Skip to content
Home » Wisata Budaya » Budaya Indonesia yang Diakui Malaysia

Budaya Indonesia yang Diakui Malaysia

Pengenalan

Indonesia dan Malaysia adalah dua negara tetangga yang memiliki budaya yang sangat kaya dan unik. Meskipun memiliki banyak kesamaan dalam hal sejarah dan budaya, terdapat beberapa perbedaan yang membuat budaya Indonesia dan Malaysia memiliki daya tarik masing-masing.

Salah satu hal yang menarik dan menonjol adalah penghargaan Malaysia terhadap budaya Indonesia yang diakui secara internasional. Pada tahun 2013, UNESCO mengakui wayang kulit sebagai Warisan Budaya Dunia dari Indonesia dan Malaysia. Selain itu, terdapat juga beberapa budaya Indonesia lainnya yang diakui oleh Malaysia. Artikel ini akan membahas budaya Indonesia yang diakui Malaysia secara lebih rinci.

1. Wayang Kulit

Wayang Kulit adalah bentuk pertunjukan seni rakyat yang berasal dari Indonesia, tetapi juga mendapat pengakuan dari Malaysia sebagai salah satu budaya mereka. Wayang kulit adalah pertunjukan boneka kayu dengan berbagai karakter yang menceritakan kisah-kisah kepahlawanan atau cerita-cerita legenda.

Di Malaysia, wayang kulit dikenal dengan nama Tok Dalang dan sangat populer di kalangan masyarakat di sekitar daerah Kelantan. Pertunjukan wayang kulit biasanya diikuti dengan drama musikal dan menyajikan cerita epik yang bercerita tentang kehidupan seorang pahlawan dalam kepercayaan tradisional Melayu.

2. Batik

Batik merupakan teknik pewarnaan kain tradisional yang memiliki corak atau motif khas yang berasal dari Indonesia. Batik Indonesia mendapatkan pengakuan sebagai warisan budaya dunia dari UNESCO pada Oktober 2009.

Meskipun terkenal di seluruh dunia, batik juga diakui oleh Malaysia sebagai salah satu budaya mereka. Malaysia mempunyai teknik batik yang dikenal sebagai batik tulis, yaitu teknik menggambar motif pada kain dengan menggunakan lilin. Motif batik Malaysia biasanya bercorak flora dan fauna yang berasal dari ekologi tropis Malaysia.

BACA JUGA:   UU Cagar Budaya No. 11 Tahun 2010: Pentingnya Melestarikan Warisan Budaya Indonesia

3. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung sangat populer di Indonesia dan kini dijadikan sebagai instrumen resmi negara Indonesia. Namun demikian, Malaysia juga mengakui angklung sebagai bagian dari budaya mereka.

Angklung pertama kali dikenal di Malaysia pada tahun 1950-an, dan sejak saat itu, angklung menjadi salah satu alat musik yang populer di negara ini. Bahkan, Malaysia mengadakan Festival Angklung Nasional setiap tahunnya untuk merayakan alat musik ini.

4. Tari Kecak

Tari Kecak asal Bali, Indonesia, adalah tarian yang unik karena menggunakan suara manusia sebagai pengiring musik untuk mengekspresikan cerita. Tarian ini menggambarkan kisah Ramayana dalam bentuk tari. Tari Kecak dipopulerkan oleh seniman asal Jerman yang memperkenalkannya ke dunia pada tahun 1938.

Di Malaysia, Tari Kecak juga mendapatkan pengakuan dan popularitas sebagai salah satu bentuk tarian yang menarik dan unik. Banyak kelompok tari di Malaysia yang menggunakan Tari Kecak sebagai salah satu bentuk tari yang mereka tampilkan di panggung.

5. Mandalika

Mandalika atau Lombok Tengah adalah salah satu kecamatan di Pulau Lombok, Indonesia. Mandalika terkenal dengan pantainya yang indah dan memiliki nilai budaya yang besar. Namun, terdapat tradisi Mandalika yang diakui oleh Malaysia, yaitu perlombaan sepeda yang disebut The Mandalika Grand Prix.

The Mandalika Grand Prix adalah pesta olahraga motor yang diadakan di Mandalika setiap tahun. Perlombaan ini merupakan salah satu acara yang paling populer di kalangan pecinta olahraga Indonesia dan Malaysia. The Mandalika Grand Prix juga diakui sebagai salah satu kejuaraan balap motor yang bergengsi di dunia.

Kesimpulan

Budaya Indonesia yang diakui oleh Malaysia menggambarkan betapa kaya dan uniknya budaya Indonesia. Dalam artikel ini, kita melihat beberapa budaya Indonesia seperti wayang kulit, batik, angklung, tari Kecak, dan Mandalika yang diakui oleh negara tetangga Asia Tenggara kita. Ini menunjukkan bahwa budaya Indonesia memiliki nilai yang kuat dan dipandang penting oleh masyarakat dunia.

BACA JUGA:   MENJELAJAHI KEINDAHAN TEMPAT WISATA SENI PERTUNJUKAN DI INDONESIA

Jangan ragu untuk menjelajahi budaya Indonesia yang lebih banyak lagi, karena kita menemukan banyak hal menarik dan mengesankan yang dapat menginspirasi kita semua.