Kuliner enak di ampel surabaya

Gundana

Ada banyak lho pilihan kuliner enak di Ampel Surabaya yang bisa kamu jelajahi. Daerah Ampel terkenal sebagai daerahnya masyarakat keturunan Arab-Hadramaut di Kota Surabaya. Jadinya kamu bisa menemukan banyak cita-rasa kuliner khas Timur Tengah di sini. Selain itu, beberapa kuliner lokas khas Jawa Timur juga tersedia di kawasan ini.

Berikut ini pilihan kuliner enak yang ada di daerah Ampel Surabaya. Yuk simak!

1. Yaman Kuliner

Tempat kuliner pertama di daerah Ampel yang bisa kamu kunjungi adalah Yaman Kuliner. Sesuai namanya, sajian makanan di sini merupakan kuliner khas Yaman di Semenanjung Arab. Cita-rasa khas Arab yang kaya rempah bisa langsung kamu rasakan di sini.

Dari mulai menu nasi kabsah, nasi kebuli, briyani, hingga nasi mandhi bisa kamu nikmati. Menu andalan lainnya adalah kambing oven dengan bumbu madu, lada hitam, bahkan rica-rica.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-02.jpg

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. KH. Mas Mansyur No. 92, Ampel, Surabaya.

2. Noor Ayla Resto

Kalau kamu penasaran menikmati kuliner Timur Tengah dengan suasana yang nyaman, datang saja ke Noor Ayla Resto ini. Lokasinya masih di seputaran Jalan KH. Mas Mansyur Surabaya. Seperti umumnya resto Timur Tengah, di sini tersedia nasi kabsah, kebuli, briyani, dan mandhi dengan daging kambing maupun ayam. Ada juga menu hummus, roti maryam, sup marak, samosa, dan teh dengan rempah herbal.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-03.jpg

Source: @nooraylaarabicrestaurant

Alamat: Jl. KH. Mas Mansyur No. 130, Ampel, Surabaya.

3. Gule Maryam H.Safili

Untuk kamu yang ingin kulineran malam dengan menu makanan Timur Tengah, bisa nih cobain Gule Maryam H.Safili. Mereka memang khusus berjualan di malam hari, bahkan hingga tengah malam dan dini hari. Menu sajiannya unik yakni gulai kambing dengan tambahan kacang hijau di dalamnya. Lalu cara makannya dengan dicocol roti maryam dan ada juga pelengkap lainnya berupa sate kambing.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-04.jpg

Source: @eviarifianti

Alamat: Jl. KH Mas Mansyur No.10-14, Ampel, Semampir, Surabaya.

4. Nasi Kebuli Hj.Umaiyah

Warung makan streetfood dengan menu nasi kebuli paling hits di Surabaya adalah Nasi Kebuli Hj. Umaiyah. Nasinya memang dari beras lokal, bukan beras basmati yang bentuknya panjang, tapi bumbu kebulinya nagih banget. Daging kambingnya juga empuk dan gak amis dengan bumbu yang meresap. Kalau gak mau makan daging kambing, tersedia juga pilihan daging ayam yang sama enaknya.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-05.jpg

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. KH. Mas Mansyur No. 87, Ampel, Surabaya.

5. Sop Kikil Kambing Pak Ali

Kalau kamu pencinta kuliner berbahan daging kambing, wajib nih cobain Sop Kikil Kambing Pak Ali. Kuah sop-nya dimasak dengan campuran bermacam rempah sehingga menyerupai kuah gulai. Kamu bisa memilih sop kikil yang terbuat dari bagian kaki kambing, gule, sate kambing, dan sate ayam. kuliner-enak-di-ampel-surabaya-06.jpg

Source: @sopkikilkambingsurabaya

Alamat: Jl. Pegirian, Ampel, Surabaya.

6. Deelish Kebab

Siapa di sini yang suka banget makan kebab? Nah salah satu brand kebab terenak di Surabaya adalah Deelish Kebab yang wajib nih kamu cobain. Mereka juga buka cabang di daerah Ampel Surabaya. Untuk isian dagingnya di sini menggunakan daging sapi dan daging ayam. Menu andalannya antara lain, Deelish gyros dengan extra cheese dan potato beef kebab.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-07.jpg

BACA JUGA:   Wisata di jogja buat anak anak

Source: @mmekuliner

Alamat: Jl. KH Mas Mansyur No.108, Nyamplungan, Ampel, Surabaya.

7. Nasi Bete (Tongkol) Bu Karmini

Mau makan seafood murah dengan harga terjangkau di pinggir jalan? Cobain saja di warung Nasi Bete Bu Karmini. Primadona di warung ini adalah sajian tongkol bumbu pedas yang punya cita rasa khas dan konon sulit ditemukan di tempat lain. Apalagi di sini tersedia kepiting dan rajungan bumbu pedas dengan harga terjangkau. Pilihan lauk lainnya ada lele, telur, sate-satean, cumi hitam, bandeng presto, dan peyek.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-08.jpg

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Petukangan No. 189, Ampel, Surabaya.

8. Nasi Babat Pegirian

Kalau kamu mau mencicipi nasi babat Surabaya di malam hari, harus cobain ke Nasi Babat Pegirian yang berlokasi di depan Pasar Pegirian kawasan Wisata Sunan Ampel. Isinya ada babat, usus, paru, telur bumbu bali, ikan tongkol, dan peyek. Rasa gurih asin dari lauk-pauknya akan semakin mantap disantap bersama nasi jagung khas Madura yang wangi.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-09.jpg

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Ps. Pegirian, Jl. Nyamplungan No.236, Ampel, Semampir, Surabaya.

9. Nasi Madura

Berikutnya ada Warung Nasi Madura di daerah Ampel yang bisa kamu kunjungi. Keunggulannya adalah bumbu khas Madura yang otentik dan meresap di masakan. Ada beberapa pilihan lauk yang bisa dicoba, mulai dari cumi hitam, tongkol, perkedel, telur, udang goreng dan babat sapi. Jangan lupa ditambah dengan sambal khas Madura yang pedas menggigit di lidah.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-10.jpg

Source: @laparlagimakanlagi

Alamat: Jl. KH Mas Mansyur No.139, Nyamplungan, Pabean Cantian, Kota Surabaya.

10. Sate Karak KSDP

Di Ampel juga ada kuliner unik yang hanya ada satu-satunya yakni Sate Karak. Sate ini terbuat dari bagian jeroan dan lemak sapi yang dibumbui khusus lalu dibakar hingga meresap. Uniknya lagi, sate ini disantap justru dengan ketan hitam yang ditaburi dengan bubuk parutan kelapa. Olahan sederhana ini hanya bisa ditemukan di Ampel dan disukai oleh masyarakat keturunan Arab yang ada di sana.kuliner-enak-di-ampel-surabaya-11.jpg

Source: @karaksatesuroboyo

Alamat: Jl. Ampel Lonceng No.60, Ampel, Semampir, Surabaya.

Itu dia pilihan kuliner enak di daerah Ampel Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Kawasan masyarakat Arab dan wisata religi ini juga menyimpan banyak spot kuliner yang enak dan khas. Kamu bisa memanjakan lidah dengan berbagai cita-rasa dari Timur Tengah hingga lokal khas Surabaya.

ALONESIA.COM – Surabaya terkenal dengan aneka kulinernya. Pecinta kuliner wajib mencoba kuliner khas Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya.

Ada berbagai makanan yang dijual disana namun hanya ada empat kuliner khas Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya yang wajib dicoba karena rasanya yang enak dan hanya ada di kawasan tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin mencicipi empat kuliner khas Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya ini bisa membelinya di pedagang yang ada di sepanjang jalan dari pintu masuk timur maupun di jalan KH Mas Mansyur.

Baca Juga: Jatuh Cinta Ternyata Punya Dampak yang Baik Bagi Kesehatan, lho! 

Kuliner Khas Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya yang Enak Ini Wajib Dicoba (instagram @aqishk)

Empat kuliner khas wisata religi sunan ampel surabaya yang enak ini wajib dicoba antara lain:

1. Nasi Kebuli

Nasi kebuli depot tujuh (instagram @depot_tujuh)

Nasi kebuli merupakan nasi khas Timur Tengah yang diolah dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Penyajiannya bisa dengan lauk daging kambing yang dipanggang atau dimasak krengsengan atau bisa juga dengan lauk daging ayam goreng.

BACA JUGA:   Museum seni rupa dan keramik adalah

Harga rata-rata dari nasi kebuli di kawasan Ampel adalah Rp35.000,00-Rp50.000,00.

Salah satu tempat yang menjual nasi kebuli adalah Depot Tujuh yang berada di Jl. KH Mas Mansyur. Selain menjual nasi kebuli, depot ini juga menjual aneka masakan lain.

Baca Juga: Mengenalkan Pengalaman Baru Bagi Anak-Anak di Kidzania, Banyak Wahana Edukasi yang Seru dan Menarik 

2. Lontong Gule Kacang Ijo

Menjelang Ramadan, kawasan Sunan Ampel di Surabaya selalu ramai pengunjung berziarah ke makam Sunan Ampel. Bagi yang belum tahu, Sunan Ampel adalah salah satu wali songo yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Makam blio ada di Jalan Nyamplungan, Surabaya. Kawasan makam tersebut kemudian didapuk oleh Pemkot Kota Surabaya sebagai kawasan wisata religi.

Ya namanya wisata religi, unsur wisatanya tetap masih kuat dan memberikan vibes seperti wisata pada umumnya. Dan ketika kita ngomongin tempat wisata, pasti kita kepikiran tentang kulinernya. Nah, kawasan Sunan Ampel punya kuliner yang ngetop.

Ada banyak kuliner yang bisa kalian santap di sini, namun saya akan merekomendasikan enam makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke kawasan Ampel. Sebab, makanan ini yang paling ngetop di antara yang paling ngetop. Waduh apa aja tuh?

#1 Pukis Arab

Jajanan satu ini spesial karena hanya dijual di kawasan Sunan Ampel dan hanya dijual saat bulan Ramadan. Dinamakan pukis Arab karena makanan tersebut dibuat oleh orang Arab yang ada di kawasan Sunan Ampel.

Pukis Arab terbuat dari adonan telur, gula, tepung terigu, dan santan. Adonan tersebut lalu dimasukkan ke dalam cetakan khusus yang mirip dengan cetakan pada kue lumpur dengan lubang cetakan yang cekung dan lebar. Pada tutup cetakan bagian atasnya diberi batu arang yang membara. Hasilnya, bentuk pukisnya bulat seperti bolu kukus, atasnya merekah berwarna kecoklatan.

Rasa pukis Arab ini manis dan gurih. Jika digigit, sekilas mirip dengan kue mangkok tapi teksturnya terasa lebih padat. Oia, pukis Arab ini jenis kuliner klasik, jadi nggak ada variasi topping, semuanya rasa orisinal. Berbeda dengan pukis Indonesia yang sudah dimodifikasi dengan aneka rasa dan topping.

Untuk harganya juga cukup terjangkau, satu pukis Arab dijual Rp5000 sampai Rp6000. Jika tertarik membeli, silahkan datang ke kawasan wisata religi Sunan Ampel. Semua penjual jajanan pasar di kawasan ini menjual pukis Arab saat bulan Ramadan. Tapi, karena penganan satu ini populer banget, usahakan beli sebelum jam lima sore agar tidak kehabisan. Umumnya pedagang kue di kawasan ini membuka dagangannya selepas Asar sampai menjelang magrib.

#2 Kambing oven dan nasi kebuli

Oleh karena kawasan Sunan Ampel berada di Kampung Arab, maka di sini akan kalian dapati banyak sekali restoran Arab. Rasa makanannya tentu masih otentik, sebab yang masak asli keturunan Arab.

Meskipun ada banyak makanan Arab di kawasan Sunan Ampel, tapi saya merekomendasikan satu makanan yang cocok untuk mayoritas lidah orang Indonesia yaitu kambing oven rica-rica yang dipadu dengan nasi kebuli.

Daging kambing yang dioven memiliki tekstur yang empuk. Jika dipadukan dengan sambal rica-rica yang pedas dan nasi kebuli yang gurih rasanya jadi pas dan enak banget. Yang spesial dari kambing oven di Ampel tuh bau dagingnya nggak menyengat, jadi orang yang biasanya nggak suka daging kambing karena bau, sepertinya akan suka makan kambing oven di sini.

Harga satu porsi kambing oven adalah Rp95 ribu. Tapi satu porsi ini bisa dimakan dua orang kok, karena porsinya jumbo. Sementara untuk harga nasi kebuli polosan adalah Rp20 ribu satu piringnya.

BACA JUGA:   Wisata adventure di jawa tengah

Meskipun banyak restoran Arab di kawasan Sunan Ampel tapi yang paling populer dan ngetop adalah Yaman Kuliner. Lokasinya berada di Jl KH Mas Mansyur no 92 Ampel. Restoran ini terkenal karena menjadi pelopor restoran Arab di daerah tersebut. Selain kambing oven, Yaman Kuliner juga menyediakan menu lain seperti gule kacang ijo, nasi kabsah, nasi mandhi, dan aneka olahan daging ayam.

#3 Kebab

Kebab adalah jajan yang harus kalian beli ketika ke kawasan Sunan Ampel. Lantaran daerah ini menjadi pusat penghasil kebab terenak di Surabaya. Apa pun merek kebabnya, meskipun dijual di pinggir jalan, rasanya nggak pernah gagal. Ibaratnya seperti bakso di Malang lah, hampir semuanya enak.

Meskipun semua kebab di Ampel enak, tapi ada satu kebab yang paling populer dan ikonik di kawasan ini, namanya kebab Syawarma Ampel. Kebab ini nggak buka cabang di mana pun dan selalu ramai pengunjung. Jam bukanya selepas Asar, tapi belum sampai Isya kebabnya sudah habis. Kebab di sini spesial karena dagingnya banyak dan empuk. Tekstur kulit kebabnya agak lembek tapi rasanya lembut dengan aroma daging panggang yang sedap.

Untuk harga satu porsi kebab di Syawarma Ampel yang original adalah Rp15.000. Jika mau tambahan topping, harganya menjadi Rp20.000. Harga tersebut terhitung murah bila dibandingkan dengan harga kebab Turki yang umumnya dijual di Surabaya. 

#4 Es permen karet

Salah satu minuman yang paling ikonik dan viral di kawasan religi Sunan Ampel adalah es permen karet. Meskipun belakangan bisnis es ini ditiru banyak orang di tempat lain, tapi yang pertama berjualan dan termasuk pelopornya adalah es permen karet Sunan Ampel yang resepnya turun temurun dari keluarga sejak 1986.

Es permen karet ini rasanya manis dengan aroma stroberi khas permen karet. Minuman ini dijual dengan harga Rp5 ribu saja dan bisa dibeli di Jalan Ampel Kembang. Tapi kalau ke sini, apalagi saat Ramadan, kalian harus kuat antri minimal 100 meter ya, karena es permen karet ini memang sangat laris dan cukup melegenda.

#5 Nasi campur Madura

Selain makanan khas Arab dan Timur Tengah, kawasan religi Sunan Ampel sangat identik dengan kuliner dari Madura. Salah satu yang paling populer adalah nasi campur Madura. Nasi campur Madura adalah nasi yang memiliki banyak lauk dan dicampur di atas piring saji. Bedanya nasi campur Madura dengan nasi campur pada umumnya ada pada isian dan lauknya. Dalam satu porsi nasi campur Madura ada cumi hitam pedas, paru goreng, mi kuning, serundeng kelapa dan sambal khas Madura.

Rasa nasi campur Madura ini pedas dan gurih, enak banget jika dipadukan dengan nasi hangat dan kerupuk. Jika kurang suka cumi hitam, lauknya bisa diganti ayam goreng atau udang. Tapi idealnya sih, namanya nasi campur Madura ya pakai cumi hitam. Harga satu porsi nasi campur Madura adalah Rp15 ribuan.

#6 Sate karak

Terakhir, ada sate karak. Ini adalah sate legendaris di Sunan Ampel tapi jarang diketahui bahkan oleh orang asli Surabaya. Sama seperti sate pada umumnya, sate karak terbuat dari daging sapi yang dibakar dan diberi bumbu. Yang unik dari sate karak, makannya tidak menggunakan nasi putih melainkan menggunakan ketan. Iya, kalian nggak salah dengar, ketan yang biasa kalian makan bersama sambel kacang kering dan taburan kelapa itu bila dikombinasikan dengan sate akan menciptakan rasa yang unik.

Harga satu porsi sate karak cukup terjangkau, hanya Rp13 ribu saja. Jika penasaran dengan sate karak, silahkan berkunjung di Jalan Lonceng, Sunan Ampel.

Itulah enam kuliner yang wajib kalian coba ketika sedang berada di Kawasan Sunan Ampel. Jika datang ke sini di bulan Ramadan, selain mempersiapkan hati yang bersih, membawa uang untuk jajan, jangan lupa mengumpulkan stok kesabaran, karena daerah ini sangat ramai saat bulan puasa.

Penulis: Tiara Uci
Editor: Rizky Prasetya

BACA JUGA Dear Fans Manchester United, Belajarlah dari Kesombongan Kalian Selama Ini

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Anda penulis Terminal Mojok? Silakan bergabung dengan Forum Mojok di sini.

Terakhir diperbarui pada 23 April 2022 oleh Rizky Prasetya

Also Read

Bagikan: