Budaya Indonesia yang Hampir Punah

Lamar Napitupulu

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam dan membentang dari Sabang hingga Merauke. Namun, banyak budaya Indonesia yang hampir punah karena minimnya kesadaran dan perlindungan dari pemerintah dan masyarakat. Mari kita lihat beberapa budaya Indonesia yang perlu dilindungi dan dipelihara agar tetap lestari.

1. Tari Topeng Malang

Tari Topeng Malang berasal dari Malang, Jawa Timur. Tari ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Malang pada masa lalu dan ditarikan dengan menggunakan topeng. Sayangnya, tari ini mulai jarang ditampilkan karena kurangnya dukungan dari masyarakat dan media.

2. Wayang Beber

Wayang Beber adalah seni pertunjukan yang menggunakan papan gambar untuk memperlihatkan adegan-adegan dalam cerita pewayangan. Pertunjukan Wayang Beber umumnya ditampilkan di daerah Jawa Tengah dan dianggap sebagai bagian dari tradisi dan sejarah masyarakat Jawa. Namun, karena minimnya perhatian dari pemerintah dan masyarakat, Wayang Beber menjadi semakin langka dan hampir punah.

3. Piring Kikil

Piring Kikil adalah seni membuat ukiran pada piring menggunakan alat kikil. Seni ini berasal dari daerah Tegal, Jawa Tengah dan disebutkan sudah ada sejak masa Majapahit. Namun, karena kurangnya dukungan dan perhatian pada seni tradisional, maka seni Piring Kikil menjadi hampir punah.

4. Pencak Silat

Pencak Silat adalah seni bela diri asli Indonesia yang dikenal di seluruh dunia. Namun, banyak variasi dan aliran Pencak Silat yang hampir punah karena kurangnya perhatian dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Sebagai contoh, aliran Pencak Silat Merpati Putih yang berasal dari Yogyakarta hampir punah karena terlalu sedikit penerus yang menekuni seni ini.

BACA JUGA:   BUDAYA INDONESIA DI FILM RAYA AND THE LAST DRAGON

5. Tenun Bali

Tenun Bali adalah seni menenun kain tradisional berasal dari Bali yang dihargai di seluruh dunia. Namun, seiring dengan modernisasi dan perubahan gaya hidup, permintaan atas Tenun Bali semakin menurun. Hal ini membuat para pembuat Tenun Bali sulit untuk mendapatkan nafkah dari seni tradisional mereka.

6. Adat Istiadat Khas Nusantara

Selain seni dan budaya, adat istiadat khas Nusantara juga menjadi hampir punah. Contohnya adalah Seren Taun yang merupakan upacara adat masyarakat Sunda yang diadakan setiap 35 tahun sekali. Adat istiadat ini sudah sangat jarang di laksanakan sehingga banyak generasi muda tidak mengenalinya.

7. Seni Ukir Megalitik

Seni ukir megalitik adalah seni ukir batu pada zaman prasejarah di Indonesia. Banyak situs megalitik masih dapat ditemukan di Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan. Namun, karena kurangnya perhatian dan dukungan jangka panjang pada conservasi, banyak situs megalitik menjadi terabaikan dan hampir punah.

Kesimpulan

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, namun banyak budaya yang hampir punah karena kurangnya perhatian dan dukungan dari pemerintah, industri, dan masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya gerakan untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia yang menjanjikan agar tetap lestari dan terus menginspirasi generasi masa depan. Yuk mulai dari diri sendiri untuk menyelamatkan dan melestarikan warisan budaya Indonesia.

Also Read

Bagikan: