Kuliner dekat alun alun kidul jogja

Gundana

dijogja.co

Sebagai kota wisata, Jogja memiliki berbagai destinasi wisata. Di samping wisata alam maupun berbagai bangunan yang mengandung banyak cerita, kota ini juga punya destinasi wisata kuliner yang harus dicoba.
 

Sebagai pusat wisata, kawasan Kraton Jogja yang diapit dua alun-alun di kawasan utara dan selatan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke sana sekaligus mencari destinasi wisata kuliner untuk dicicipi.

Meskipun identik dengan makanan khasnya yaitu gudeg dan bakpia, namun Jogja menyimpan sejumlah destinasi kuliner legendaris yang wajib dikunjungi. Terlebih, di sekitar Kraton Jogja, Alun-Alun Utara, dan Alun-Alun Kidul, terdapat sejumlah tempat makan yang akan memberikan pengalaman rasa yang menarik.

Berikut rekomendasi destinasi wisata kuliner di sekitar Alun-Alun Kota Jogja!

Warung Brongkos Handayani


Sumber: jogjakita.co.id

Brongkos merupakan kuliner khas Jogja yang menjadi salah satu kegemaran Sultan HB IX. Sajian ini menjadi hidangan istimewa di Kraton Jogja, namun secara umum masyarakat Jogja juga bisa menikmatinya di luar Kraton.

Di sebelah selatan Alkid (Alun-Alun Kidul) Kota Jogja, terdapat sebuah warung makan dengan menu utama brongkos. Menu tersebut sudah dihidangkan warung itu sejak 1975.

Sayur brongkos merupakan makanan dengan bahan dasar kacang tolo, daging sapi, tahu serta telur yang disiram dengan kuah santan dengan bumbu rempah yang kuat. Menu ini biasa disajikan dengan seporsi nasi dan irisan cabai.

Dengan harga mulai dari Rp20.000, pengunjung bisa menikmati sepiring brongkos dengan isian tambahan yang dikehendaki. Warung ini buka setiap pagi hingga sore hari.

Bakmi Pak Pele


Sumber: phinemo.com

Bagi penikmat kuliner malam hari di Jogja, salah satu masakan yang tidak boleh dilewatkan ialah bakmi jawa. Dari sekian banyak pedagang bakmi jawa, Bakmi Jawa Pak Pele menjadi salah satu yang legendaris.

Warung bakmi yang terletak di pojok tenggara Alun-Alun Utara Kota Jogja ini sudah berdiri sejak 1983. Dari dulu hingga saat ini, warung bakmi tersebut dikonsep sebagai warung tenda.

Jangan terlalu malam jika ingin menikmati sajian Bakmi Pak Pele, sebab jika kemalaman warung akan ramai pengunjung dan antrean bertambah panjang. Selain di Alun-Alun Utara, Pak Pele juga membuka cabang di Bantulan, Godean, Sleman, serta di Sembungan, Kasihan, Bantul.

Sepiring bakmi jawa di sini bisa diperoleh mulai dari Rp25.000. Meskipun harganya di atas rata-rata seporsi bakmi jawa lainnya, diyakini bahwa sumber kelezatan Bakmi Jawa Pak Pele terdapat pada pemakaian telur bebek dan kaldu ayam kampungnya.

Resto Bale Raos


Sumber: tripadvisor.co.id

Jika penasaran dengan sajian hidangan ala Kraton Jogja, tak ada salahnya mengunjungi restoran Bale Raos. Resto yang terletak di Jalan Magangan Kulon No.1, Kraton, Kota Jogja ini menghidangkan makanan-makanan tradisional Jawa kesukaan Sri Sultan HB VII hingga Sri Sultan HB X.

Berada di kawasan Kraton Jogja, restoran ini menyimpan sejumlah resep hasil juru masak Kraton Jogja. Pengunjung bisa menikmati berbagai sajian ala Kraton Jogja mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga sajian penutup.

Mulai dari Sekul Golong, Bebek Suwar-Suwir, Bestik Djawa, Bestik Lidah, Prawan Kenes, hingga Bir Djawa. Menariknya, setiap menu yang tertulis dalam buku menu turut menampilkan informasi mengenai asal-usul hidangan tersebut. Seperti misalnya menu Bebek Suwar-Suwir, yang merupakan hasil olahan koki Kraton Jogja berdarah Belanda.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Legendaris Jakarta

Siapa tertarik mencicipi sajian kesukaan raja sekaligus belajar sejarah? Jika berminat mencicipi hidangan kerajaan ini, Bale Raos buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

Sumber: harianjogja.com

Suasana Tugu Jogja Pada Saat Malam hari. Saat berlibur di Jogja kamu bisa berburu kuliner malam hari yang ada di Jogja.

TRIBUNJOGJA.COM - Berlibur ke Jogja rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang ada di Kota Gudeg.

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja sambil menikmati kuliner adalah Alun-alun Selatan.

Alun- alun Selatan menjadi salah satu tujuan wisata menarik bagi para pelancong.

 Di tempat ini banyak pedagang kuliner yang menawarkan bermacam-macam menu makanan.

Tak hanya kuliner, di Alun-alun Selatan, wisatawan juga bisa menaiki kereta hias dan masangin.

Masangin adalah kegiatan berjalan di tengah-tengah dua pohon beringin yang ada di Alun-alun Selatan dengan posisi mata tertutup kain.

Menarik bukan, makanya kalau berkunjung ke Jogja, sempatkan mendatangi Alun-alun Selatan.

Berikut 8 Jenis Jajanan Alun Alun Kidul yang Enak dan Murah

1. Dimsum si Ndut

Dimsum si ndut salah satu jajanan yang ada di Alu-Alun Kidul Yogyakarta. 

Jenis dimsum yang di sediakan ada bermacam- macam bahkan hampir semua jenis ada. 

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp1.000,- saja 

Banyak pilihan saosnya yaitu ada saos bbq, saos pedas dan juga mayonise 

 

Yogjakarta merupakan kota yang terletak di Jawa Tengah. Bukan hanya dijuluki sebagai Kota Pelajar, Jogja juga dikenal dengan beragam tempat wisatanya. Tidak hanya menyediakan Candi-Candi dan Museum, Jogja juga mempunyai tempat wisata yang tak kalah menarik yaitu, Alun-Alun Kidul.

Destinasi wisata yang nyaman dan ramai kuliner. Itulah gambaran suasana Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Beralamat di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

Alun-Alun Kidul alias Alun-Alun Selatan juga dikenal dengan nama Alun-Alun Pengkeran. Terdapat dua pohon beringin besar yang menjadi iconic wisata ini. Pohon beringin tersebut disebut Supit Urang dan dipagari dengan ornamen berbentuk bulatan dan busur, pagar tersebut dinamakan Ringin Kurung.

Alun-alun ini memiliki luas sekitar 150×150 meter dengan lima gerbang sebagai jalan keluar masuk.       

Kamu bisa mengunjungi Alun-Alun Kidul kapanpun kamu mau karena Alun-Alun Kidul beroperasi dari hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata ini yaitu saat sore hingga menjelang malam hari. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang ciamik ditemani angin sepoy-sepoy yang siap membuatmu rileks.

Bagi kamu yang membawa kendaraan untuk dapat menikmati wisata ini kamu hanya perlu membayar tiket parkir sebesar 3000 untuk kendaraan motor dan 5000 untuk kendaraan mobil. Tidak perlu khawatir kendaraanmu tidak mendapat lahan parkir karena area parkir di alun-alun ini cukup luas.

Saat memasuki area Alun-Alun Kidul kamu akan diperlihatkan dua pohon beringin besar yang menjadi iconic destinasi wisata ini. Lalu disekelilingnya terdapat rerumputan berbentuk area persegi yang pada pinggirnya dibatasi trotoar untuk pejalan kaki.

Di Alun-Alun Kidul ini berbagai kalangan dan usia tercampur menjadi satu. Pengunjung bukan hanya berasal dari Jogja saja, namun bisa dari berbagai daerah. Mulai dari anak kecil yang bermain kejar-kejaran, muda-mudi yang duduk santai bersama pasangannya atau para orang tua yang berkumpul bersama kerabatnya sambil menikmati kuliner yang dijajakan pedagang di sini.  

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Dekat Stasiun: Menikmati Kelezatan Makanan di Sekitar Perjalanan Anda

Untuk kulinernya, biasanya para penjual dan pedagang mulai buka pada sore hari hingga jam 12 malam.

Kuliner di alun-alun ini tersedia dari berbagai macam makanan dan minuman yang menggunggah selera. Mulai dari makanan ringan untuk cemilan hingga makanan berat yang mengenyangkan.

Lihat Konten Foodie Selengkapnya

Lihat Foodie Selengkapnya

Video Pilihan

KOMPAS.com – Taman Sari merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari Alun-alun Kidul Yogyakarta. 

Setelah capek jalan-jalan di Taman Sari kamu bisa mengembalikan tenaga dengan menyantap hidangan di restoran, kafe, atau warung kaki lima di sekitarnya. 

Berikut ini Kompas.com kumpulkan beberapa tempat makan di sekitar Taman Sari Yogyakarta yang patut disinggahi. Beberapa di antaranya cukup legendaris dan terkenal. 

Baca juga:

1. Warung Brongkos Handayani

Ilustrasi brongkos khas Yogyakarta, sayur kuah santan pakai keluak.

SHUTTERSTOCK/GRATSIAS ADHI HERMAWAN

Ilustrasi brongkos khas Yogyakarta, sayur kuah santan pakai keluak.

Ilustrasi brongkos khas Yogyakarta, sayur kuah santan pakai keluak.

Di dekat taman sari ada satu warung brongkos terkenal. Nama tempatnya adalah Warung Brongkos Handayani. 

Sesuai dengan namanya, warung ini memiliki sajian brongkos khas Yogyakarta yang spesial. Pilihan menunnya ada brongkos telur maupun brongkos koyor. 

Selain itu tersedia menu lain seperti nasi pecel. Harga sajiannya mulai dari Rp 14.000. 

Baca juga: Resep Brongkos Daging Sapi, Sayur Kuah Santan Pakai Keluak

Lokasi Warung Brongkos Handayani ada di Jalan Gading Nomor 2, Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Jam operasionalnya pukul 08.00-16.00 WIB. 

2. Soto Pak Marto

Apabila sedang mencari tempat sarapan, kamu bisa mampir ke warung Soto Pak Marto. Lokasinya hanya sekitar 1,4 kilometer dari Taman Sari. 

Alamat lengkapnya di Jalan Letjen S.Parman Nomor 44, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. 

Baca juga: Resep Soto Ayam Lenthok Yogyakarta ala Chef Vindex Tengker

Warung Soto Pak Marto merupakan salah satu warung soto terkenal dan legendaris di Yogyarkata.

Di warung ini kamu bisa menikmati soto ayam dengan harga Rp 12.000. Tersedia pula soto dengan jeroan seperti jantung, paru, atau lidah. Jam buka warungnya pukul 06.00-17.00 WIB. 

3. Bale Raos – The Sultan’s Dishes

Jika kamu pergi bersama keluarga, aganya Bale Raos dapat menjadi pilihan yang tepat. Restoran ini memiliki area yang luas, sehingga nyaman untuk rombongan atau keluarga.

Bale Raos menghidangkan beragam masakan Jawa dan Indonesia dengan penyajian yang lebih modern. Harga sajiannya mulai dari Rp 15.000.  

Baca juga: 3 Makanan Cuma Ada di Kereta Api Rute Jawa Tengah dan Yogyakarta

Lokasi restoran ini ada di Jalan Magangan Kulon Nomor 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Jam bukanya setiap pukul 10.00-21.00 WIB. 

4. Tamansari Cafe

Di dekat Taman Sari ada satu kafe asri yang cocok untuk bersantai, namanya adalah Tamansari Cafe. Letak kafe ini hanya sekitar beberapa meter dari Taman Sari.

Tepatnya ada di Jalan Taman Sari Nomor 1/310, Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Di kafe ini kamu bersantai sembari menikmati secangkir kopi atau minuman lain yang menyegarkan. Misalnya saja mojito atau milkshake.

Baca juga: 7 Cafe Dekat Malioboro Yogyakarta, Nyaman untuk Bersantai

Harga minumannya antara Rp 6.000 – Rp 30.000. Selain itu ada pula beragam camilan dan makanan dengan harga mulai Rp 15.000. 

Jam operasional Tamansari Cafe pukul 09.00-22.00 WIB.

5. Gadri Resto

Ilustrasi garang asem ayam santan.

SHUTTERSTOCK/ Hanifah Kurniati

Ilustrasi garang asem ayam santan.

BACA JUGA:   Kuliner pagi di surabaya barat

Ilustrasi garang asem ayam santan.

Gadri Resto ada di Jalan Rotowijayan Nomor 5, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Lokasinya hanya sekitar dua kilometer dari Taman Sari.

Jika ditempuh dengan kendaraan memakan waktu sekitar delapan menit saja. 

Di restoran ini kamu bisa memesan beragam masakan Indonesia yang dihidangkan dengan lebih modern. Interior restorannya yang kental dengan ornamen Jawa akan membuatmu betah berlama-lama di sana. 

Untuk harga hidangannya sendiri antara Rp 20.000 – Rp 100.000.  Jam operasional restorannya pukul 09.00-21.00 WIB.

Baca juga: 15 Cafe di Sleman Yogyakarta yang Cocok untuk Kerja

6. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Berwisata ke Yogyakarta tak lengkap jika belum menikmati gudeg. Salah satu gudeg di dekat Taman Sari yang bisa dicoba adalah Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Lokasinya ada di Jalan Wijilan Nomor 167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Walau memiliki banyak cabang tetapi warung di Wijilan adalah yang teramai. 

Bahkan saat musim liburan, warung ini tak pernah sepi pembeli. 

Baca juga: 8 Tempat Kuliner Murah di Malioboro Yogyakarta, dari Gudeg sampai Kopi Joss

Harga gudeg di Yu Djum Wijilan antara Rp 15.000 – Rp 50.000. Dengan harga tersebut kamu bisa memilih lauk sesuai selera, misalnya telur, ayam, atau tahu. 

Gudeg Yu Djum Wijilan 167 buka setiap hari pukul 06.00-22.00 WIB. 

7. Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

Ilustrasi bakmi jawa kuah.

SHUTTERSTOCK/ Dhodi Syailendra

Ilustrasi bakmi jawa kuah.

Ilustrasi bakmi jawa kuah.

Buatmu yang sedang mencari makan malam di sekitar Taman Sari bisa datang ke warung Bakmi Jawa Pak Pele. 

Lokasinya ada di sekitar Jalan Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Warung bakmi jawa ini merupakan salah satu yang terkenal di Yogyakarta. 

Kuah bakminya yang gurih dan hangat pas disantap saat cuaca sedang dingin. Harga bakmi jawa di warung ini sekitar Rp 25.000. 

Baca juga: 15 Bakmi Jawa Enak di Yogyakarta, Favorit Warga Lokal dan Wisatawan

Warung Bakmi Jawa Pak Pele buka pukul 17.00-23.00 WIB. Meski demikian sebaiknya jangan datang terlalu lama supaya tidak kehabisan. 

8. Angkringan Kang Harjo

Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan angkringannya. Pada malam hari, ada satu angkringan di sekitar Taman Sari yang selalu ramai pembeli yaitu Angkringan Kang Harjo. 

Alamatnya ada di sekitar Jalan Wijilan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Sama seperti angkringan kebanyakan, angkringan ini buka pukul 17.00-02.00 WIB. 

Di warung ini kamu bisa menyantap nasi kucing dengan sambal teri atau orek tempe. Lalu ada pula beragam lauk khas angkringan seperti gorengan dan aneka sate. 

Baca juga: 5 Angkringan Terkenal di Yogyakarta, Angkringan KR sampai Wijilan

Harga nasi kucingnya sendiri Rp 2.000 saja. Sementara lauknya mulai dari Rp 500. 

9. Warung Sate Kambing & Tongseng Pak Amat

Ilustrasi tongseng sapi.

Dok. Shutterstock/ Ludhita Dwi A

Ilustrasi tongseng sapi.

Ilustrasi tongseng sapi.

Letak Warung Sate Kambing & Tongseng Pak Amat tak jauh dari Taman Sari, hanya sekitar dua kilometer. 

Sesuai dengan namanya, warung ini menghidangkan tongseng kambing dan sate yang empuk dan enak. Harga hidangannya kurang lebih 20.000. 

Baca juga: 15 Tempat Makan Tongseng yang Enak di Yogyakarta, Ada Tongseng Pak Min

Alamat lengkap warung ini ada di Jalan Pekapalan Nomor 5, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta. Jam bukanya pukul 11.00-23.00 WIB. 

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Also Read

Bagikan: