Festival kuliner la piazza kelapa gading

Gundana

Suara.com – Yuk Berburu Makanan Legendaris di Festival Kuliner Kampoeng Tempo Doeloe.

Festival Kampoeng Tempo Doeloe atau KTD kembali hadir di kawasan La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dibuka mulai 7 Agustus 2019, KTD hadir sebulan penuh hingga 8 September 2019 mendatang.

Sesuai namanya, Kampoeng Tempo Doeloe identik dengan hiasan jadoel laiknya pusat niaga zaman baheula. Hiasan jadoel terlihat lewat konsep tenant yang dibuat seperti gubukan dengan tambahan aksesoris kain batik di mana-mana.

Selain itu, KTD juga menghadirkan menu-menu makanan legendaris seperti asinan dari Bogor, sate klopo dari Surabaya hingga gudeg dari Yogyakarta.

Baca Juga: Top 3 Makanan di Bandung yang Sering Dicari Orang Jakarta!

Festival Kampoeng Tempo Doeloe atau KTD kembali hadir di kawasan La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Suara.com/Risna Halidi)Festival Kampoeng Tempo Doeloe atau KTD kembali hadir di kawasan La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Suara.com/Risna Halidi)

“Kuliner legendaris ini dipilih berdasarkan riset tim KTD di mana rata-rata pedagang telah dikenal luas masyarakat, dan eksis melakukan usaha selama lebih dari tiga dekade,” kata kata Deputy Chairman JFFF, Cut Meutia.

Salah satu tenant yang hadir dalam Festival Kampoeng Tempo Doeloe adalah Sate Klopo Akong Khas Surabaya. Menurut Yoke Erwan, pemilik kedai, sate klopo adalah sate daging yang diberi taburan kelapa parut atau yang biasa dikenal dengan nama serundeng.

“Sate klopo itu terbuat dari daging sapi yang dikasih bumbu suwiran kelapa. Itu keunikannya, kelapa langsung blend sama daging,” kata Yoke kepada Suara.com, Rabu, (7/8/2019).

Setelah dipanggang di atas arang, daging yang sudah matang disajikan dengan bumbu kacang pada umumnya. Satu porsi sate klopo Rp 38.500 dengan tambahan lontong seharga Rp 5000.

KTD dibuka setiap hari dengan jam operasional 16:00-22:00 pada Senin sampai Kamis, 16:00-23:00 pada Jumat, 11:00-23:00 pada Sabtu dan 11:00-22:00 pada Minggu.

BACA JUGA:   Tempat kuliner di solo jawa tengah

Baca Juga: Inilah 6 Makanan Khas Cianjur yang Bisa Anda Cicipi Saat Liburan!

Jadi jangan lewatkan berburu makanan legendaris di Festival Kuliner Kampoeng Tempo Doeloe di kawasan La Piazza ini sebelum kehabisan.

Suasana hari pertama JF3 Food Festival bertajuk Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza Mal Kelapa Gading, Jumat (9/9/2022).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING – Sebagai bagian dari rangkaian Jakarta Food and Fashion Festival (JF3) tahun ini, Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) menggelar JF3 Food Festival, 9 September-9 Oktober 2022.

Selama sebulan ke depan, JF3 Food Festival menghadirkan spot kuliner Kampoeng Tempo Doeloe yang ditempatkan di area La Piazza MKG.

Chairman JF3 Soegianto Nagaria mengatakan, Kampoeng Tempo Doeloe hadir sebagai perayaan kekayaan kuliner tanah air.

“Ini merupakan program hasil kerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” kata Soegianto, Jumat (9/9/2022).

Ada lebih dari 500 menu makanan yang dapat dijumpai dari 70 tenant yang hadir di Kampoeng Tempo Doeloe.

Baca juga: Pecinta Kuliner! Ini 5 Event Food Festival Akhir Bulan Juli di Jakarta, Catat Tanggalnya

Ratusan menu itu merupakan kuliner khas berbagai daerah, mulai dari Jakarta, Semarang, hingga Surabaya.

Tahun ini, Kampoeng Tempo Doeloe juga menghadirkan Menu Kuliner Legendaris yang terdiri dari 9 makanan pilihan.

Suasana hari pertama JF3 Food Festival bertajuk Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza Mal Kelapa Gading, Jumat (9/9/2022). Suasana hari pertama JF3 Food Festival bertajuk Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza Mal Kelapa Gading, Jumat (9/9/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

“Yaitu Kepala Manyung Bu Fat, Nasi Ayam Semarang Bu Lani, Nasi Krawu Bu Tiban, Empal Gentong, Serabi Notosuman Ny. Handayani, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Pempek Megaria, Ragusa dan Es Duren Sakinah Bandung,” ucap Soegianto.

BACA JUGA:   Apa tujuan diadakannya festival kuliner indonesia di luar negeri

Menu Kuliner Legendaris ini dipilih berdasarkan riset dan kurasi yang dilakukan oleh tim Kampoeng Tempo Doeloe dengan beberapa kriteria, di antaranya adalah usahanya telah berjalan lebih dari tiga dekade dan digemari pecinta kuliner.

Soegianto menambahkan, ragam kuliner yang hadir di JF3 juga mewakili cerita dan sejarah bangsa, yang tercipta karena adanya persilangan budaya dan juga adat istiadat setempat.

“Melalui KTD kami mengajak seluruh pihak untuk terus mengenal, menikmati, mencintai, dan mendukung keberlangsungan warisan kuliner nusantara hingga lintas generasi,” katanya.

Selain ragam kuliner nusantara, Kampoeng Tempo Doeloe tahun ini juga menggelar beragam acara kompetisi seperti lomba makan porsi besar yang hadir setiap hari Senin, lomba makan pedas setiap hari Selasa, dan lomba belanja tercepat setiap hari Kamis dengan hadiah total jutaan rupiah.

Baca juga: Melongok Food Court ala PKL di Kolong Jembatan Slipi: Tempat Orang Kantoran Cari Kenyang

Kampoeng Tempo Doeloe dibuka setiap hari Senin-Kamis pukul 16.00-21.00 WIB, Jumat 16.00-22.00 WIB, Sabtu 11.00-22.00 WIB, dan Minggu 11.00-21.00 WIB.

Seluruh rangkaian acara JF3 Food Festival tetap mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan masker dan tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke area Summarecon Mall Kelapa Gading. 

Informasi lengkap dan terbaru mengenai JF3 Food Festival bisa didapatkan melalui akun media sosial Instagram @JF3_foodfest.

Also Read

Bagikan: