Jelajahi Wisata Alam Sukabumi, Surga Tersembunyi di Jantung Jawa Barat

Agnes Yolanda

Sukabumi memang tidak sepopuler destinasi pariwisata lainnya di Jawa Barat, seperti Bandung atau Garut, tapi jangan salah, tempat wisata alam Sukabumi justru menawarkan pengalaman yang lebih tenang dan asri. Di tengah hiruk-pikuk kota besar, Sukabumi merupakan surga tersembunyi yang wajib dikunjungi oleh penggemar wisata alam.

1. Puncak Gunung Gede Pangrango

Puncak Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu destinasi wisata alam Sukabumi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Gunung Gede Pangrango adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 2.958 mdpl. Menjadi sebagian dari Taman Nasional Gede Pangrango, di sini terdapat banyak flora dan fauna yang langka serta panorama alam yang sangat indah.

2. Curug Cikaso

Curug Cikaso, juga dikenal dengan Air Terjun Tujuh, adalah tempat wisata alam Sukabumi yang menakjubkan dan mempesona. Terletak di daerah Cikaso, Ujung Genteng, curug ini terdiri dari tiga air terjun yang berdekatan dan masing-masing memiliki keindahan yang unik dan menawan. Di sini juga tersedia fasilitas bermalam dan berkemah.

3. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai di Sukabumi. Pantai ini terletak di Desa Ciantir, Kecamatan Ciemas dan hanya memerlukan waktu perjalanan 30 menit dari pusat Kota Sukabumi. Pantai ini dikelilingi oleh tebing berbatu dan lembah yang membuat suasana menjadi semakin tenang. Selain berenang atau bersantai di pantai, pengunjung juga dapat menikmati kelapa muda segar dan makanan ringan khas pantai.

4. Hutan Pinus Gunung Putri

Hutan Pinus Gunung Putri adalah surga bagi pecinta alam yang suka dengan suasana pedesaan yang tenang dan sejuk. Terletak di kecamatan Nyalindung, Sukabumi, hutan ini ditumbuhi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan memberikan nuansa alam yang memanjakan mata. Selain itu, pengunjung juga dapat bermalam di tenda atau bungalow yang berada di sana.

BACA JUGA:   Wisata Kebun Teh di Garut

5. Situ Gunung

Situ Gunung adalah danau kecil yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango yang memiliki pemandangan alam yang sangat menawan. Terdapat kebun teh dan ladang bunga yang indah di sekitarnya. Pemandangan danau yang jernih, terlebih lagi saat terik matahari menyinari permukaannya, akan membuat siapapun terpesona.

Sukabumi dapat menjadi destinasi yang menyenangkan bagi pecinta wisata alam yang suka dengan suasana tenang dan asri. Kombinasi gunung, air terjun, pantai, hutan pinus, dan danau kecil di Sukabumi membuat pengunjung dapat beralih dari satu destinasi ke destinasi yang lainnya dan menikmati liburan dengan berbagai suasana yang berbeda. Jangan lewatkan untuk menyusun itinerary dan merencakan liburan ke Sukabumi dan jelajahi keindahan alamnya.

Also Read

Bagikan: