Agrowisata: Merangsang Wisatawan Menjelajahi Kebun

Hairyanto Dongoran

Agrowisata adalah jenis wisata yang semakin popular di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Agrowisata adalah kawasan wisata yang fokus pada pertanian selain dari aspek relaksasi.

Kebun-kebun yang dimaksud dalam agrowisata ini, pada umumnya terdiri dari kebun buah, sayur, dan peternakan. Pengunjung yang berada di agrowisata dapat menjelajahi kebun tersebut dan memetik buah-buahan atau hanya sekadar menikmati pemandangan kebun yang menyejukkan.

Apa Menariknya dari Agrowisata?

Agrowisata memang sangat menarik dan berbeda dengan jenis wisata lainnya. Dalam agrowisata, Anda dapat merasakan pengalaman pertanian secara langsung. Anda dapat belajar cara menanam dan merawat tanaman, belajar mengenai teknik pertanian, dan merasakan sensasi langsung peradaban agraris.

Agrowisata juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara segar. Pengunjung dapat merasakan relaksasi yang luar biasa dari hingar-bingar kota sambil menikmati tanaman hijau yang mengelilingi mereka.

Tempat Terbaik untuk Agrowisata di Indonesia

Indonesia merupakan tempat yang ideal untuk agrowisata karena kekayaan sumber daya alamnya dan pertanian yang masih berkembang pesat. Berikut tempat-tempat terbaik untuk agrowisata di Indonesia:

1. Batu, Malang

Kota Batu yang terkenal dengan sebutan “Switzerland of Java”, terletak di kaki gunung Panderman dan Arjuno. Batu adalah kota yang terkenal untuk agrowisata, terutama di bidang perkebunan apel dan sayur-sayuran.

BACA JUGA:   2 Jarak Malioboro Ke Agrowisata Bhumi Merapi

2. Bali

Pulau Bali, terkenal dengan wisata pantainya, juga memiliki destinasi agrowisata yang menarik. Di Bali, Anda bisa menjelajahi kebun teh, kopi, dan coklat.

3. Lembang, Bandung

Lembang adalah tempat terbaik untuk agrowisata di Bandung. Sebagai kota dengan iklim yang sejuk, Lembang memiliki banyak kebun yang bisa dikunjungi, seperti kebun stroberi, kebun apel, dan kebun anggrek.

Pengalaman yang Dapat Dirasakan dalam Agrowisata

Selama wisata agrowisata, pengunjung dapat merasakan pengalaman unik seperti:

1. Menikmati hasil kebun

Wisatawan dapat merasakan sensasi memetik buah atau sayuran langsung di kebun. Tentunya pengalaman ini tidak dapat dirasakan ketika tinggal di perkotaan.

2. Belajar cara merawat kebun

Pengunjung juga dapat belajar cara merawat kebun, baik yang bersifat hobi atau secara profesional.

3. Merasakan kesejukan alam

Tentunya, menikmati hari libur di kebun yang hijau dan penuh dengan kebun buah merupakan pengalaman yang sangat menenangkan.

Keuntungan Wisata Agrowisata di Indonesia

Wisata agrowisata bukan hanya memberikan pengalaman yang unik, melainkan memberikan keuntungan berbagai pihak seperti:

1. Menambah Pendapatan Petani

Banyak petani dan pejabat pemerintah daerah yang menjadikan agrowisata sebagai sumber penghasilan baru. Mereka mempekerjakan orang terampil untuk menjaga kebun, merawat tanaman, menjual hasil bumi, dan mengelola bisnis wisata di wilayah mereka.

2. Meningkatkan Ekonomi Lokal

Agrowisata menarik banyak pengunjung dengan perpaduan antara wisata dan pertanian. Ini membuka peluang usaha baru yang menarik seperti penginapan, homestay, restoran, dan berbagai bisnis usaha lainnya yang dapat menstimulasi ekonomi lokal.

3. Menstimulasi Peningkatan Pertanian

Wisata agrowisata membuka kesempatan bagi petani dan perusahaan lain untuk meningkatkan produksi pertanian mereka sehingga akan menjadi lebih efisien dan dapat meningkatkan pendapatan mereka, serta mengurangi pengangguran.

BACA JUGA:   Keindahan Alam Agrowisata Gunung Mas Puncak: Wisata Edukatif Seru untuk Keluarga dan Anak-anak

Kesimpulan

Agrowisata merupakan jenis wisata yang unik dan menarik di Indonesia. Selain itu, agrowisata juga dapat membawa kebaikan bagi petani, masyarakat sekitar, dan mendorong pertanian di Indonesia. Jika Anda ingin menikmati wisata yang menenangkan dan memuaskan rasa ingin tahu, agrowisata tentu menjadi pilihan yang tepat.

Also Read

Bagikan: