Cagar Budaya yang Perlu Dilestarikan

Lalita Wijayanti

Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya. Cagar budaya adalah bagian dari warisan budaya yang perlu dilestarikan untuk dijadikan sebagai peninggalan bagi generasi yang akan datang.

Apa itu Cagar Budaya?

Cagar budaya adalah sebuah bangunan atau struktur yang memiliki nilai sejarah, keunikan, dan keindahan yang tinggi. Cagar budaya bisa berupa bangunan bersejarah, situs arkeologi, dan lain sebagainya.

Mengapa Cagar Budaya Perlu Dilestarikan?

Mengapa cagar budaya ini perlu kita lestarikan? Ada beberapa alasan utama yang harus kita perhatikan, diantaranya adalah:

Sebagai Identitas Bangsa

Cagar budaya kita adalah bagian dari identitas bangsa. Maka dari itu, jika kita tidak menjaga dan melestarikan cagar budaya kita, maka kita dapat kehilangan jati diri sebagai bangsa serta identitas yang dimiliki.

Sebagai Aset Ekonomi

Cagar budaya kita juga dapat menjadi aset ekonomi yang memiliki nilai jual tinggi. Contohnya adalah wisata cagar budaya yang mampu menarik banyak wisatawan dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sebagai Nilai Sejarah

Cagar budaya kita adalah peninggalan sejarah yang bisa kita simpan dan pelajari. Dengan melestarikan cagar budaya, maka kita dapat mempelajari sejarah dan membuka wawasan baru tentang peradaban manusia.

Sebagai Keindahan Alam

Cagar budaya kita memiliki keindahan alam yang luar biasa. Keindahan alam yang dimiliki oleh cagar budaya kita sangatlah berharga dan harus kita jaga agar tetap lestari.

BACA JUGA:   Memukau 14 Foto Candi Plumbangan Doko - Kabupaten Blitar

Tingkat Pelindungan Cagar Budaya

Tingkat proteksi cagar budaya kita diatur oleh undang-undang. Ada beberapa tingkat proteksi, diantaranya adalah:

Tingkat Nasional

Tingkat nasional diatur oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Dalam UU ini, cagar budaya diatur secara lengkap dan terinci serta memperoleh perlindungan yang sangat tinggi.

Tingkat Daerah

Setiap daerah di Indonesia memiliki aturan sendiri dalam melindungi cagar budaya yang ada di wilayahnya. Aturan ini seringkali berbeda-beda antara daerah satu dengan lainnya.

Tingkat Lokal

Saat ini di Indonesia, ada banyak masyarakat yang ikut andil dalam pelestarian cagar budaya dengan membentuk komunitas atau kelompok yang fokus pada pelestarian cagar budaya di wilayah setempat.

Cara Melestarikan Cagar Budaya

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan cagar budaya di Indonesia, diantaranya:

Membuat Program Pelestarian

Program pelestarian merupakan salah satu cara untuk melestarikan cagar budaya. Program ini bisa dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat dengan membuat program pelatihan, literasi, pembelajaran dan pembuatan museum.

Mengembangkan Pariwisata Cagar Budaya

Pariwisata cagar budaya sangat berperan dalam melestarikan cagar budaya di Indonesia. Dengan adanya pariwisata, orang-orang akan lebih tertarik untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya ini.

Memberikan Pendidikan

Memberikan pendidikan tentang cagar budaya ke masyarakat dan generasi muda akan membuat mereka lebih peka dan peduli terhadap kelestarian cagar budaya di Indonesia.

Kesimpulan

Cagar budaya harus dijaga dan dilestarikan agar bisa menjadi warisan budaya yang berharga bagi kita dan generasi berikutnya. Dengan menjaga cagar budaya kita, maka kita dapat memperkaya identitas bangsa serta bisa menjadi sumber penghasilan ekonomi yang baru dalam sektor pariwisata. Mari kita jaga kelestarian cagar budaya Indonesia!

Also Read

Bagikan: