Agrowisata Durian Wonosalam: Mengenal Wisata di Kebun Durian Terbesar di Wonogiri

Koko Pangestu

Selamat datang di Agrowisata Durian Wonosalam! Situs wisata ini terletak di Desa Wonosalam, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Tempat ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer di daerah Wonogiri.

Tidak hanya sebagai wisata buah durian terbesar di Wonogiri, Agrowisata Durian Wonosalam juga menyediakan berbagai fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Menelusuri perkebunan durian, belajar tentang proses pembuatan pupuk organik, hingga menikmati kuliner khas durian menjadi kegiatan yang dapat dilakukan di sini.

Merasakan Pengalaman Menelusuri Kebun Durian

Kebun durian menjadi pusat perhatian di dalam Agrowisata Durian Wonosalam. Di sini, pengunjung bisa menikmati pengalaman baru untuk menelusuri kebun durian dengan luas mencapai 20 hektar. Terdapat berbagai macam jenis durian dari berbagai daerah yang dapat dinikmati seperti durian montong dan durian petruk.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat secara langsung bagaimana cara mengenali kualitas durian yang baik dan cara membudidayakannya di perkebunan. Terdapat penjelasan dari petani durian tentang cara merawat durian yang baik dan benar. Selain itu, pengunjung juga bisa memetik durian yang sudah matang untuk dinikmati langsung.

Mengetahui Proses Pembuatan Pupuk Organik

Selain menelusuri perkebunan durian, hal yang tidak kalah menarik di Agrowisata Durian Wonosalam adalah wisata edukasi tentang proses pembuatan pupuk organik. Pengunjung akan diajak melihat langsung bagaimana cara membuat pupuk organik yang baik dan ramah lingkungan.

Proses pembuatan pupuk organik dimulai dari pengumpulan bahan baku, pengolahan, hingga penggunaannya pada bidang pertanian. Pengunjung juga akan dapat membuat pupuk organik di tempat ini dan membawa pulang hasil buatannya.

BACA JUGA:   Menikmati Wisata Edukasi dan Pesona Alam di Kusuma Agrowisata Malang

Menikmati Kuliner Khas Durian

Tak lengkap rasanya jika datang ke Agrowisata Durian Wonosalam tanpa mencoba kuliner khas durian. Berbagai macam makanan dan minuman yang bahan utamanya adalah durian bisa ditemukan di sini. Pengunjung dapat mencoba es durian, dodol durian, atau bahkan menu makanan berat seperti nasi goreng durian.

Selain itu, terdapat juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk olahan durian seperti dodol durian, pancake durian, atau bahkan durian bekas yang bisa dibawa pulang untuk mengenang wisata di Agrowisata Durian Wonosalam.

Kesimpulan

Agrowisata Durian Wonosalam menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh pecinta durian. Dari menikmati keindahan perkebunan durian, belajar tentang proses pembuatan pupuk organik, hingga mencicipi kuliner khas durian, semuanya dapat dinikmati di satu tempat. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Wonogiri, jangan lupa untuk mengunjungi Agrowisata Durian Wonosalam!

Also Read

Bagikan: