Apakah Snorkeling dan Scuba Diving Itu Sama?

Sari Hasanah

Jika Anda mencari aktivitas di bawah laut, snorkeling dan scuba diving sepertinya adalah dua pilihan aktivitas utama yang muncul. Namun, banyak orang mungkin tidak tahu perbedaan antara keduanya. Apakah snorkeling dan scuba diving itu sama?

Apa itu Snorkeling?

Snorkeling merupakan aktivitas melihat keindahan bawah laut dengan cara menyelam dengan menggunakan snorkel atau pipa udara dan kacamata selam di permukaan laut. Ini adalah aktivitas yang sangat populer di kalangan wisatawan yang ingin melihat keindahan bawah laut dengan cara yang mudah dan murah. Anda tidak perlu melakukan pelatihan atau memiliki peralatan khusus untuk melakukan snorkeling.

Namun, walaupun mudah dilakukan dan murah, ada kekurangan dalam snorkeling. Dalam snorkeling Anda terbatas dengan kedalaman dan waktu yang dapat Anda nikmati di bawah laut. Selain itu, penglihatan Anda terbatas dan terkadang kualitas air juga buruk.

Apa itu Scuba Diving?

Scuba diving adalah metode lain untuk melihat keindahan bawah laut, yang melibatkan menggunakan tabung udara atau gear yang sangat spesifik, serta perlengkapan yang lebih rumit. Scuba diving memungkinkan Anda untuk melakukan penyelaman ke kedalaman laut yang lebih dalam, sehingga memungkinkan Anda untuk melihat spesies ikan yang lebih langka dan terumbu karang yang lebih spektakuler. Oleh karena itu, banyak penyelam akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melatih dan mempersiapkan diri untuk aktivitas scuba diving.

Namun, dengan mempelajari scuba diving, Anda juga mempersiapkan diri untuk situasi yang lebih berbahaya dalam aktivitas di bawah laut. Anda harus memahami cara mengelola pernapasan Anda dengan benar dan mengambil tindakan dalam situasi darurat. Itu sebabnya sebelum Anda melakukan scuba diving, Anda harus mengambil kursus pelatihan dan sering melakukan latihan penyelaman.

BACA JUGA:   Camp di Pantai Jogja: Liburan Mengasyikkan di Tengah Alam

Apa Perbedaan Antara Snorkeling dan Scuba Diving?

Intinya, snorkeling dan scuba diving sama-sama mengandalkan aktivitas penyelaman, meskipun scuba diving lebih rumit dan membutuhkan pelatihan khusus dan perlengkapan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara snorkeling dan scuba diving:

1. Kedalaman

Snorkeling hanya terbatas pada kedalaman beberapa meter dari permukaan laut, sementara scuba diving memungkinkan Anda untuk menyelam hingga ratusan meter bahkan di lubang yang sangat dalam.

2. Penglihatan

Snorkeling membatasi penglihatan Anda ke permukaan laut, sementara scuba diving memungkinkan Anda untuk melihat ke bawah hingga ke kedalaman laut yang lebih dalam dan terumbu karang yang lebih lengkap.

3. Peralatan

Snorkeling membutuhkan peralatan dasar seperti snorkel atau pipa udara dan kacamata selam, sedangkan scuba diving memerlukan peralatan khusus termasuk tabung udara dan dress code khusus, termasuk rompi, sepatu dan lebih banyak lagi.

4. Waktu

Snorkeling hanya dapat dilakukan selama beberapa menit atau jam, sementara scuba diving dapat dilakukan selama beberapa jam atau bahkan lebih lama.

5. Pelatihan

Snorkeling tidak memerlukan pelatihan khusus, sementara scuba diving memerlukan pelatihan dan sertifikasi khusus untuk menjadi penyelam bersertifikat.

Kesimpulan

Snorkeling dan scuba diving adalah dua aktivitas bawah laut yang sangat menyenangkan. Namun, perlu diingat bahwa keduanya sangat berbeda dan memerlukan persiapan yang khusus. Snorkeling adalah pilihan yang bagus untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan laut dengan cara yang mudah dan murah, sedangkan scuba diving adalah pilihan yang lebih baik untuk mereka yang ingin mengalami ekspedisi penyelaman yang lebih mendalam dan membutuhkan persiapan dan pelatihan khusus. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba salah satu dari keduanya, segera ambil keputusan dan nikmati keindahan bawah laut Indonesia.

Also Read

Bagikan: