Gunung Salak Endah Pamijahan

Posted on

Menjelajahi Telaga Batu, Destinasi Wisata Tersembunyi di Kawasan Gunung Salak Endah Pamijahan Bogor

Gunung Salak Endah (GSE) Pamijahan Bogor tak hanya memiliki wisata alam Curug, tetapi juga menyimpan sebuah danau yang tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan. Telaga Batu, begitu nama danau tersebut, terletak di Curug Pangeran, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Destinasi wisata tersembunyi ini menawarkan keindahan alam yang menawan serta fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Menurut pengelola wisata Telaga Batu, Angga Saputra, sebelumnya tempat ini hanya digunakan untuk berkemah saja. Namun, pada pertengahan tahun 2020, konsep untuk membuka wisata Telaga Batu akhirnya diwujudkan. “Awalnya ini hanya tempat berkemah saja, tapi karena di sini terdapat rawa dan sumber mata air yang mengalir, maka kami memiliki konsep untuk mengembangkan tempat ini menjadi objek wisata yang lengkap,” kata Angga.

Proses pengembangan Telaga Batu memakan waktu hingga satu tahun. Namun, kini wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan, seperti gazebo, danau yang dapat digunakan untuk berenang, serta penyewaan tenda bagi yang ingin berkemah. Selain itu, protokol kesehatan yang ketat pun diterapkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung di tengah pandemi Covid-19. “Kami membatasi jumlah pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan mengatur jarak antara pengunjung,” jelas Angga.

Meski Telaga Batu telah dibuka sebagai objek wisata yang baru, namun jumlah pengunjung dari luar kota mengalami penurunan hingga 50 persen akibat pandemi Covid-19. Namun, bagi wisatawan lokal, Telaga Batu dapat menjadi alternatif destinasi wisata yang menarik.

Biaya tiket masuk ke Telaga Batu tergolong murah meriah, yaitu hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan harga tersebut, wisatawan dapat menikmati semua fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola wisata. Selain Telaga Batu, di kawasan GSE Pamijahan Bogor terdapat berbagai objek wisata alam yang menarik, seperti Curug Pangeran, Kawah Ratu, Lembah Tepus, dan Curug Balong Endah.

Apabila Anda adalah putra daerah yang berminat untuk mengelola media kawasan desa atau kecamatan, Anda dapat menghubungi tim Apakabar Media Network melalui WhatsApp di nomor 0855-7777888. Bersama-sama, kita dapat mempromosikan destinasi wisata tersembunyi seperti Telaga Batu ke khalayak yang lebih luas.