Budaya Indonesia yang Terdaftar di UNESCO

Estiawan Waskita

Indonesia terkenal dengan keberagaman budayanya yang unik dan menarik. Tidak hanya itu, beberapa budaya Indonesia bahkan sudah terdaftar sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. UNESCO sendiri adalah lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertugas untuk melestarikan kekayaan budaya dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa budaya Indonesia yang telah terdaftar di UNESCO.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan merupakan warisan budaya dunia sejak tahun 1991. Candi ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Candi Borobudur memiliki bentuk piramida yang terdiri dari 10 tingkatan. Peninggalan sejarah ini memiliki 2.672 relief dan 504 arca Buddha.

2. Tari Kecak

Tari Kecak adalah tarian asli Bali yang berasal dari desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Tarian ini digunakan dalam upacara agama Hindu. Tari Kecak dikenal dengan gerakan para penarinya yang menari sambil menyanyikan kata "cak" secara bergantian. Tari Kecak telah terdaftar sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 2008.

3. Batik

Batik adalah teknik membuat pola pada kain dengan menggunakan malam dan lilin. Batik Indonesia sudah terkenal di seluruh dunia karena keindahan dan keunikan coraknya. Batik mulai menjadi populer di seluruh Indonesia sejak masa kerajaan. Pada tahun 2009, Batik Indonesia diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

4. Opera Cina

Opera Cina juga disebut dengan "wayang", merupakan salah satu bentuk kesenian yang sangat populer di Indonesia. Opera Cina biasanya dipertunjukkan pada acara-acara adat seperti perayaan Tahun Baru Imlek dan upacara keagamaan. Keseniannya sangat luar biasa dengan kostum yang indah, musik dan gerakan tari yang khas. Opera Cina diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2010.

BACA JUGA:   Contoh Budaya Indonesia yang Bertentangan dengan Islam

5. Noken

Noken adalah tas kecil yang dibuat dari benang alam dan ditenun dengan tangan oleh masyarakat Papua. Noken tidak hanya digunakan sebagai tas, tetapi juga sebagai simbol status sosial dan keindahan budaya Papua. Pada tahun 2012, Noken diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

6. Wayang Kulit

Wayang Kulit merupakan seni pertunjukan dari Jawa yang sangat populer. Pertunjukan wayang kulit dilakukan di atas layar kain putih yang ditharkan oleh sumber cahaya dan diisi oleh wayang yang terbuat dari kulit binatang. Pada tahun 2003, Wayang kulit diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

7. Morfologi Bahasa Indonesia

Morfologi Bahasa Indonesia adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur bahasa Indonesia, seperti kata, morfem, dan makna. Bahasa Indonesia sendiri merupakan bahasa nasional Indonesia yang dipelajari oleh masyarakat Indonesia sejak dini. Pada tahun 2011, Morfologi Bahasa Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Kesimpulan

Budaya Indonesia memiliki kekayaan yang sangat luar biasa. Beberapa budaya Indonesia bahkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur, Tari Kecak, Batik, Opera Cina, Noken, Wayang Kulit, dan Morfologi Bahasa Indonesia adalah beberapa budaya Indonesia yang terdaftar di UNESCO. Semua warisan budaya Indonesia harus kita lestarikan dan kita banggakan sebagai bagian dari identitas kita sendiri sebagai bangsa Indonesia.

Also Read

Bagikan: