Biaya ke pulau panambungan pangkep

Posted on

Pulau Panambungan, salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang wajib dikunjungi. Pulau ini terletak di Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep dan dapat dicapai dengan speed boat selama sekitar 30 menit dari Kota Makassar.

Meskipun letaknya cukup dekat dari ibukota provinsi, Pulau Panambungan masih terbilang tersembunyi dan jauh dari keramaian. Pulau ini termasuk dalam gugusan Kepulauan Spermonde, Provinsi Sulawesi Selatan.

Bosowa Wisata Indonesia menjadi pengelola Pantai Panambungan dan mengembangkannya sebagai destinasi wisata unggulan. Panambungan menawarkan panorama alam yang indah dan cocok untuk wisata menyelam, snorkeling, dan bermain pasir.

Pulau ini memiliki karang yang indah dan terawat dengan baik, membuat lokasi ini cocok untuk aktivitas menyelam dan snorkeling. Selain itu, pasir putih yang bersih menjadi daya tarik utama yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di pulau ini.

Saat ini, terdapat lima villa penginapan yang disediakan oleh Bosowa Wisata Indonesia yang bisa disewa oleh pengunjung. Selain villa, pengunjung juga dapat menyewa cottage yang menghadap langsung ke laut dan menikmati indahnya panorama laut.

Bosowa Wisata Indonesia terus melakukan pembenahan fasilitas di pulau ini. Diharapkan, Pulau Panambungan dapat menjadi destinasi wisata favorit untuk turis asing maupun lokal.

Jika kamu ingin menikmati wisata menyelam, snorkeling, dan bermain pasir, jangan lupa untuk menambahkan Pulau Panambungan ke dalam daftar wisatamu di Sulawesi Selatan. Yuk, jangan ragu untuk berkunjung dan menikmati pesona alam Pulau Panambungan yang memukau!

Pulau Panambungan, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022).

Pulau Panambungan, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022). (TRIBUN-TIMUR.COM/MUSLIMIN EMBA)

Pengunjung, Vina, mengaku sangat terkesima dengan keindahan pulau Panambungan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 300.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Matiro, Kecamatan. Liukang Tupabiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Gugusan pulau yang terletak di Sulawesi Selatan memiliki jumlah yang sangat banyak, jika dihitung jumlahnya bisa mencapai 121 pulau. Oleh karena itu, tidak mungkin menjelajahi luasnya Sulawesi Selatan dalam satu hari. Seperti halnya Pulau Panambungan, wisatawan yang pernah menginjakkan kaki di sini akan merasakan liburan ke 121 pulau dalam sekali kunjungan.

Keindahan yang ditawarkan Pulau Panambungan memang tidak bisa diukur. Perpaduan semua hal yang terdapat di pulau ini sangat seimbang sehingga menghasilkan panorama alam yang luar biasa. Dari pasir putih yang terbentang luas dan warna air laut yang memanjakan mata sangat nyaman untuk dipandang. Menghabiskan liburan di sini, wisatawan akan mendapatkan liburan yang berkesan.

Selain pasir dan air laut, pulau ini juga memiliki deretan pepohonan yang akan menambah sejuk suasana. Dengan demikian, wisatawan dapat menghabiskan liburan mereka di bawah pohon yang sejuk. Oleh karena itu, pulau ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Bagi Anda yang berada di Sulawesi Selatan, mengunjungi pulau ini adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Daya Tarik Pulau Panambungan

Aktivitas Pulau PanambunganKredit gambar: Google Maps Resty Tiny

Tempat wisata ini merupakan sebuah pulau kecil nan eksotis yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Pangkep. Meski ukuran pulaunya kecil, namun keindahan alam yang ditawarkannya tidak perlu diragukan lagi. Dengan berbagai atraksi yang dimilikinya, tak heran jika Pulau Panambungan tetap mendapat julukan yang bagus. Oleh karena itu, wajar jika pulau kecil ini selalu dilirik wisatawan.

Pulau Panambungan, Pesona Pulau Kecil Eksotis Pangkep

1. Pemandangan alam yang mempesona

Pulau yang terletak di Pangkep ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang tepiannya. Pasir putih ini semakin indah dengan warna air laut yang memiliki campuran hijau dan biru. Tak hanya itu, deretan pohon pinus yang berdiri kokoh di pulau kecil ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Semua kombinasi ini mampu menarik wisatawan masa depan.

2. Kekayaan biota laut yang indah

Keanekaragaman biota laut di bawah pulau ini tak kalah indah dengan panorama pulau itu sendiri. Dengan gugusan terumbu karang yang terlihat memukau di air jernih, mereka bisa memukau siapa saja saat menyelam di sini. Wisatawan tidak akan menemukan sampah yang tersangkut di antara terumbu karang di sini, karena kebersihan adalah hal yang sangat diperhatikan pengelola.

3. Lapangan tersedia untuk berkemah

Selain memiliki pemandangan alam yang menarik dan kekayaan biota laut yang indah, Pulau Panambungan yang terletak di Pangkep juga memiliki tempat berkemah. Oleh karena itu cocok untuk para penggemar camping yang ingin bermalam di atas pasir putih dengan semilir angin dan suara deburan ombak. Bagaimana, tertarik untuk menginjakkan kaki di pulau kecil nan eksotis ini?

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau PanambunganKredit Gambar: Google Maps david hae

Pulau Panambungan merupakan salah satu destinasi wisata alam pulau eksotik yang terletak di Kabupaten Pangkajene tepatnya di Kecamatan Liukang Tupabiring. Pulau ini hanya berjarak 158 km dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan. Meski jaraknya cukup jauh, wisatawan tidak akan kecewa saat menginjakkan kaki di sini. Karena panorama alamnya yang begitu memanjakan mata.

Sebelum mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengunjungi pulau ini, wisatawan terlebih dahulu menghubungi pengelola yang akan menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang fleksibel tergantung budget. Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika wisatawan sudah memesan pada saat peak day, karena objek wisata pulau kecil ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Ada dua jalur akses yang bisa dipilih wisatawan untuk menuju pulau ini. Bagi wisatawan yang datang dari Makassar, dapat mengambil jalur udara dari Bandara Paotere. Sedangkan wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbeda bisa mencoba mengakses jalur laut dari Pelabuhan Paotere atau Pelabuhan Rakyat di Pangkep dan Maros. Jadi, wisatawan memilih.

Meski rute yang ditempuh tidak seperti biasanya dan jarak antara pulau dengan pusat Provinsi Sulawesi Selatan cukup besar, wisatawan tidak perlu berkecil hati. Karena di sepanjang perjalanan, tepatnya saat melaut, wisatawan akan disuguhi pemandangan luasnya air laut yang jernih. Tidak hanya jernih tapi juga indah warnanya, sehingga wisatawan tidak bosan selama perjalanan pulau.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit gambar: Google Maps Susan Cantiani

Pulau Panambungan terletak cukup jauh dari kota Makassar. Meski jauh dan jalur yang ditempuh juga tidak biasa, keindahan yang disuguhkan pulau ini seakan mampu membayar rasa lelah dan waktu untuk sampai ke sana. Dari pemandangan alam yang eksotis hingga keanekaragaman biota laut. Jadi, jika berbicara soal harga nominal, tentu bukan hal yang perlu dikhawatirkan.

Lokasinya yang eksotis dengan perpaduan yang memikat bisa membuat siapa saja tertarik untuk mengunjunginya. Dengan menyiapkan dana Rp 300.000, wisatawan bisa merasakan seperti sedang berlibur di pantai kecil dengan pemandangan yang eksotis. Nominal ini sudah termasuk biaya transportasi dan akomodasi. Dengan demikian, wisatawan yang berminat tidak perlu khawatir dengan biaya lainnya.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Panambungan

Aktivitas Seru di Pulau PanambunganKredit gambar: Google Maps Susan Cantiani

1. Bersantai dalam suasana yang tenang

Satu hal yang sangat disayangkan dari Pulau Panambungan adalah tempatnya yang sepi, hal ini dikarenakan lokasinya yang tidak terbuka untuk umum. Namun lokasinya yang tidak terlalu ramai menjadi kelebihan pulau ini dalam menciptakan suasana yang tenang. Wisatawan bisa bersantai di hamparan pasir putih sambil ditemani semilir angin yang dibawa pepohonan rindang dalam suasana yang tenang.

2. Snorkeling di antara kekayaan biota laut

Kekayaan biota laut yang hidup di bawah perairan laut pulau ini sangat menarik bagi siapa saja yang ingin menyelam. Tempat yang paling sering dijadikan area snorkeling bagi wisatawan adalah area sekitar dermaga karena air lautnya sangat jernih dengan terumbu karang yang indah. Juga di sini ada berbagai jenis ikan cantik yang berenang di antara terumbu karang.

3. Berkemah di pasir putih

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan berkemah, pulau ini adalah tempat yang paling cocok. Karena wisatawan yang ingin merasakan camping di sini telah menyediakan ruang khusus untuk membangun tenda. Wisatawan bisa merasakan berkemah di atas pasir putih dengan semilir angin dan suara deburan ombak. Wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam sambil bermalam di pulau kecil ini.

Akomodasi terdekat dengan lokasi pulau

Akomodasi terdekat dengan lokasi pulauKredit gambar: Google Maps Juan Karoma

1. Keluarga angkat Pak Mansyur

Hostel ini berada di seberang Pulau Panambungan. Banyak wisatawan dari pulau ini yang bermalam di sini. Memanggang ikan adalah sesuatu yang sering dilakukan selama Anda tinggal di sini. Hostel ini memiliki desain bangunan yang sederhana dengan fasilitas yang memadai. Bagaimana, tertarik untuk bersantai setelah liburan di sini?

2. Hosting sederhana

Hostel ini terletak di pinggir Jalan Kabupaten Pangkajene. Lokasinya yang berada di pinggir jalan memudahkan pengunjung untuk mengakses berbagai ruang publik. Apalagi harga yang dipatok per malam untuk menginap di sini juga dinilai murah oleh pengunjung. Pemandangan yang disajikan tidak akan mengecewakan pengunjung, karena menawarkan pemandangan persawahan.

3. Wisma Santri

Harga yang relatif murah menjadi hal yang bisa Anda temukan saat menginap di Santri Guest House. Lokasinya yang strategis, tepatnya di sepanjang Jalan Kabupaten Pangkep, akan memudahkan pergerakan pengunjung. Dengan desain eksterior bangunan yang terlihat minimalis mampu memikat pengunjung untuk bermalam di sini, apalagi dengan lokasinya yang berada dipinggir jalan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Panambungan

Fasilitas Pulau PanambunganKredit gambar: Google Maps Susan Cantiani

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pulau Panambungan cukup lengkap dan memadai. Mengingat berbagai atraksi yang dimilikinya, berdampak pula pada fasilitas yang semakin memadai dari waktu ke waktu. Meski letak pulau ini cukup jauh dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan, namun pulau ini tidak mau ketinggalan dalam memberikan fasilitas kepada para pengunjungnya.

Adanya area camping disini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan kegiatan camping tanpa harus pusing memilih tempat untuk mendirikan tenda, tentunya dengan adanya fasilitas ini sangat memudahkan wisatawan. Beragam wahana yang memacu adrenalin juga menjadi fasilitas di pulau ini, seperti flying fox dan jet ski yang bisa dicoba bagi mereka yang bernyali besar.

Selain fasilitas camping dan wahana yang memacu adrenalin, pulau kecil ini juga menawarkan akomodasi untuk menuju destinasi Anda. Berbagai jenis paket akomodasi di sini bisa disesuaikan dengan budget wisatawan. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki anggaran berlebih. Akomodasi yang disediakan sudah lengkap dengan biaya transportasi, tiket masuk dan akomodasi.

Ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan Pulau Panambungan. Pesona eksotis yang disuguhkan dengan keindahan bawah lautnya membuat pantai ini selalu dilirik oleh para wisatawan yang suka jalan-jalan. Selain itu, adanya area camping yang memudahkan wisatawan untuk mendirikan tenda dan berbagai wahana pemacu adrenalin dapat ditemukan di sini. Bagaimana Anda ditarik di sini?

Source: www.pesisir.net