Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia

Ina Padmasari

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman budaya telah menghasilkan berbagai macam budaya yang dapat diakui oleh dunia. Namun, tidak jarang, budaya Indonesia dicontek atau diklaim oleh negara lain. Salah satunya adalah kasus klaim Malaysia atas beberapa budaya Indonesia. Banyak orang Indonesia merasa keberatan dengan klaim tersebut karena hal tersebut merupakan bagian dari identitas asli negara ini. Berikut adalah beberapa budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh Malaysia:

Batik

Batik merupakan kain dengan corak-corak indah yang terkenal di Indonesia. Namun, pada tahun 2009 Malaysia mengklaim bahwa mereka yang menciptakan batik dengan corak bunga bertumpuk dan disebut sebagai “Batik Malaya”. Namun, dalam sejarahnya, Batik merupakan warisan budaya dari Indonesia.

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan tarian yang berasal dari desa Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Namun, Malaysia mengklaim bahwa tarian ini berasal dari wilayah mereka dan disebut sebagai “Reog Malaysia”. Padahal, Reog Ponorogo telah ada sejak abad ke-10 dan menjadi simbol keberanian dan kekuatan.

Wayang kulit

Wayang kulit merupakan bentuk seni pewayangan yang terkenal di Indonesia. Namun, Malaysia mengklaim bahwa wayang kulit itu berasal dari wilayah mereka dan disebut sebagai “Wayang Kulit Malaysia”. Padahal, wayang kulit merupakan budaya Indonesia yang telah ada sejak zaman Majapahit.

Lagu Rasa Sayange

Lagu Rasa Sayange merupakan lagu daerah yang berasal dari Maluku, Indonesia. Namun, Malaysia juga mengklaim bahwa lagu tersebut berasal dari wilayah mereka dan disebut sebagai “Rasa Sayang”. Hal tersebut tentu saja salah karena lagu tersebut merupakan bagian dari keanekaragaman musik Indonesia.

BACA JUGA:   20 Gambar Rumah Adat Aceh Beserta Penjelasannya

Tarian Sabut Kelapa

Tarian Sabut Kelapa merupakan tarian yang berasal dari Riau, Indonesia. Namun, Malaysia juga mengklaim bahwa tarian tersebut berasal dari wilayah mereka dan disebut sebagai “Tarian Api Api”. Padahal, tarian ini sudah ada sejak masa lampau dan menjadi simbol dari kebersamaan dan kegembiraan masyarakat Riau.

Kuda Lumping

Kuda Lumping merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa, Indonesia. Namun, Malaysia juga mengklaim bahwa tarian tersebut berasal dari wilayah mereka dan disebut sebagai “Kuda Kepang”. Padahal, Kuda Lumping sudah ada sejak lama dan menjadi seni pertunjukan yang sangat menarik dan diakui oleh dunia.

Klaim Malaysia atas beberapa budaya Indonesia tentu sangat disayangkan. Budaya Indonesia memang sangat kaya dan beragam, sehingga pantas untuk diakui oleh dunia. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia, kita harus menjaga dan melestarikan budaya kita agar tidak dicontek atau diklaim sebagai milik negara lain.

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa klaim Malaysia atas beberapa budaya Indonesia adalah tidak benar. Budaya Indonesia merupakan hasil karya dan aset yang sangat berharga bagi Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, mari kita lestarikan dan melestarikan budaya kita agar tetap menjadi milik kita bersama dan diakui oleh dunia.

Also Read

Bagikan: