Camping Nyaman di Pinggir Pantai

Posted on

Jika ingin merasakan pengalaman yang mengesankan selama camping di pantai, alangkah baiknya menengok beberapa tips berikut ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Selain gunung, pantai juga bisa jadi tempat menyenangkan untuk camping. Jika camping di pantai adalah pengalaman pertama bagimu, maka perhatikan persiapan ini:

1. Tentukan berapa hari dan dengan siapa Kamu akan camping

Semakin lama camping tentu akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Harus membawa persediaan makanan lebih banyak salah satu contohnya. Begitu pula jika mengajak banyak teman. Tentu persiapannya lebih banyak.

Penentuan waktu dan dengan siapa camping tentu akan mempermudah persiapan. Apalagi jika Kamu hanya memiliki 1 buah tenda. Kita bisa mempersiapkan jauh-jauh hari dengan menyewa peralatan jika waktu dan siapa yang ikut sudah ditentukan.

2. Persiapan alat tidak ribet, yang jelas wajib bawa tenda dan peralatan memasak

Jika masih bingung apa saja peralatan yang wajib dibawa saat camping, berikut ini daftarnya:

  • Tenda beserta frame dan pasak ( perhatikan kapasitasnya, perhatikan tips no.1 )
  • Matras  ( sesuai jumlah orang yang ikut )
  • Senter ( sesuai jumlah orang yang ikut )
  • Kompor lapangan/ kompor kecil beserta gas
  • Peralatan memasak: pisau, wajan, nasting, wadah, dls
  • Peralatan makan: gelas, piring, sendok, dan garpu.
  • Korek api

3. Cadangan makanan, minuman dan snack harus lengkap

Cadangan makanan, minuman dan snack bisa Kamu pilih berdasarkan selera. Jika ingin simpel bawa roti dan membuat roti bakar saja. Jika ingin makan berat bisa membawa sayuran, daging, beras, bumbu-bumbu, serta minyak goreng. Semua sesuai selera.

Jangan lupa membawa snack dan air minum agar bisa menikmati pemandangan dengan nyaman sambil makan snack dan minum.

4. Bawa pemanggang jika ingin merasakan pengalaman camping lebih intim

Jika ingin camping yang lebih intim, unik, dan beda dari yang lain alangkah asiknya membawa peralatan panggang. Suasana yang indah dan asri akan makin asik jika ingin merasakan ikan segar di pinggir pantai bersama orang-orang terdekat.

Jangan lupa membawa arang jika memang ingin memanggang ikan di pinggir pantai karena di pantai jarang ada kayu bakar, apalagi jika pantainya masih sepi.

Lebih baik cari informasi pantai yang akan dikunjungi agar tidak ribet mempersiapkan pemanggang.

5. Wajib membawa lotion anti nyamuk!

Meskipun indah, namun saat malam hari pantai biasanya ramai oleh nyamuk. Bawalah lotion anti nyamuk yang banyak karena biasanya nyamuk pantai lebih agresif dan pertahanan dirinya lebih kuat. 

6. Alat pancing? Boleh juga!

Peralatan pancing mungkin sedikit ribet, namun camping di pinggir pantai tidak lengkap jika belum memancing dan menemukan ikan di sekitar. Jangan lupa berhati-hati dan tetap waspada dengan ombak sekitar saat memancing.

7. Ingin lebih santai saat camping? Bawa hammock hukumnya wajib!

Hammock adalah peralatan wajib yang wajib ada saat camping. Bawa beberapa agar teman camping juga bisa merasa santai saat camping. 

Jika ingin mendapatkan rekomendasi hammock dan cara memasang hammock, perhatikan tips berikut ini: Cara Memasang Hammock yang Baik.

8. Jika tidak ingin menghitam setelah camping nanti, jangan lupa bawa sunblock!

Sunblock adalah item yang wajib saat camping. Apalagi untuk orang-orang yang ingin tetap terlihat putih dan tetap memiliki kulit yang sehat. 

9. Lebih aman dan trendi jika membawa kacamata hitam

Untuk kesehatan mata dan sentuhan fashion, jangan lupa membawa kacamata hitam saat camping. Kacamata akan membuatmu terlihat seperti anak pantai sungguhan.

10. Pakaian ganti wajib bawa! 

Ke pantai tidak lengkap jika belum menceburkan diri ke pantai dan berenang melihat keindahan bawah laut. Hal ini bisa membuat baju basah. Jangan lupa membawa baju ganti agar tidak masuk angin. Alangkah baiknya jika membawa beberapa agar punya cadangan lebih banyak.

11. Agar alam tetap indah dan asri jangan lupa membawa trash bag!

Kantong plastik hitam besar atau banyak orang bilang trash bag adalah perlengkapan yang wajib ada saat camping. Jangan lupa bawa pulanglah kantong sampah ini ke tempat sampah terdekat. Jangan sampai kesenangan kita justru mengotori alam.

12. Jangan lupa membawa senter dan korek api

Dua item ini memang kecil namun memiliki fungsi yang luar biasa. Untuk pencahayaan, menghangatkan, dan tentu saja untuk masak. Pokoknya jangan lupa bawa dua item ini saat camping di pantai!

13. Bawa audio player atau gitar agar suasana camping makin hangat

Kehangatan adalah hal yang penting saat camping. Musik adalah salah satu hal yang bisa memberikan kehangatan itu. Bawalah audio player atau gitar dan menyanyilah sepanjang malam. Tentu akan seru.

14. Sleeping bag jangan sampai tertinggal

Bawalah sleeping bag maupun selimut saat camping. Dijamin tidurmu akan nyenyak meskipun bukan di kasur empuk di rumah.

15. Jika membawa serta anak kecil alangkah baiknya membawa peralatan yang diperlukan dan obat-obatan yang perlu agar camping tetap nyaman bagi mereka

Jangan lupa membawa makanan anak, minyak kayu putih, dan peralatan lainnya yang mungkin dibutuhkan. Jangan lupa membawa mainan kesukaan anak agar anak tidak rewel selama camping.

16. Sandal!

Pantai tidak asyik jika dinikmati dengan sepatu. Jangan biarkan ketidaknyamanan ini datang. Solusinya dengan membawa serta sandal pantai atau sandal jepit biasa.

Untuk mendapatkan pengalaman camping yang sempurna jangan lupa untuk mempersiapkan 16 hal di atas. Jangan lupa juga untuk mengajak serta orang tersayang agar suasana camping makin hangat.

SHARE :

Berlibur dan bermain di pantai memang menyenangkan. Ada ragam kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di pantai, salah satunya dengan berkemah. Lalu, pantai apa saja yang cocok dijadikan tempat berkemah bersama keluarga dan teman-teman, ya? Cari tahu bersama BP-Guide, yuk!

Pantai akan Selalu Menjadi Destinasi Wisata Favorit bagi Setiap Orang

Sumber gambar

panamajack.com

Siapa yang bisa menolak keindahan panorama di tepi pantai? Terutama ketika matahari terbit dan tenggelam. Belum lagi panorama bawah lautnya yang sangat unik dengan terumbu karang dan ikan berwarna-warni berenang mengelilinginya.

Itu sebabnya, pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan, mulai dari berenang, bermain pasir, selfie, snorkeling, bahkan kemping bersama keluarga.

Berbagai Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai

Sumber gambar

www.beachguide.com

Bermain dan bersenang-senang, itulah yang bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga di pantai. Ini dia berbagai aktivitas bermain dan bersenang-senang yang bisa Anda lakukan.

Berenang

Sumber gambar

vietnamculturaltours.com

Tentunya, liburan Anda di pantai tidak akan seru bila tidak berenang. Bila ingin melihat terumbu karang di kedalaman, Anda bahkan bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling. Bayangkan rasanya berenang dikelilingi ikan-ikan yang menarik! Seru sekali, bukan?

Akan tetapi, perhatikan pula kesehatan kulit Anda. Sebaiknya gunakan pakaian renang yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan iritasi dari air laut. Gunakan pula sunblock agar kulit terlindungi dari sinar matahari. Lihat pula kondisi air laut. Bila kotor atau telah tercemar sebaiknya jangan berenang agar tidak terkena penyakit kulit.

Berselancar

Sumber gambar

eurail.com

Untuk yang suka olahraga ekstrem, berselancar tentu menjadi kegiatan yang seru. Terutama bila dilakukan di pantai yang ombaknya cukup tinggi. Namun, Anda harus punya kemampuan yang mumpuni dan bisa berenang untuk melakukannya. Akan tetapi, bila ingin berselancar, Anda harus mencari pantai dengan ombak yang cukup tinggi. Di mana tidak setiap hari Anda bisa mendapatkan ombak yang bagus, namun hanya pada musim tertentu saja.

Kemping

Sumber gambar

nicerioadventures.blogspot.com

Tahukah Anda, bila pengalaman kemping di pinggir pantai adalah salah satu momen yang lebih mengesankan daripada menginap di hotel mewah. Memang, bila kemping di pantai, Anda tidak akan menemukan kasur empuk, AC, bathub, serta fasilitas lainnya. Akan tetapi, Anda akan menikmati indahnya pemandangan laut dan langit di malam hari yang sangat menakjubkan. Hidup di alam bebas dengan aroma laut yang meskipun sedikit amis namun segar.

Kemping di pinggir pantai akan lebih menyenangkan dilakukan bersama para sahabat atau keluarga. Kegiatan mendirikan tenda bersama bisa mempererat hubungan Anda. Anda juga bisa membakar api unggun, membuat barbekyu serta bernyanyi dan menari bersama. Kegiatan berpesta Anda akan lebih berkesan. Akan tetapi, jangan lupa membersihkan semua sampahnya ketika akan pulang, ya!

Kegiatan Beach Camping di Pinggir Pantai bisa jadi Alternatif Refreshing di Akhir Pekan yang Seru dan Menyenangkan

Sumber gambar

www.parentmap.com

Menghilangkan kepenatan tentu bisa dilakukan dengan kemping di pantai. Pikiran Anda bisa lebih refresh dengan tidur di alam bebas. Esok harinya, Anda bisa bermain dan berlarian di pantai, berenang, surfing serta melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Hilangkan sejenak pikiran mengenai masalah Anda, jauh dari rutinitas membosankan. Dan yang terpenting, Anda tidak harus mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk menginap semalam atau dua malam di pinggir pantai.

Beach Camping Bisa Dilakukan di Pantai Berikut Ini

Sumber gambar

datenightguide.com

Tidak semua pantai bisa dijadikan tempat untuk kemping. Baik dikarenakan tingkat keamanannya, ataupun keasriannya yang telah rusak. Namun, BP-Guide punya rekomendasi berbagai pantai yang tentunya akan seru bila dijadikan lokasi untuk kemping.

Pantai Teluk Hijau

Sumber gambar

reservasi.com

Pantai Teluk Hijau berada di Banyuwangi dan merupakan salah satu pantai yang cocok untuk kemping. Untuk mencapainya memang tidak mudah. Ini karena terbatasnya akses ke kawasan pantai yang berada di Taman Nasional Meru Betiri yang lokasinya terpencil. Akan tetapi, setiba di sana Anda akan mendapatkan pemandangan pantai dengan keindahan air lautnya yang biru.

Dikelilingi oleh hutan dengan aneka pepohonan dan tanaman yang rindang. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Aman dan menyenangkan untuk anak-anak Anda yang ingin bermain air. Terutama karena pasir putihnya yang lembut. Bahkan, Anda bisa menemukan aneka ikan kecil di bibir pantai.

Kegiatan kemping Anda tentu akan lengkap dengan acara memanggang ikan hasil pancingan Anda, yang mudah ditangkap di sekitar pinggir pantai. Untuk masuk ke tempat ini memang harus bayar. Namun tidak mahal, cukup Rp 5000 per orang.

Pantai Klayar

Sumber gambar

jejakpiknik.com

Berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Anda bisa menemukan Pantai Klayar setelah berjalan dari kota Pacitan ke arah barat sekitar 40 km. Anda tidak akan menyesal kemping di pantai ini, karena pemandangan matahari terbenamnya sangat indah.

Belum lagi adanya pohon kelapa di bibir pantai yang menjadi penghias panoramanya. Pilihlah lahan kemping di area atas, yang berdekatan dengan pepohonan untuk menghindari ombak pasang.

Esoknya, Anda bisa menjelajah Pantai Klayar. Di mana terdapat celah batu karang, yang pada saat dimasuki air laut akan memunculkan semburan air seperti air mancur raksasa dengan ketinggian hingga 10 meter. Menuju lokasi Pantai Klayar sangat mudah, karena telah terdapat papan petunjuk ke lokasi.

Pantai Gatra

Sumber gambar

jejakpiknik.com

Pantai Gatra yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, bukan sekadar merupakan tempat wisata. Menjadi wilayah konservasi alam yang dilindungi, pantai yang berada di Kabupaten Malang ini baru dibuka pada 2014 silam. Itu sebabnya, pantai yang berdekatan dengan Pantai Sendang Biru yang terkenal ini, masih belum diketahui oleh banyak wisatawan.

Pada bagian tengah pantai terdapat gugusan batu karang besar. Pemandangan tersebut bahkan sering disebut sebagai “Raja Ampat-nya Jawa Timur” oleh para wisatawan. Untuk kemping, Anda akan dikenakan biaya Rp 25.000. Anda pun tidak perlu repot membawa tenda dan peralatan kemping lainnya, karena telah tersedia tempat penyewaan dengan harga yang terjangkau.

Pantai Siung

Sumber gambar

anekatempatwisata.com

Yogyakarta juga punya pantai indah yang bisa Anda jadikan lokasi untuk kamping. Terapit oleh dua tebing karang yang kokoh, membuat Pantai Siung memiliki banyak karang kokoh untuk climbing. Pantainya pun aman untuk kemping, dan paginya Anda bisa mencoba menjajali tebing-tebingnya.

Bahkan, bila sekadar ingin menikmati sunrise, Anda bisa melihat pemandangan laut dengan matahari terbit yang menakjubkan.

Untuk menginap di tempat ini Anda harus membayar sebesar Rp 10.000 per malam. Akan tetapi, Anda diharuskan memperhatikan dan menjaga kebersihan pantai.

Pantai Buyutan

Sumber gambar

www.pantainesia.com

Pantai Buyutan tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Berada di kota Pacitan, pantai ini tidak hanya terkenal dengan air terjunnya yang indah, akan tetapi juga dongeng tentang mahkota Dewa Narada. Di mana batu karangnya yang unik, konon merupakan mahkota Dewa Narada yang terjatuh ke laut pada saat terbang di atas Pantai.

Bahkan, terdapat sumber air tawar dari mata air alami yang bisa dimanfaatkan wisatawan dan penduduk setempat. Inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan, selain pula untuk berenang, surfing, hingga diving di tempat ini.

Pantai Srau

Sumber gambar

jejakpiknik.com

Satu lagi pantai yang menarik untuk kemping di Kota Pacitan. Pantai Srau, hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Pacitan. Memiliki lokasi yang cukup terpencil, pantai ini belum dijamah oleh banyak wisatawan, sehingga sangat tenang dan keasriannya belum terjamah.

Terdapat pepohonan hijau berpadu dengan pasir putih yang lembut, serta air laut yang jernih dengan deburan ombak yang cukup besar. Itu sebabnya, Pantai Srau sangat cocok untuk surfing, terutama pemula.

Bila Anda tidak ingin ribet membawa tenda dan perlengkapan kemping lainnya, Anda bisa menginap di perumahan penduduk sekitar. Harganya beragam, mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 130.000 untuk tiap malam.

Pantai Jungwok

Sumber gambar

eksotisjogja.com

Akses menuju Pantai Jungwok memang sulit. Akan tetapi setibanya di pantai yang berlokasi di Desa Jepitu, Kelurahan Tepus, Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini, Anda tidak akan menyesal. Pantai ini dikelilingi pemandangan hijau.

Bahkan terdapat batu karang besar yang ditumbuhi tumbuhan hijau yang disebut watutopi atau batu topi. Anda bahkan dapat memancing dengan santai di batu ini. Sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan, karena lokasinya yang belum ramai. Anda bisa mencapainya dari Yogya sekitar 2 hingga 3 jam.

Pantai Goa Cina

Sumber gambar

wikimedia.org

Sebagai salah satu pantai yang terkenal di Malang Selatan, Pantai Goa Cina memiliki laut berwarna biru yang dipadukan dengan ombak yang cantik. Ditambah dengan pasir putih serta karang unik, sehingga tercipta pemandangan yang indah. Berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Pantai Goa Cina memang selalu menjadi tujuan wisatawan untuk kemping.

Ada cerita tersendiri di pantai ini. Memiliki nama asli Pantai Rowo Indah, dahulu pernah ditemukan jasad seorang Tionghoa di dalam gua yang berada di pantai ini. Untuk mengingat jasad petapa Tionghoa tersebut, akhirnya pantai ini sering disebut sebagai Goa Cina.

Pantai Pangi

Sumber gambar

pulereja.blogspot.com

Berada di Kabupaten Blitar, Pantai Pangi merupakan salah satu pantai favorit untuk kemping dan memancing. Pantai yang berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung ini merupakan sebuah teluk, sehingga meskipun merupakan kawasan pantai selatan, namun ombaknya tidak besar.

Suasananya pun tenang. Terdapat pula aneka fasilitas umum seperti mushala, kamar mandi, hingga warung makan. Bahkan sangat mudah mencapainya. Ikuti saja rute ke arah Pantai Tambakrejo, Anda akan menemukan banyak petunjuk untuk tiba di Pantai Pangi.

Pantai Batu Bengkung

Sumber gambar

www.pantainesia.com

Pantai Batu Bengkung yang berlokasi di Malang Selatan karena memiliki berbagai batu karang unik yang menjadi ciri khasnya. Bebatuan yang berbentuk cekung unik memiliki lubang, sehingga ketika pasang, air laut akan terperangkap. Maka, terbentuklah berbagai kolam air asin yang keindahannya akan membuat Anda takjub. Anda bahkan dapat mandi di kolam tersebut bersama aneka ikan hias yang cantik.

Tepatnya berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Anda bisa mencapai pantai yang terletak di pesisir Selatan pulau Jawa ini dengan melewati rute yang sama dengan Pantai Goa Cina. Bila berkemah di pantai ini, Anda harus berkemah di sebuah bukit yang terletak di Barat Daya untuk melihat sunset yang sangat indah.

Selain itu, Anda bisa menikmati petualangan memanjat tebing dengan kemiringan 90 derajat. Anda bisa menikmati panorama pantai yang indah. Jangan takut, karena pada tebing ini telah disediakan tali untuk membantu memanjat.