Kuliner favorit di halaman parkir mangkunegaran solo

Gundana

SOLOPOS.COM – Unggahan informasi mengenai festival kuliner favorit di parkiran Pura Mangkunegaran Solo. (Instagram @dinkopukmperinsurakarta)

Solopos.com, SOLO — Gojek didukung Pemkot Solo menyelenggarakan Festival Kuliner Favorit Solo di parkiran Pura Mangkunegaran selama tiga hari pada Jumat-Minggu (26-28/8/2022). Ada promo cashback Gopay hingga 40 persen saat pembelian berbagai produk kuliner di ajang tersebut.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo @dinkopukmperinsurakarta, Rabu (24/8/2022), akan ada lebih dari 35 jenis kuliner legendaris Kota Solo pada festival itu. Rangkaian festival termasuk lomba fotografi dengan hadiah Rp1 juta, pertunjukan tari tradisional, dan live music.

PromosiHarga Bekas Tak Pernah Anjlok, Mitsubishi L300 Jadi Idaman

Ada banyak kuliner terbaik di Solo yang bisa kalian temukan di sini. Nikmati juga cashback Gopay 40% untuk tiap transaksi di resto favorit kamu. Selain itu, kamu juga bisa dapetin Voucher Goride/Gocar yang bisa digunakan selama event berlangsung,” tulis keterangan pada unggahan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina, mengaku tidak mengetahui pasti jumlah pelaku UMKM atau mitra Gofood yang terlibat karena penyelenggara festival dalam hal ini adalah Gojek. Pemkot Solo hanya sebagai pendukung festival itu.

“Mereka mau menyelenggarakan itu ya kami dari Pemkot dukung. Silakan saja, semakin banyak ruang untuk pemberdayaan pengembanagn UMKM ya kami support,” katanya saat diwawancarai Solopos.com di Balai Kota Solo, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Selain Tengkleng, 20.000 Porsi Sambal Menanti di Festival Kuliner Solo

Ina, sapaan akrabnya mengatakan Dinkop UKM dan Perin Solo mendorong pelaku UMKM memanfaatkan sejumlah marketplace untuk memasarkan produk. Pelaku UMKM bisa memilih marketplace yang relevan dengan usahanya.

“Sekarang era digital, mereka harus bertransformasi. Offline-nya digarap, onlinenya juga iya,” ungkapnya. Berdasarkan catatan Solopos.com, masih pada Agustus, tepatnya 4-7 Agustus 2022 juga digelar festival kuliner bertajuk Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) di kawasan Benteng Vastenburg.

Dalam kegiatan itu, panitia mengangkat tema Pesona Citarasa Sambal. Ada 20.000 porsi sambal yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang mengunjungi festival tersebut. Selain itu juga disediakan 1.000 porsi tengkleng gratis.

Baca Juga: Selain Tengkleng, 20.000 Porsi Sambal Menanti di Festival Kuliner Solo

Pura Mangkunegaran

SOLO, MettaNEWS – Pihak penyelenggara pernikahan Kaesang Pangerep dengan Erina Gudono menyiapkan sedikitnya 15 kantong parkir untuk menampung kendaraan tamu Ngunduh Mantu putra bungsu Presiden RI Joko Widodo di Solo, Minggu 11 Desember 2022.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Al Qudussy mengatakan belasan kantong parkir ini memanfaatkan lahan bangunan strategis seperti sekolah.  Diperkirakan lahan parkir tersebut mampu menampung 2.470 kendaraan.

“Panitia sudah menyiapkan kantong parkir untuk para tamu undangan yang menghadiri perhelatan resepsi Kaesang dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran,” terangnya usai mengikuti rapat koordinasi di Balai Kota Solo, Senin (5/12/2022).

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Alun Alun Batu: Nikmati Kulineran di Tengah Kota

Adapun lokasi kantong parkir di antaranya, Halaman Pura Mangkunegaran, Radio PTPN, Aspol Beskalan, SD Beskalan, Pengadilan Negeri, Museum Radya Pustaka, halaman belakang Hotel Novotel, halaman Galabo dan halaman Bank Indonesia.

Selain itu ada pula, Kawasan SD Pangudi Luhur, Denpal, SD Marsudirini, Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan Solo yang diperuntukkan bagi tamu VIP.

“Bagi tamu undangan, mungkin bisa memahami hal tersebut. Kami ingin tidak terjadi kemacetan lalu lintas,” kata Iqbal.

Setelah memarkir kendaraan, lanjut Iqbal para tamu dijemput menggunakan bus, andong ataupun becak yang telah disiapkan untuk mengantar para tamu ini menuju Pura Mangkunegaran.

“Tapi, untuk becak dan andong jumlahnya masih didata. Sedangkan, untuk shuttle bus ada sebanyak 220 unit,” tukasnya.

KOMPAS.com – Wisata kuliner jadi agenda yang wajib saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Ada banyak kuliner legendaris di Surakarta, tak terkecuali soto.

Lima soto berikut punya banyak penggemar. Salah satu kedai soto bahkan lagganan Presiden RI Joko Widodo.

Berikut lima soto terkenal di Solo, Jawa Tengah, dirangkum dari TribunSolo.com:

1. Soto Ndelik

Soto Ndelik menjual soto sapi dan soto ayam. Menu khasnya ada pada soto tulang dengkul sapi dan soto tengkleng.

Baca juga: 15 Makanan Khas Solo yang Bisa Masuk Daftar Kulineranmu

Lokasi Soto Ndelik di Kenaiban, Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Lokasinya agak tersembunyi tetapi area makannya luas.

Tempat makan Soto Ndelik buka setiap hari, kecuali hari Senin. Pengunjung bisa datang setiap pukul 06.30 hingga 18.00 WIB.

2. Soto Gading

Soto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah.

KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA

Soto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah.

Soto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah.

Soto Gading merupakan soto langganan Jokowi saat pulang ke kampung halaman.

Nama Soto Gading berasal dari nama daerah tempat kedai tersebut berada yaitu di daerah Gading bagian selatan.

Ada dua varian soto yang ditawarkan, soto ayam dan soto daging sapi. Soto disajikan dengan kuah kaldu yang bening dan kental, ditambah daging yang empuk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Timlo Enak di Solo untuk Wisata Kuliner

Isian soto, ada bihun, suwiran daging ayam, irisan daun bawang, nasi dan jeruk nipis.

Kedai Soto Gading 1 beralamat di jalan Brigjen Sudiarto No.75, Surakarta, tidak jauh dari Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Solo.

Soto yang tidak pernah sepi pembeli ini buka setiap hari dari pukul 06.00-15.00 WIB.

3. Soto Triwindu

Soto Triwindu

KOMPAS.com/ROSIANA HARYANTI

Soto Triwindu

Soto Triwindu

Soto Triwindu juga merupakan salah satu soto kedai soto langganan Jokowi. Kedai soto legendaris ini sudah buka sejak tahun 1939.

BACA JUGA:   Tempat main anak di bogor 2022

Menurut salah satu pemilik Soto Triwindu, Wati, pelanggan soto ini berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, hingga Malaysia.

Selain soto, di tempat ini, pelanggan juga dapat menemukan aneka lauk-pauk khas seperti tempe daun, lentho, hingga mendoan.

Selain Presiden Jokowi dan keluarga, warung sederhana ini juga sering dikunjungi oleh para pesohor.

Seperti Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. 

Baca juga: 7 Tempat Makan Gudeg di Solo, Punya Penggemar Setia

Masih ada Mantan Menteri Penerangan era presiden Soeharto, Harmoko, hingga artis seperti Kaka Slank.

Alamat Soto Triwindu di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Buka setiap hari dari pukul 05.30-15.30 WIB.

4. Soto Seger Mbok Giyem

Kedai soto dari 1950 ini sukses membuka waralaba di penjuru Pulau Jawa.

Kedai soto ini terkenal dengan pilihan makanan pendamping yang banyak. Mulai dari gorengan, aneka soto, dan aneka camilan lainnya.

Ada tiga kedai Soto Seger Mbok Giyem di Solo, di Jalan RE Martadinata, Jalan Kapten Pierre Tendean, dan Jalan Honggowongso.

5. Soto Bati’ah

Soto Bati’ah menjual soto ayam, ceker, babat, koyor, daging, dan aneka lauk pauk yang banyak.

Kamu bisa menemukan beragam jerpan seperti limpa, lidah, babat, otak, dan masih banyak lagi. Menu yang beragam dan rempah yang terasa jadi keunggulan dari soto ini.

Baca juga: 6 Tempat Oleh-Oleh Khas Solo, Ada Serabi Notosuman dan Kue Mandarijn Orion

Soto Bati’ah beralamat di Jalan Samratulangi Nomor 33, Manahan, Solo.

Tempat makan ini buka setiap Senin hingga Sabtu. Buka dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul 5 Kuliner Soto Ini Wajib Dicoba Wisatawan Saat Berada di Solo, Salah Satunya Hidangan Favorit Jokowi,

https://solo.tribunnews.com/2021/05/11/5-kuliner-soto-ini-wajib-dicoba-wisatawan-saat-berada-di-solo-salah-satunya-hidangan-favorit-jokowi?page=all.   

Editor: Eka Fitriani

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Soloevent.id – Suka kulineran? Mungkin kamu bisa mampir ke The Park Mall Solo Baru. Di sana sedang ada The Park Culinary Festival.

Seperti biasanya, festival kuliner ini diadakan di area parkir selatan The Park Mall. Selain bisa dibawa pulang, kamu juga menikmati menu-menu pilihan di venue karena disediakan tempat duduk bagi pengunjung yang ingin dine in.

Ditemui Soloevent, Public Relation The Park Mall Solo Baru Christina Tri Mawarti mengatakan festival kuliner kali ini menghadirkan menu-menu kekinian yang banyak dicari oleh anak-anak muda. “Acara ini sudah diadakan kesebelas kali, kebanyakan tenant yang ikut ya yang sebelumnya sudah pernah ikut juga. Tema [kuliner] lebih ke kekinian, sih, bukan yang spesifik pada jenis makanan tertentu supaya para pengunjung bisa punya banyak pilihan menu,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Dekat Stasiun: Menikmati Kelezatan Makanan di Sekitar Perjalanan Anda

Ada 80 stan asal Solo, Yogyakarta, Semarang yang mengikuti The Park Culinary Festival #11. Menu-menu kekinian yang dihidangkan antara lain sate cumi bakar, rice bowl, kopi, salad dan masih banyak lagi. Harganya berkisar dari Rp25 ribu-Rp40 ribu. Asiknya lagi, event kuliner ini didukung juga oleh Go-Pay yang memberikan cashback sebesar 30% untuk masing-masing transkasi (maksimal Rp10 ribu.)

Christina menjelaskan The Park Culinary Festival #11 ini merupakan partisipasi The Park Mall Solo Baru dalam program Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) yang diadakan serentak di pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia selama bulan Oktober. Acara ini juga menjadi rangkaian ulang tahun keenam The Park Mall.

Mau ke sana? The Park Culinary Festival #11 diadakan selama sebelas hari, mulai 3-13 Oktober 2019.

Solo

Tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dimeriahkan dengan panggung hiburan rakyat. Ada sekitar 9 panggung di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Puro Mangkunegaran.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan panggung-panggung tersebut akan dimeriahkan oleh seniman-seniman lokal. Selain itu Erick menyebut, Kaesang juga akan membagikan makanan gratis.

“Lalu ada panggung-panggung hiburan rakyat, makanan Mas Kaesang yang enak itu juga ada,” kata Erick di Puro Mangkunegaran, Kamis (8/12/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk sembilan panggung akan dimeriahkan seniman lokal terutama masyarakat Solo. Selain itu ada kesenian tradisional juga yang akan menghibur masyarakat.

Untuk sembilan panggung tersebut di antaranya Loji Gandrung, depan Stadion R Maladi, Plaza Sriwedari, depan museum batik Danar Hadi, depan halte Timuran.

Di depan Bank CMB Niaga, di dekat KFC Ngarsopuro, depan Pasar Triwindu dan terakhir di Pamedan Mangkunegaran.

“Nggak ada artis, hanya masyarakat Solo. Dulu Farel nggak terkenal, mungkin nanti bisa terkenal,” ujarnya.

Sedangkan untuk pembagian makanan berada di dua titik yakni berada di tulisan I love Solo atau sekitar Sriwedari dan Ngarsopuro.

“Di tulisan i Love Solo di Sriwedari ada sekitar 8 ribu dan 8 tenda. Jenisnya Sang Pisang dan Mangkokku serta ada lainnya. Di Ngarsopuro juga ada satu tenda seribu makanan,” jelasnya.

Sementara itu, ketika ditanya soal antisipasinya terkait masyarakat yang berebut makanan, Erick yakin masyarakat Solo itu suka antre. Seperti diketahui acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina itu bertepatan dengan Car Free Day (CFD).

“Kalau rebutan bukan masyarakat Solo, masyarakat Solo itu ngantre betul nggak? Sudah gitu sampahnya dimasukkan trash bag, kalau bukan ya bukan orang Solo, harus ngantre buang sampah pada tempatnya, ya kan? Katanya mau jadi Kota Wisata,” pungkasnya.

Simak Video “

Erick Thohir Nilai Peluang Diusung Maju Pilpres dari Zulhas Hal Lumrah


[Gambas:Video 20detik]
(apl/ams)

Also Read

Bagikan: