Cagar Budaya Rumah Batu Kota Jambi – Meninggalkan Jejak Sejarah yang Tak Terhapuskan

Hani Laksmiwati

Pendahuluan

Cagar budaya adalah warisan yang harus dijaga, dirawat dan dilestarikan untuk generasi mendatang. Adanya cagar budaya di Indonesia menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan sejarah dan kebudayaan. Salah satu cagar budaya yang terdapat di Indonesia adalah Rumah Batu Kota Jambi.

Sejarah Rumah Batu Kota Jambi

Rumah Batu Kota Jambi adalah salah satu warisan budaya yang termasuk dalam kategori cagar budaya di Indonesia. Rumah Batu Kota Jambi berlokasi di Jalan Kesatrian Nomor 49, Kota Baru, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Awalnya, rumah ini merupakan kediaman salah satu keluarga bangsawan di Kota Jambi.

Dulunya, rumah tersebut memiliki luas yang sangat besar dan dijadikan sebagai tempat pertemuan para pejabat atau kerap dijadikan sebagai lokasi acara pernikahan atau upacara adat. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak bagian dari rumah tersebut yang rusak atau hilang, dan dengan luas bangunan yang semakin berkurang membuat nilai sejarah dan nilai kultural dari Rumah Batu Kota Jambi semakin terancam hilang.

Arsitektur Rumah Batu Kota Jambi

Arsitektur Rumah Batu Kota Jambi sangat khas, hal ini terlihat pada dinding yang terbuat dari batu yang digabungkan dengan pengikat dari campuran pasir dan kapur. Selain itu, penggunaan kayu jati yang sangat kuat juga membuat rumah tersebut lebih awet di banding dengan rumah-rumah lainnya.

Bentuk dari Rumah Batu Kota Jambi memiliki patokan sesuai aturan-aturan adat yang ada di Kota Jambi. Meskipun dibangun dengan bentuk yang kuno, namun Rumah Batu Kota Jambi memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

BACA JUGA:   Berikut Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim Negara Lain Kecuali

Upaya Penjagaan Cagar Budaya Rumah Batu Kota Jambi

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jambi, Drs. Syaiful Adnan mengatakan bahwa Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI telah memberikan dana sebesar Rp 2,8 miliar untuk melaksanakan perbaikan dan restorasi pada Rumah Batu Kota Jambi yang merupakan cagar budaya.

Upaya tersebut menjadi salah satu bentuk penghargaan atas rumah itu yang merupakan peninggalan sejarah dan kebudayaan Jambi. Adanya upaya restorasi pada Rumah Batu Kota Jambi membuktikan bahwa masyarakat masih menghargai keberadaan cagar budaya tersebut.

Kesimpulan

Rumah Batu Kota Jambi adalah sebuah peninggalan sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang begitu saja dari Tataran Sejarah Indonesia. Keberadaan cagar budaya tersebut bukan hanya sebagai warisan turun temurun, namun juga memperkuat identitas sebagai bangsa Indonesia.

Mengenang sejarah dan kebudayaan bangsa merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab kita sebagai manusia yang hidup di era modern ini. Jangan sampai sejarah tersebut terlewatkan dan kita kehilangan identitas serta nilai-nilai budaya yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita. Selamatkan Rumah Batu Kota Jambi!

Also Read

Bagikan: