Budaya Indonesia yang Bertentangan dengan Islam

Wani Mandasari

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama islam, Indonesia punya keanekaragaman budaya yang sangat kaya. Namun, tidak semua budaya di Indonesia sesuai dengan ajaran agama islam. Bahkan, ada beberapa budaya yang bertentangan dengan islam. Apa saja budaya Indonesia yang bertentangan dengan islam?

Budaya Animisme dan Dinamisme

Salah satu budaya Indonesia yang bertentangan dengan islam adalah budaya animisme dan dinamisme. Budaya ini masih banyak ditemukan di daerah-daerah yang kurang berkembang. Animisme dan dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala-galanya memiliki roh dan kekuatan yang patut disembah. Kepercayaan seperti ini jelas bertentangan dengan ajaran islam yang menganjurkan untuk beribadah hanya kepada Allah SWT.

Budaya Kumur-kumur

Budaya kumur-kumur atau menghirup asap rokok sebagai bagian dari ritual sosial merupakan budaya yang bertentangan dengan islam. Dalam islam, merokok dilarang karena dapat merusak kesehatan. Selain itu, merokok juga dapat mempengaruhi kualitas ibadah karena dapat mempengaruhi konsentrasi dan memudahkan terganggunya pikiran oleh Iblis.

Budaya Pacaran

Pacaran dalam islam adalah hal yang tidak dianjurkan karena dapat membawa pada hubungan yang tidak terpuji. Namun, pacaran masih menjadi budaya yang popular di Indonesia. Hal ini tentunya bertentangan dengan ajaran islam yang mengatur hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam kerangka pernikahan.

Budaya Merayakan Valentine’s Day

Valentine’s Day atau hari kasih sayang merupakan hari raya yang berasal dari agama Kristen. Namun, di Indonesia, fenomena Valentine’s Day sering dirayakan oleh masyarakat muslim. Merayakan Valentine’s Day jelas bertentangan dengan ajaran islam yang mengajarkan tentang cinta dan kasih sayang yang diberikan hanya kepada pasangan suami istri dalam kerangka pernikahan.

BACA JUGA:   Cagar Budaya Rumah Batu Kota Jambi - Meninggalkan Jejak Sejarah yang Tak Terhapuskan

Budaya Membuat Patung dan Gambar

Membuat patung atau gambar manusia dalam islam dilarang karena dapat menimbulkan penghormatan berlebihan terhadap benda tersebut. Selain itu, membuat patung atau gambar manusia juga dapat menimbulkan penistaan terhadap nilai-nilai agama. Namun, budaya membuat patung dan gambar masih banyak ditemukan di Indonesia.

Budaya Tari Bali

Tari Bali merupakan salah satu tarian tradisional yang terkenal di Indonesia. Namun, tarian ini juga dianggap bertentangan dengan islam karena beberapa gerakan dalam tarian ini dinilai tidak sopan dan tidak sesuai dengan ajaran agama islam.

Kesimpulan

Budaya Indonesia yang bertentangan dengan islam masih banyak ditemukan di masyarakat. Sebagai muslim, kita harus waspada dan berusaha untuk tidak terpengaruh oleh budaya yang bertentangan dengan ajaran islam. Kita harus memilih budaya yang sesuai dengan ajaran agama islam dan menjaga kebudayaan yang baik untuk tetap terus berkembang.

Also Read

Bagikan: