Biaya sekolah kuliner budi mulia dua (yogyakarta)

Gundana

Oleh Mufidha

Biaya Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Yogyakarta menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh masyarakat yang ingin belajar kuliner di sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan biaya tersebut dibutuhkan selama masyarakat belajar kuliner di sekolah tersebut. 

Selain itu, informasi lain yang dibutuhkan adalah syarat – syarat yang diperlukan untuk pendaftaran Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua 2022. Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin masuk ke sekolah Budi Mulia selain sekolah kuliner, mereka juga perlu mengetahui biaya sekolah Budi Mulia Yogyakarta. Sebagai contoh biaya masuk SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. 

Baca Dulu: Beasiswa Bali International Flight alert-info

Biaya Sekolah Budi Mulia Yogyakarta Bidang Kuliner

Biaya sekolah Budi Mulia Yogyakarta terutama sekolah kuliner dapat dibedakan menjadi beberapa macam biaya. Salah satunya adalah biaya pendaftaran untuk bisa mengikuti sekolah kuliner yang diadakan oleh Budi Mulia Dua. 

Setelah dinyatakan diterima, maka calon siswa harus membayar biaya registrasi awal. Kemudian, mereka secara bertahap membayar biaya operasional mulai dari Tahap I, Tahap II, dan Tahap III. Selain itu, Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Yogyakarta mengadakan dua periode pembelajaran. Sehingga, waktu pembayaran setiap periode juga berbeda. 

Selain itu, Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Yogyakarta juga mengadakan program privat bagi para siswa yang ingin belajar memasak dengan durasi yang lebih pendek. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Sekolah Pramugari alert-info

1. Periode April

Siswa yang ingin belajar memasak pada periode April dapat melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000 pada bulan Oktober hingga Mei. Setelah dinyatakan diterima, siswa bisa membayar biaya registrasi awal sebesar Rp. 5.500.000. Kemudian, pembayaran Tahap I dilakukan pada bulan Mei dengan nominal sebesar Rp. 8.000.000. Pembayaran Tahap II dilakukan pada bulan Agustus dengan nominal Rp. 4.000.000. Sedangkan pembayaran Tahap III dilakukan pada bulan November dengan nominal Rp. 2.000.000. Sehingga, total biaya untuk belajar di Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Yogyakarta adalah sebesar Rp. 19.500.000. 

Baca Dulu: Download Contoh Beasiswa Pdf alert-info

2. Periode Oktober

Sementara itu, bagi siswa yang ingin belajar kuliner di periode Oktober, bisa melakukan pendaftaran dengan membayar sebesar Rp. 300.000 pada bulan April hingga September. Biaya registrasi awal sebesar Rp. 5.500.000 dibayarkan setelah siswa dinyatakan diterima. Selanjutnya,  pembayaran Tahap I dilakukan pada bulan September dengan nominal sebesar Rp. 8.000.000. Pembayaran Tahap II dengan nominal sebesar Rp. 4.000.000 dilakukan pada bulan Desember. Pembayaran Tahap III dengan nominal sebesar Rp. 2.000.000 dilakukan pada bulan Februari. Total biaya yang perlu dibayarkan oleh para siswa adalah sebesar 19.500.000. Berikut ini salah satu foto kegiatan pembelajaran yang ada di Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Yogyakarta. 

Ketahui Juga: Biaya Fotocopy Per Lembar alert-info

3. Program Privat

Program privat dapat dilaksanakan pada hari Senin hingga Jum’at mulai pukul 09.00 WIB. Para siswa dapat terlebih dahulu membuat janji untuk belajar privat. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp. 425.000 – Rp. 800.000/paket. 

BACA JUGA:   Tempat kuliner unik di surabaya

Syarat Pendaftaran Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua 2022

Pendaftaran Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua 2022 dapat dilakukan dengan memenuhi beberapa syarat. Hanya siswa yang sesuai dengan kriteria saja yang akan diterima di sekolah kuliner tersebut. 

Baca Juga: Ponpes Tahfiz Yang Masih Buka alert-info

Beberapa syarat untuk mendaftar sekolah kuliner adalah sehat jasmani dan rohani serta dibuktikan dengan surat keterangan sehat, melakukan pendaftaran, membayar biaya pendaftaran, melengkapi berbagai macam dokumen yang diminta, dan mengikuti tes kemampuan dasar.

Berapa Biaya sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Yogyakarta?

PROGRAM PRIVAT Diperuntukkan untuk umum, bagi pecinta kuliner yang ingin mendalami dengan cara singkat. Program dibuka Senin – Jum’at, pukul 09.00 wib – selesai (Konfirmasi hari min. H-4). Biaya mulai Rp 425.000,00 – Rp 800.000,00/paket (atau menyesuaikan menu yang akan diambil).

Berapa Biaya Sekolah di APCA?

Sekolah memasak APCA Indonesia terbagi dalam tiga level, yakni Basic, Intermediate, dan Advance. Masing-masing level berkurun waktu tiga bulan, dengan total biaya selama sembilan bulan untuk tiga level tersebut mencapai sekitar Rp 130 juta.

Sekolah chef di mana?

Rekomendasi Sekolah Chef

  • The Sages Institute.
  • 2. Bali Culinary Pastry School.
  • 3. Imperial Cooking School Tokyo.
  • 4. Bogasari Baking Center.
  • Ions Culinary College.
  • 6. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua.
  • 7. Surabaya Hotel School (SHS)
  • Monas Pacific Culinary Academy.

Chef renatta sekolah dimana?

Le Cordon BleuRenatta Moeloek / Pendidikan (2018)

Karena sudah menyukai dunia kuliner, Chef Renatta memilih untuk melanjutkan sekolah masak di Le Cordon Bleu Culinary Art, Paris Perancis. Di sana, ia mengambil spesialisasi masakan Asia dan Eropa. Chef Renatta menyelesaikan sekolahnya pada 2018 dengan gelar, Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry.

S1 tata boga dimana saja?

Universitas yang Membuka Jurusan Tata Boga

  • Universitas Pendidikan Indonesia (S1)
  • Universitas Negeri Jakarta (D3)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (S1)
  • Universitas Negeri Malang (S1)
  • Universitas Negeri Surabaya (S1)

Jurusan tata boga kuliah jurusan apa?

Jurusan Tata Boga merupakan jurusan yang mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Pada jurusan Tata Boga, mahasiswanya akan mempelajari bagaimana cara mengolah berbagai hidangan makanan baik daerah maupun dari berbagai negara.

Apa tugas dari pastry?

Pastry Section merupakan bagian dari food and beverage department yang bertugas untuk menyediakan berbagai macam cake, dessert, snack, ice cream, cookies, sherbet dan beberapa produk lainnya.

Le Cordon Bleu itu sekolah apa?

Le Cordon Bleu adalah institusi pendidikan yang khusus menawarkan program di bidang Culinary Arts, Wine, Cuisine, Gastronomy, dan Hospitality Management. Pertama kali didirikan di Paris pada tahun 1895, Le Cordon Bleu saat ini memiliki 35 institusi di 20 negara.

Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua Gelar Wisuda Calon Chef

Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua (BMD) mempunyai menu khusus yang jadi andalan sekolah

Harianjogja.com, SLEMAN-Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua (BMD) mempunyai menu khusus yang jadi andalan sekolah. Adapun menu khusus itu adalah beberapa menu yang dimodifikasi antara lain, ayam kremes, beef black pepper, roti topping kopi, kue ulang tahun.

Advertisement

BACA JUGA:  Business Matching PaDi UMKM Catatkan Nilai Transaksi Lebih dari Rp30 Miliar

Hal itu diungkapkan, Manager Sekolah Kuliner BMD Ani Syafaatun, di sela-sela wisuda untuk angkatan untuk angkatan 2016/2017 di Lantai 2 gedung sekolah, yang beralamat di Jl. Raya Tajem, Wedomartani, Ngemplak (24/1/2018) yang diikuti oleh 25 siswa.

BACA JUGA:   Wisata edukasi anak semarang

Ani berharap setelah lulus, siswa menjadi chef owner dan dapat menyalurkan ilmunya di hotel, restoran, consultan kuliner dan sampai luar negeri. Ketika sudah bekerja, dia berharap mereka tetap mempunyai akhlak yang mulia dan harapannya kedepannya akan ada angkatan selanjutnya yang dapat memperluas usaha, catering, wirausaha kuliner dan kelas-kelas lainnya seperti jurusan chef, manajemen catering, seni kuliner dan privat sesuai kebutuhan masyarakat.

Ani berharap Sekolah Kuliner BMD semakin dikenal masyarakat, serta di harap masyarakat dapat memilih lembaga yang benar-benar diakui legalitasnya.

Wisuda yang diikuti 25 siswa tersebut berjalan dengan hikmat dan penuh dengan suka cita, karena bagi mereka dengan wisuda ini mereka mendapatkan sertifikat yang bisa mereka pakai untuk terjun ke jenjang yang lebih profesional.

Alumni sekolah kuliner Budi Mulia Dua Hilaria Amanda Clarisa mengatakan selama sekolah dia tidak hanya mendapatkan teori tentang memasak, perhotelan.

Amanda juga mendapatkan ilmu tentang layanan yang baik kepada pelanggan dan juga pengalaman langsung merasakan bekerja di restoran, hotel terkenal dan yang paling penting selama menempuh pendidikan di Sekolah Kuliner BMD selalu mendapat pelajaran tentang attitude yang baik.

“Setelah lulus langsung bekerja, pernah juga bekerja restoran Sasanti,” ujar Amanda yang sekarang sibuk dengan bisnis miliknya sendiri.

Amanda berpesan kepada adik kelasnya untuk memiliki passion sendiri di bidang kuliner dan tekat yang kuat untuk mendalami ilmu kuliner. Untuk Sekolah Kuliner BMD, wanita asal Bekasi ini berharap semoga laboratorium bertambah dan semakin maju untuk kedepannya.

Adapun tamu yang datang ke acara wisuda tersebut adalah dari Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas DIY, Dinas Tenaga Kerja DIY, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Indonesian Chef Association (ICA), Hotel dan Restoran.

Siswa yang diwisuda hampir semua memiliki kemampuan untuk memasak masakan indonesia, oriental, continental atau masakan eropa, pastry atau kue, seni kuliner buah dan sayur, es carving dan bar tender, dan mereka yang lulus harus mempunyai passion-nya sendiri dan mereka pun mendapatkan sertifikasi yaitu sertifikasi Lembaga, LSK, LSP.

Untuk lulus, para siswa harus menjalani bebrapa ujian, di antaranya ujian kompetensi, On the Job Training atau magang, serta Mengumpulkan Laporan On the Job Training.

BACA JUGA:  Telkom dan Transjakarta Kolaborasi Kembangkan Sistem Teknologi Informasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta Fasilas Wah Biaya Pendaftaran

SMK Budi Mulia Dua merupakan salah satu sekolah kejuruan yang disebut – sebut sebagai SMK eksklusif bertaraf internasional yang terkenal di Yogyakarta.

Oleh karena itu kami tertarik untuk mengulas lebih lanjut mengenai program jurusan, keistimewaan, hingga biaya masuk SMK Budi Mulia Dua dari beberapa informasi yang berhasil kami himpun berdasarkan brosur dan website resminya.

SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta

SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta berdiri sejak tahun 2010 silam di bawah naungan Yayasan Pendidikan Budi Mulia Dua yang dibangun oleh Ibu Kusnasriyati Sri Rahayu dan Bapak Amien Rais pada tanggal 26 April 1987.

Nama “Dua” di SMK budi mulia memiliki makna tersendiri, yaitu DUnia Akhirat. Dengan harapan sekolah ini mampu menjadi sarana menabung amal dan pahala akhirat kelak.

Secara kurikulum SMK ini tidak hanya berpatok pada kurikulum nasional saja melainkan juga melengkapinya dengan kurikulum islamic montessori yang membantu memperkuat fundamental pendidikan siswa dari sisi agama.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Garut 2022: Menikmati Kelezatan Makanan Khas Garut

Istimewanya lagi SMK Budi Mulia Dua juga menerima siswa berkebutuhan khusus melalui talent optimizing program (TOP) dan siswa berasrama (boarding). Wajar saja setelah 4 tahun pendiriannya, sekolah ini sudah berhasil mendapatkan predikat A. Luar biasa!

Jurusan di SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta

SMK Budi Mulia Dua menyediakan dua program keahlian yang unik dan masih jarang ditemui di sekolah kejuruan lainnya, lho. Penasaran kan? Berikut kami jabarkan satu per satu.

Professional Culinary Management

Professional Culinary Management atau Manajemen Kuliner merupakan program keahlian yang menkombinasikan antara kemampuan dan keterampilan (teknik – praktik) di bidang kuliner dan pemasaran produk kuliner.

Materi yang diajarkan di SMK Budi Mulia Dua Yogyakartasangat variatif mulai dari food and beverage service skill, pastry bakery, oriental and indonesian food, culinary art, fusion art, food preparation, food product knowledge, special menu, dan masih banyak lagi.

Game Art and Design

Yap program keahlian kedua adalah Game Art and Design. Program keahlian ini nantinya mempelajari segala hal yang berkaitan dengan produksi game.

Seperti pembuatan skenario, pemograman dasar jaringan dan program game, hingga membuat vidio / film, cara penyutradaraan serta manajemen produksi game. Singkatnya, para siswa akan belajar dari pra-produksi sampai pasca-produksi pembuatan game.

Selain itu program keahlian ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian di SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta. Yakni game development, cinematography, data sains, dan forensika digital.

Keistimewaan SMK Budi Mulia Dua

Salah satu keistimewaan lain dari SMK ini adalah manajemen kelas terbatas. Artinya masing – masing kelas hanya diisi 25 siswa saja.

Hal ini guna memudahkan guru memberikan perhatian penuh pada setiap anak didiknya (hand on learning) baik ketika penjabaran materi di kelas maupun pada saat apprenticeship (training keterampilan).

Fasilitas

Fasilitas SMK Budi Mulia Dua terbilang mewah. Mulai dari ruangan kelas yang full AC, makan siang dan snack dua kali sehari, flexible-seating classroom, halaman dan parkir luas, dsb. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan persyaratan

Adapun penerimaan siswa baru terdiri dari tiga jalur, yakni reguler, talent optimizing program (TOP), dan pindahan. Bagi siswa yang ingin mendaftar bisa mengisi formulir di link ini.

Setelah mendaftar, ada beberapa syarat pendaftaran yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  • Membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 500.000 ribu
  • FC akta kelahiran, KK atau kartu izin tinggal sementara (KITAS) bagi WNA
  • FC ijazah dan SKHUN yang sudah dilegalisir sekolah asal sebanyak 2 lembar
  • FC rapor 3 tahun terakhir dan dilegalisir
  • Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Surat keterangan riwayat kesehatan / keterangan dokter (jika siswa memiliki catatan kesehatan khusus / sedang menjalani terapi)
  • Surat keterangan pindah yang dilegalisasi Dinas Dikpora setempat (siswa pindahan)
  • Surat keterangan pindah dan rekomendasi dari dirjen pendidikan dasar dan menengah (siswa pindahan luar negeri).

Selain itu nantinya ada seleksi dengan tiga tahapan; tes kebugaran, wawancara orang tua dan calon siswa. Hendaknya dipersiapkan baik – baik sebelum seleksi.

Biaya masuk tahun 2022 – 2023

KeteranganRegulerProgram TOPBoarding (asrama)Biaya masukRp. 10.000.000Rp. 10.000.000Rp. 35.000.000Biaya kegiatan / tahunRp. 15.000.000Rp. 15.000.000Rp. 15.000.000SPP / bulanRp. 1.300.000Rp. 2.800.000Rp. 6.050.000TotalRp. 26.300.000Rp. 27.800.000Rp. 56.050.000

Jika dilihat dengan seksama biaya masuk SMK ini memang tergolong kelas menengah ke atas. Meski demikian menurut kami biayanya pun sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan pihak sekolah. Bapak / Ibu bisa mensurvey biaya serta keunggulan SMK lain yang sudah pernah kami ulas sebelumnya di link ini.

Alamat lengkap

Adapun alamat lengkap SMK Budi Mulia Dua di Jl. Raya Tajem, Kenayan, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Informasi selengkapnya silakan kunjungi website resminya di sini atau telepon ke (0274) 4538 200 / +62 895 2486 2600. Pantau juga media sosial sekolah ini @SMKbudimuliadua.

Also Read

Bagikan: