Agrowisata Desa Nglurah: Wisata Edukasi Pertanian di Malang

Estiawan Waskita

Agrowisata sudah menjadi salah satu jenis wisata yang cukup populer belakangan ini, terlebih bagi wisatawan yang senang bertemu dengan budaya dan kegiatan sehari-hari masyarakat setempat. Salah satu contohnya adalah Agrowisata Desa Nglurah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang.

Sejarah Singkat Desa Nglurah

Desa Nglurah sejak dulu dikenal sebagai desa yang cukup maju dalam bidang pertanian di wilayah Kabupaten Malang. Penduduk desa ini mayoritas bercocok tanam kangkung, sawi, dan sayuran lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman, bidang agraris mulai mengalami penurunan serta mulai bergeser ke sektor jasa.

Pengalaman Wisata di Agrowisata Desa Nglurah

Sebagai destinasi wisata, Agrowisata Desa Nglurah menawarkan pengalaman yang menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan sekaligus belajar tentang pertanian. Pengunjung bisa berkeliling lahan pertanian, mengenal jenis-jenis tanaman, serta belajar tentang teknik bercocok tanam yang baik dan efisien.

Tercatat terdapat lebih dari 200 jenis tanaman seperti sayuran, buah, kopi, teh, dan tanaman obat yang dapat ditemukan di Agrowisata Desa Nglurah. Wisatawan juga dapat belajar langsung dari petani setempat tentang cara budidaya tanaman yang baik hingga proses panennya.

Tak hanya itu, di Agrowisata Desa Nglurah juga disediakan workshop mengolah hasil pertanian menjadi produk olahan seperti makanan khas atau minuman. Selain memberikan edukasi, pengunjung juga dapat membeli hasil pertanian yang telah diolah menjadi produk berkualitas tinggi.

Tempat Wisata Lain di Sekitar Desa Nglurah

Agrowisata Desa Nglurah terletak tidak jauh dari objek wisata populer di Kabupaten Malang seperti Kebun Teh Wonosari dan Air Terjun Gondang Slega. Pengunjung yang tertarik dengan keindahan alam juga bisa mengunjungi Candi Singhasari dan Coban Rondo yang berjarak sekitar 30 menit dari Desa Nglurah.

BACA JUGA:   Agrowisata Tawangmangu - Merenungi Keindahan Wisata Berkebun di Tengah Gunung

Informasi Tambahan

Agrowisata Desa Nglurah buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang. Lokasinya bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat dan tersedia tempat parkir yang luas.

Kesimpulan

Agrowisata Desa Nglurah patut menjadi destinasi wisata pertanian yang diperhitungkan di Kabupaten Malang. Tidak hanya menawarkan pengalaman wisata yang menarik, pengunjung juga dapat belajar langsung dari petani setempat tentang teknik bercocok tanam hingga olahan produk pertanian yang berkualitas tinggi. Dengan harga tiket yang terjangkau serta berdekatan dengan tempat wisata populer di Kabupaten Malang, tentu saja tidak ada alasan untuk melewatkan destinasi wisata yang satu ini.

Also Read

Bagikan: