar keindahan bunga ini.

3. Mencicipi Olahan Kuliner Khas

Setelah lelah berkeliling, Anda bisa menyegarkan diri dengan mencoba beberapa hidangan khas dari khas Agrowisata Banjarsari, seperti sate jamur, aneka jus, dan beberapa penganan ringan lainnya. Selain rasanya enak, makanan dan minuman ini dibuat dari hasil panen dari kebun di sekitarnya, sehingga lebih fresh dan sehat.

4. Belajar Cara Bertanam

Jika Anda ingin belajar cara bertanam sayur ataupun buah, Anda bisa mengikuti program belajar pertanian yang disediakan di Agrowisata Banjarsari. Di sini, Anda akan dilatih cara menanam, merawat, hingga menghasilkan panenan yang baik dan berkualitas. Para ahli pertanian dari Agrowisata Banjarsari akan membimbing dan memberi penjelasan secara detail mengenai proses bercocok tanam yang baik dan benar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Agrowisata Banjarsari buka setiap hari dari jam 08.00-16.00 WIB. Untuk menikmati seluruh fasilitas yang ada, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp15.000/orang. Namun, beberapa fasilitas mungkin akan mengharuskan pembayaran ekstra.

Kesimpulan

Agrowisata Banjarsari menawarkan objek wisata yang berbeda dari tempat wisata lainnya di Kota Surakarta. Selain keindahan alamnya, wisata ini juga menawarkan pengalaman belajar seputar pertanian yang bisa diikuti oleh siapa saja. Jadi, jika ingin melakukan liburan yang menyenangkan dan bermanfaat, Agrowisata Banjarsari sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Also Read

Bagikan: