Apa Sebenarnya Arti Diving?

Lukman Marpaung

Diving atau menyelam adalah kegiatan olahraga atau rekreasi yang belakangan semakin populer di Indonesia. Kegiatan ini bisa dilakukan di laut, danau, ataupun kolam renang.

Namun, apa sebenarnya arti dari diving?

Definisi dan Tujuan Diving

Secara harfiah, diving berarti menyelam ke bawah permukaan air. Tujuan melakukan kegiatan ini bisa beragam, seperti:

  • Mengamati keindahan bawah laut dan keanekaragaman hayati
  • Menjelajahi bangkai kapal atau benda-benda bersejarah lainnya di dalam air
  • Mencari artefak atau harta karun yang hilang di dalam air
  • Menjadi bagian dari kegiatan konstruksi atau pencarian bahan tambang di bawah air

Jenis-jenis Diving

Terdapat beberapa jenis diving yang harus diketahui oleh para penggemar maupun pemula di bidang ini, antara lain:

Open Water Diving

Open water diving atau diving di perairan terbuka adalah jenis diving yang paling umum dilakukan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di laut atau danau yang memiliki kedalaman yang cukup.

Cave Diving

Seperti namanya, cave diving adalah jenis diving yang dilakukan di dalam gua atau terowongan di bawah air. Kegiatan ini sangat berbahaya dan hanya boleh dilakukan oleh para ahli.

Ice Diving

Ice diving adalah jenis diving yang dilakukan di bawah lapisan es di atas air. Seperti cave diving, kegiatan ini sangat berbahaya dan hanya boleh dilakukan oleh para ahli.

Technical Diving

Technical diving adalah jenis diving yang melibatkan penggunaan peralatan khusus dan penguasaan teknik yang lebih kompleks, seperti penggunaan campuran gas tertentu. Kegiatan ini hanya boleh dilakukan oleh para ahli.

BACA JUGA:   Snorkeling Nusa Penida Klook: Penawaran Mengagumkan untuk Pengalaman Snorkeling Terbaik

Scuba Diving

Scuba diving adalah teknik diving yang menggunakan alat bernama scuba gear atau alat penyelam pernapasan mandiri. Dengan menggunakan alat ini, para penyelam dapat bernapas di dalam air dengan mudah dan lebih lama.

Persiapan Sebelum Melakukan Diving

Sebelum melakukan kegiatan diving, para penyelam harus mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

Kondisi Fisik dan Mental

Diving adalah kegiatan yang menuntut kondisi fisik dan mental yang prima. Para penyelam harus menjaga kesehatan tubuh serta disiplin dalam pola makan dan olahraga.

Pelatihan dan Sertifikasi

Para penyelam harus memiliki sertifikasi atau lisensi yang dikeluarkan oleh organisasi diving internasional seperti PADI atau SSI. Pelatihan dan sertifikasi diperlukan untuk memastikan para penyelam bisa melakukan kegiatan diving dengan aman dan terkendali.

Alat Peralatan

Para penyelam juga harus mempersiapkan alat peralatan yang dibutuhkan, seperti scuba gear, pakaian selam, dan peralatan tambahan seperti kompas dan senter.

Kesimpulan

Diving adalah kegiatan yang menarik dan menantang. Namun, kegiatan ini juga menuntut persiapan yang matang dan memerlukan kemampuan teknis yang memadai. Dengan memahami jenis-jenis diving dan persiapan yang harus dilakukan sebelumnya, para penyelam bisa merencanakan kegiatan diving dengan lebih efektif dan aman.

Also Read

Bagikan: