Agrowisata Paloh Naga: Wisata Edukasi Berkebun di Sumatera Barat

Jayadi Sitorus

Agrowisata Paloh Naga adalah destinasi wisata edukasi yang unik yang terletak di tengah-tengah pesawahan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Tempat ini menawarkan pengalaman berkebun dan memetik hasil pertanian langsung dari kebun yang terdapat di dalam kawasan wisata ini. Selain itu, Agrowisata Paloh Naga juga menyajikan pemandangan alam yang indah dan tempat yang sangat cocok untuk mengajarkan anak-anak terkait pentingnya pertanian dan konservasi alam.

Bagaimana Agrowisata Paloh Naga Berdiri?

Agrowisata Paloh Naga didirikan pada tahun 2010 dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian petani di daerah Padang Pariaman. Sementara itu, para pengunjung dapat memperoleh pengalaman unik untuk belajar mengenai pertanian dan cara berkebun yang efektif.

Dari awal, Agrowisata Paloh Naga menawarkan berbagai aktivitas yang dilakukan di kebun, seperti memetik jagung, kacang tanah, singkong, dan berbagai sayuran lainnya. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat bagaimana petani secara tradisional menanam padi dan mengamusinya menggunakan kerbau.

Kegiatan Agrowisata Paloh Naga

Agrowisata Paloh Naga menawarkan berbagai aktivitas yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga membantu meningkatkan pengetahuan tentang pertanian dan lingkungan. Beberapa kegiatan yang dapat ditemukan di Agrowisata Paloh Naga adalah sebagai berikut:

1. Berkebun

Para pengunjung dapat memilih untuk memetik jagung, kacang tanah, singkong, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Aktivitas berkebun ini akan membantu kita memahami bagaimana tanah ditanami dan masa panen dari setiap jenis tanaman.

BACA JUGA:   Review Hotel Kusuma Agrowisata Batu Malang

2. Menyusuri kebun mini

Agrowisata Paloh Naga memiliki kebun mini dengan berbagai jenis tanaman, seperti bunga, sayuran, buah, dan obat-obatan. Para pengunjung dapat menelusuri kebun ini dan belajar mengenai nilai ekonomi serta manfaat kesehatan dari setiap jenis tanaman yang ada.

3. Memanen padi menggunakan kerbau

Para pengunjung juga dapat melihat bagaimana petani tradisional menanam padi dan mengamusiinya menggunakan kerbau. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang menarik dan unik tentang sejarah dan tradisi pertanian di daerah Padang Pariaman.

4. Berinteraksi dengan hewan ternak

Agrowisata Paloh Naga juga menawarkan aktivitas interaksi dengan hewan ternak, seperti kambing, sapi, dan kerbau serta unggas seperti ayam dan bebek. Aktivitas ini akan membantu anak-anak memahami cara memelihara hewan ternak dan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

5. Wisata kuliner

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai jenis makanan khas Sumatera Barat yang terdapat di kantin yang ada di sana. Beberapa contoh makanan khas tersebut adalah gulai kambing, rendang, ayam pop, sate padang dan masih banyak lagi.

Fasilitas Agrowisata Paloh Naga

Agrowisata Paloh Naga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung lebih nyaman, seperti:

  • Info center
  • Toilet
  • Kantin
  • Area parkir
  • Wifi

Harga Tiket dan Jam Operasional Agrowisata Paloh Naga

Agrowisata Paloh Naga buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB. Untuk harga tiket masuk Agrowisata Paloh Naga di tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • Dewasa : Rp 10.000
  • Anak-anak : Rp 7.500

Kesimpulan

Agrowisata Paloh Naga adalah wisata edukasi yang menarik dan unik yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan oleh keluarga. Tempat ini menawarkan pengalaman berkebun, interaksi dengan hewan ternak, kuliner khas Sumatera Barat dan pemandangan alam yang indah. Para pengunjung bisa memperoleh pengalaman yang menyenangkan sambil belajar mengenai pertanian dan pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

Also Read

Bagikan: