Skip to content
Home » Wisata Budaya » Budaya Indonesia Sangat Beragam, Mengapa?

Budaya Indonesia Sangat Beragam, Mengapa?

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan keanekaragaman. Dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh hingga Papua, Indonesia menyimpan berbagai macam budaya yang berbeda-beda. Tak heran jika banyak orang yang tertarik dengan keunikan budaya Indonesia. Namun, mengapa budaya Indonesia sangat beragam?

Sejarah Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki sejarah panjang. Sebagai negara kepulauan, Indonesia mulai dikenal oleh bangsa-bangsa asing sejak zaman dahulu. Bangsa Hindu pertama kali datang ke Indonesia sekitar abad ke-1. Kemudian datang bangsa Arab pada abad ke-7 yang membawa agama Islam. Selanjutnya pada abad ke-15, datang bangsa Portugis yang membawa agama Kristen. Bangsa Spanyol kemudian datang pada abad ke-16, lalu bangsa Belanda pada abad ke-17. Sejarah panjang ini membuat Indonesia menjadi negara yang kental dengan pengaruh budaya-budaya asing.

Perbedaan Geografis

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau. Setiap pulau di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki pegunungan, hutan, dan laut yang sangat beragam. Hal ini membuat masyarakat di Indonesia memiliki cara hidup yang berbeda-beda tergantung dari tempat tinggalnya. Misalnya, masyarakat di daerah pesisir memiliki budaya yang sangat berbeda dengan masyarakat di daerah pegunungan.

Perbedaan Suku

Indonesia adalah negara yang memiliki lebih dari 1.300 suku bangsa. Setiap suku memiliki budaya, bahasa, dan adat istiadatnya sendiri. Suku-suku itu ada yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, ada juga yang hanya berada di wilayah tertentu. Sebut saja suku Jawa, suku Sunda, suku Batak, suku Dayak, dan sebagainya. Perbedaan suku ini juga membuat Indonesia sangat beragam dalam hal budaya.

BACA JUGA:   24 Gambar Rumah Adat Jawa Timur Dan Keterangannya

Akulturasi

Akulturasi adalah proses saling memperkaya antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain. Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam kebudayaan, tentu saja memiliki banyak ciri khas budaya yang disadur dari kebudayaan lain. Misalnya, kebudayaan Indonesia dibentuk oleh pengaruh budaya Hindu-Buddha, Islam, dan Barat. Kebudayaan Indonesia sendiri juga telah melakukan akulturasi dengan budaya-budaya asing, seperti kebudayaan Cina, Arab, dan India.