Bangunan Cagar Budaya di Bandung

Gundana

Bandung, kota yang terkenal dengan sejuta pesonanya. Selain itu, Bandung pun memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang patut untuk dilestarikan sebagai cagar budaya. Simak artikel ini untuk mengetahui bangunan cagar budaya di Bandung yang patut untuk dikunjungi.

Gedung Sate

Gedung Sate adalah salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Bandung. Bangunan ini memiliki ciri khas yang unik yaitu memiliki tujuh menara di bagian atas bangunan, serta juga memiliki kubah-kubah yang cantik. Selain itu, di halaman Gedung Sate terdapat sebuah tugu yang diperuntukkan bagi para pahlawan yang telah gugur.

Villa Isola

Villa Isola merupakan salah satu bangunan bersejarah megah yang terletak di Jalan Dr. Setiabudi, Bandung. Bangunan ini awalnya merupakan sebuah villa pribadi dari keluarga Dago Tea House. Villa ini dirancang oleh seorang arsitek terkenal, yaitu Charles Prosper Wolff Schoemaker.

Taman Sari

Taman Sari merupakan bekas kediaman dari Ki Bagus Hadikusuma, yang merupakan salah satu pendiri Parahyangan. Bangunan ini dulunya merupakan sebuah vila dengan gaya arsitektur eropa klasik. Selain itu, di dalam rumah tersebut terdapat dua ruangan yang dijadikan sebuah ruangan belajar bagi anak-anak.

Rumah Mode

Rumah Mode adalah sebuah komplek toko yang terletak di Jalan Sukajadi, Bandung. Rumah Mode dulunya merupakan sebuah rumah milik keluarga van Deventer yang kemudian diubah menjadi sebuah toko oleh keluarga See. Saat ini, Rumah Mode menjadi tempat belanja yang populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Museum Geologi

Museum Geologi merupakan bangunan bersejarah yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Bandung. Bangunan ini memiliki dua paviliun berisi informasi mengenai geologi dan sumber daya geologi Indonesia. Selain itu, museum ini pun memiliki banyak koleksi batu dan mineral dari seluruh dunia.

BACA JUGA:   Budaya Indonesia Khususnya di Jawa Timur

Conclusion

Itulah beberapa bangunan cagar budaya yang dapat ditemukan di Kota Bandung. Kita harus bersyukur karena dengan adanya bangunan-bangunan tersebut, kita dapat mengenal sejarah serta memiliki kesan yang berkesan ketika mengunjungi kota Bandung. Dengan menjaga keberadaan bangunan cagar budaya ini, kita turut berpartisipasi dalam melestarikan sejarah bangsa Indonesia.

Also Read

Bagikan: