Alamat email taman pintar yogyakarta

Gundana

Taman Pintar Yogyakarta Harga Tiket Masuk : Rp6.000 – Rp45.000. Jam Buka : 08.30 – 16.00 WIB. Nomor Telepon : 0274-583-631. Alamat : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55122.

Berbicara mengenai taman, yang terpikirkan pasti suatu tempat yang indah dengan berbagai tanaman. Namun, di Jogja justru taman ini dapat mencerdaskan dengan berbagai ilmunya. Dimana lagi kalau bukan Taman Pintar Yogyakarta, dengan berbagai informasi pengetahuannya.

Siswa mulai dari prasekolah hingga siswa SMA dapat memperdalam ilmu pengetahuan di sini. Materi pelajaran yang ada di sekolah tersedia di sini dalam wujud yang menarik. Tujuannya supaya mudah dipahami dan tentunya membuat belajar lebih menyenangkan layaknya berwisata.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti-Mainstream

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Taman bermain ini dapat menjadi tujuan untuk wisata rombongan sekolah. Namun sebelumnya, harus mengirimkan surat pemberitahuan kunjungan melalui faksimili atau website Taman Pintar. Kuota untuk kunjungan rombongan minimal adalah 20 orang.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar YogyakartaJenis TiketAnak – anakDewasaTiket Masuk Oval – Kotak (Zona Peraga Sains dan Teknologi) – Semua umurRp12.000Rp20.000Tiket Masuk Planetarium (Pertunjukan Visual Astronomi) – Semua umurRp22.000Tiket Masuk PAUD Barat / Timur (Usia 3- 7 tahun)Rp3.000Wahana Bahari (Kapal Boat Mini) Beban maksimal 100 kgRp6.000Rp6.000Tiket Masuk Lalu Lintas (3 – 7 Tahun)Rp12.000Program KreatifitasKreasi Batik (Umur minimal 8 tahun)Rp18.000Kreasi Gerabah (Area Playground Kampung Kerajinan)Rp13.000Lukis Kaos(Area Playground Kampung Kerajinan)Rp45.000Lukis Gerabah (Area Playground Kampung Kerajinan)Rp15.000Tiket Masuk Teater 4DRp15.000Rp20.000Tiket Masuk Dino AdventureRp20.000Rp25.000Tiket Masuk Hand on ScienceRp10.000Rp10.000Tiket Masuk Presenter TVRp15.000Rp15.000

BACA JUGA:   Taman pintar dino adventure

Baca: Jogja National Museum Wisata Seni Kontemporer

Syarat berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta: 

  • Mematuhi protokol kesehatan.
  • Memiliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Scan Barcode pada gerbang masuk dan keluar.

Jam Buka Taman Pintar Yogyakarta

Objek wisata edukasi ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu. Buka mulai pukul 8 pagi hingga sore hari.

Jam OperasionalSenin-Minggu08.30 – 16.00

Wahana Taman Pintar Jogja

bus unik yang membawa pengunjung berkeliling area taman

Sedikit sejarah Taman Pintar Yogyakarta didirikan sekitar tahun 90-an, untuk mengimbangi adanya ledakan teknologi informasi. Tujuannya, supaya kreatifitas anak lebih terasah. Karena adanya teori dari sekolah yang ditampilkan dalam peraga nyata bisa dilihat di taman bermain ini.

Bangunan yang terdapat di taman ini sendiri berada di Kawasan Shopping Center. Kemudian, dengan adanya keterkaitan dengan fungsi bangunan, maka dibangunlah taman ini. Supaya terhubung dengan Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer, dan Gedung Agung di dekatnya.

Baca: Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta Tiket Masuk & Wahana

Taman Pintar Yogyakarta memiliki beberapa wahana edukasi yang terbagi dalam beberapa tempat. Pengunjung dikenakan tiket tambahan jika ingin menikmati wahana tersebut, karena tidak termasuk tiket masuk. Terdapat Kampung Kerajinan, Playground, hingga Wahana Bahari.

Wahana Kampung Kerajinan

Di Kampung Kerajinan, pengunjung dapat mencoba membuat berbagai kerajinan tangan. Mulai dari gerabah, membatik dengan canting, melukis kaos, serta melukis gerabah. Orang tua dapat mengajak anak – anaknya untuk berkreasi di sini.

Baca: Taman Pelangi Yogya Tiket Masuk & Aktivitas

Area Playground

Di area playground terdapat berbagai permainan anak – anak. Ada pipa bercerita, permainan putaran, dinding berdendang, jungkat – jungkit, kantrol, dan terowongan pohon. Ada juga air menari, koridor air, pembangkit listrik, gong perdamaian, hingga sepeda spektrum warna.

BACA JUGA:   Bondan winarno wisata kuliner surabaya

Wahana Bahari Taman Pintar Yogyakarta

wahana bahari taman pintar

Wahana ini merupakan sungai buatan kecil yang dibuat mengelilingi area taman pintar. Pengunjung akan dibawa mengitari area taman menggunakan kapal mini. Sangat cocok bagi area bermain dan belajar naik perahu bagi anak-anak.

Science Theater

Science Theater merupakan gedung audiovisual dengan kapasitas 50-60 orang. Biasanya, gedung ini digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket Masuk & Aktivitas

Zona Perpustakaan Taman Pintar

Di perpustakaan, pengunjung dapat membaca berbagai buku yang telah tersaji. Ada juga komputer yang dapat digunakan untuk mengakses ensiklopedia berupa film animasi. Tidak hanya itu, setiap seminggu sekali diadakan pertunjukan panggung boneka yang dapat disaksikan pengunjung.

Gedung Paud

Taman Pintar memiliki dua gedung Paud, yaitu Paud Barat dan Paud Timur. Gedung ini dikhususkan untuk anak usia 2-7 tahun. Di dalamnya, terdapat berbagai alat peraga pendidikan interaktif dengan konsep bermain untuk anak.

Wahana Planetarium Taman Pintar Yogyakarta

wahana planetarium

Taman Pintar juga memiliki planetarium, yang mana menampilkan benda langit dengan proyektor digital. Dalam setiap pertunjukan, menampilkan simulasi suasana langit Kota Jogja pada malam hari. Tentunya, dilengkapi juga dengan berbagai macam benda – benda angkasa.

Gedung Kotak

Di dalam Gedung Kotak, terdapat berbagai zona teknologi dan wahana permainan yang seru. Tidak hanya itu, ada juga zona pendidikan lain seperti Zona KPU hingga Zona Nuklir.

Baca: Studio Alam Gamplong Tiket Masuk & 6 Fakta Menarik

Gedung Oval

Gedung Oval dikhususkan untuk peraga sains tentang geografi dan astronomi. Di gedung ini pengunjung akan disajikan pengalaman belajar tentang perbintangan lengkap dengan berbagai alat peraga.

Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Yogyakarta. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0274-583-631, Dan email di [email protected].

BACA JUGA:   Makam wali allah di wonosobo

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 48

Berikan Rating

Rabu, 13 September 2017. SD Muhammadiyah Kauman melakukan kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta, Kunjungan tersebut bertujuan mendukung program Dinas Pendidikan Kota Yogyakarat yang menyelenggarakan “Pameran Pendidikan  2017”. Pameran yang diselenggarakan dari tanggal 12 sampai 16 September 2017 tersebut mengusung tema ” Kita Tingkatkan Kualitas Karakter Untuk Mewujudkan Siswa Istimewa Berkepribadian Unggul ” .

Pameran tersebut sejatinya diadakan rutin setiap tahun sebagai salah satu sarana promosi dan unjuk kebolehan sekolah peserta serta sebagai sarana edukasi sekaligus hiburan para siswa di dalam pembelajaran sehari-hari. SD Muhammdiyah kauman berharap pendidikan di kota Yogyakarta lebih merata dari segi kualitas , kuantitas , serta untuk para siswa merasa terhibur, termotivasi untuk menunjukkan kualias, bakat , serta kreativitas mereka dalam bidang masing-masing.

 

Taman Pintar adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi

 

Wahana

  • Planetarium
  • Zona Panas Bumi Geothermal
  • Lorong Ilusi
  • Terowongan Pohon
  • Zona TEPI TV
  • Jungkat-Jungkit
  • Aquarium air tawar
  • Zona Perpustakaan Taman Pintar
  • Gong Perdamaian
  • Koridor Air
  • Zona Teknologi Populer

 

Planetarium
Planetarium Taman Pintar, memiliki keistimewaan yaitu penggunaan proyektor digital untuk memperagakan benda-benda langit, dalm setiap pertunjukan menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari beserta berbagai macam benda angkasa dan susunan bintang yang tampak pada saat itu.

Pertunjukan dilanjutkan dengan pemutaran film tentang perjalanan manusia di Bulan. Semua diproyeksikan pada media kubah berbentuk setengah lingkaran, dilengkapi dengan kursi penonton bersandaran yang bisa direbahkan, sehingga seluruh pertunjukan bisa dinikmati dengan nyaman.

 

Harga tiket update bisa cek di: https://tamanpintar.co.id/harga-tiket

Also Read

Bagikan: