Kuliner makanan bebek di surabaya

Gundana

KOMPAS.com - Kalau kamu sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi aneka kuliner di sana. Terutama, kuliner olahan bebek yang enak.

Ada 15 tempat makan bebek goreng terkenal di Surabaya yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut saat liburan.

Hidangan bebek gorengnya cukup bervariasi, ada yang menghadirkan serundeng, kremesan, bumbu kuning, atau bebek hitam.

Semua hidangan bebek goreng tersebut bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp 17.000. Simak rekomendasi kuliner Surabaya terkenal berikut ini.

Baca juga: 

1. Bebek Goreng Papin

Bebek Goreng Papin berlokasi di Jalan Pecindilan, Kapasari, Genteng, Surabaya. Buka dari pukul 17.00-20.00 WIB.

Ada aneka menu bebek goreng paha atau dada lengkap dengan nasi, dihargai mulai dari Rp 19.000.

Kamu juga bisa tambah kepala, ceker, brutu, rempelo hati, dan usus kepang dengan harga mulai dari Rp 3.500.

Selain bebek goreng, Bebek Goreng Papin juga menghadirkan menu ayam goreng bagian paha atau dada yang bisa dibeli dengan uang sebesar Rp 17.000. Lengkap dengan nasinya.

2. Bebek Goreng Palupi

Bebek Goreng Palupi merupakan tempat makan bebek legendaris di Surabaya yang sudah buka sejak 1996. Bebek goreng yang disajikan memiliki tekstur yang empuk dengan aroma harum.

Tak lupa, sajian bebek goreng ini disajikan dengan lalapan, sambal dari cabai dan tomat yang lezat, serta bumbu kuning yang menambah kenikmati sensasi makan bebek goreng.

Harga per porsi bebek goreng dengan nasi mulai dari Rp 24.000. Lokasi Bebek Goreng Palupi berada di Jalan Rungkut Asri Tengah Nomor 10, Rungkut Kidul, Rungkut. Buka dari pukul 13.00-21.00 WIB.

3. Bebek Goreng Purnama “Asli”

Di Surabaya, ada banyak sekali kedai bebek goreng pinggir jalan yang menyematkan kata purnama pada spanduk warungnya.

Namun, Bebek Goreng Purnama yang aslinya tidak pernah buka cabang, seperti dari spanduk warung bebek yang berlokasi di depan bekas Bioskop Purnama.

Tempat makan bebek legendaris di Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1997.

Kamu bisa menikmati satu porsi bebek goreng dengan nasi putih hangat, serundeng kelapa goreng, tahu, aneka jeroan goreng, lalapan, dan sambal yang bisa kamu ambil sesuai selera.

Harga untuk satu porsi menu bebek goreng sekitar Rp 24.000.

4. Bebek Goreng H.Slamet

Bebek Goreng H.Slamet berada di Jalan Darmo Permai Timur I Nomor 3, Sonokwijenan, Sukomanunggal. Buka dari pukul 10.00-20.30 WIB.

Tempat makan bebek goreng yang satu ini berpusat di kota Solo kemudian berkembang dan memiliki cabang ke beberapa kota besar Indonesia lainnya seperti Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Surabaya.

BACA JUGA:   Taman wisata villa duren

Bebek goreng di sini terkenal empuk dan dagingnya yang mudah lepas dari tulang. Harga per porsi menunya dihargai berbeda-beda. Mulai dari Rp 36.000-42.000 untuk menu bebek goreng bagian dada, paha, dan kriuk.

5. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay merupakan kuliner bebek khas Bangkalan, Madura.

Namun, kamu bisa menikmatinya di Surabaya. Salah satunya yang berlokasi di Ruko Grand Ahmad Yani Blok 151H, Jemur Wonosari, Wonocolo.

Kamu bisa menikmati sajian bebek goreng dengan sambal mangga muda yang pedas dan asam. Selain itu, ada remahan gorengan di atas bebeknya yang menambah sesansi makan yang renyah.

Harga per porsi menu bebek goreng di sini, dibanderol mulai dari Rp 24.000.

Baca juga:

 

6. Bebek Goreng HT

Bebek Goreng HT menawarkan menu bebek goreng dengan gorengan jeroan ayam yang bisa kamu nikmati. Selain itu, ada lalapan dan sambal yang menambah kenikmatan makan.

Buat kamu yang suka petai goreng, kamu bisa memesannya untuk melengkapi sajian makan.

Kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 30.000 untuk satu porsi nasi bebek paha atau dada. Lokasi Bebek Goreng HT berada di Jalan Karang Empat Besar Nomor 24, Ploso, Tambaksari, Surabaya. Buka dari pukul 15.30-21.00 WIB.

7. Bebek Goreng Harissa

Bebek Goreng Harissa berlokasi di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Nomor 487, Penjaringan Sari, Rungkut. Buka dari pukul 13.00-22.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati satu porsi bebek goreng dengan desain ruangan yang terbuat dari dinding bata ekspos.

Ada bebek goreng yang satu porsinya dihargai sebesar Rp 35.000. Kalau kamu ingin menu bebek dengan sambal hijau yang pedas juga ada. Harganya juga sama yaitu sebesar Rp 35.000.

Ada pun menu bebek dengan harga yang lebih murah yaitu nasi bebek mas bro dengan harga sekitar Rp 23.000.

8. Bebek Canggih

Bebek Canggih berlokasi di Jalan Bagong Ginayan IV Nomor 49, Ngagel, Wonokromo. Buka dari pukul 16.00-22.00 WIB.

Ada menu nasi bebek ungkep dengan bumbu yang terbuat dari rempah-rempah. Satu porsi menu bebek canggih dihargai sekitar Rp 27.000. Selain menu bebek goreng, ada menu ayam goreng dengan harga sekitar Rp 24.000.

9. Depot Pak Qomar (Bebek Goreng & Ayam Goreng)

Depot Pak Qomar berlokasi di Jalan Raya Lontar Nomor 1, Sambikerep, Surabaya. Buka dari pukul 10.00-18.30 WIB.

Ada menu paha bebek super dengan harga sekitar Rp 20.000. Selain paha, ada menu dada bebek super yang bisa kamu pesan.

Tempat makan bebek legendaris di Surabaya yang sudah buka sejak tahun 1996 ini memiliki cita rasa bumbu bebek yang tak berubah.

Bebek diolah dengan bumbu rahasia dan direbus selama dua jam hingga dagingnya empuk dan bumbu meresap.

10. Nasi Bebek Tugu Pahlawan

Nasi Bebek Tugu Pahlawan berlokasi tak jauh dari Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya. Ada menu paha, dada, protolan atau bagian daging yang terlepas saat proses memasak, dan jeroan.

BACA JUGA:   Cafe hits jogja tempat nongkrong asik

Tak lupa juga, ada sajian nasi hangat dan lalapan segar untuk menambah nikmat hidangan. Ada taburan kelapa sangrai atau serundeng yang disajikan di atas bebek.

Harga sepiring menu nasi bebek dengan minuman es jeruk dihargai sekitar Rp 30.000.

Baca juga:

 

11. Warung 75 Nasi Bebek Bu Nur

Warung 75 Nasi Bebek Bu Nur berlokasi di Jalan Ngagel Rejo Kidul Nomor 46, Wonokromo, Surabaya. Buka dari pukul 16.00-23.00 WIB.

Ada menu nasi bebek dada, nasi ayam dada dengan harga Rp 18.000. Selain potongan bebek atau ayam, kamu bisa membeli bebek dan ayam dalam satu ekor penuh.

Ada pun menu minuman yang bisa kamu pesan seperti es teh, teh hangat, es jeruk, jeruk hangat, dan es cao dari cincau hitam dengan sirup yang menyegarkan.

12. Bebek Goreng Cak Yudi

Bebek Goreng Cak Yudi berada di Jalan Tanjung Torawitan Nomor 29, Perak Barat, Krembangan. Buka dari pukul 15.00-18.30 WIB.

Ada menu nasi bebek dada dan nasi bebek paha yang bisa kamu nikmati dengan harga Rp 29.500. Selain bagain dada dan paha, kamu bisa menikmati ati dan kelapa bebek dengan harga mulai dari Rp 13.000.

13. Nasi Bebek Pak Sayeki

Nasi Bebek Pak Sayeki berlokasi di Jalan Dharmahusada Nomor 117-A, Mojo, Gubeng, Surabaya. Buka dari pukul 12.00-22.00 WIB.

Tempat makan bebek di Surabaya yang satu ini menghadirkan menu bebek hitam dengan harga sekitar Rp 19.000. Kalau kamu ingin tambah nasi putih, kamu perlu membayar lagi sebesar Rp 4.000.

14. Warung Bebek Purnama “P.Saridin”

Warung Bebek Purnama “P.Saridin” berlokasi di Jalan Dinoyo Nomor 22, Keputran, Tegalsari, Surabaya. Buka dari pukul 16.00-00.00 WIB.

Ada satu porsi nasi bebek goreng bagian paha atau dada super dengan harga Rp 24.000. Selain bebek, ada menu ayam goreng. Kamu juga bisa tambah menu lainnya seperti tahu dan tempe yang dibenderol sebesar Rp 4.000.

15. Bebek Hitam

Bebek Hitam bisa kamu nikmati di Jalan Klampis Ngasem Nomor 43, Sukolilo, Surabaya. Buka dari pukul 11.00-23.00 WIB.

Satu porsi bebek hitam dihargai sekitar Rp 21.000. Sementara untuk menu ayam hitam dihargai dengan harga yang sama. Kamu juga bisa memesan bumbu hitam sendiri dengan harga Rp 5.000.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Surabaya

BACA JUGA:   Kuliner tradisional di angkringan yogyakarta di kota cirebon

Berkunjung ke Surabaya tak lengkap rasanya jika tak mencicipi olahan bebek goreng. Bebek goreng enak bisa ditemui di warung kaki lima hingga restoran mewah.

Bebek di Surabaya biasanya digoreng dengan kering dan kriuk. Lalu ditambah serundeng kelapa yang digoreng kering hingga bumbu rempah khusus.

Olahan bebek ini semakin nikmat disantap dengan sambal terasi hingga sambal mangga muda atau pencit. Rasanya pun semakin mantap dimakan dengan nasi putih hangat dan lalapan timun, kol hingga kemangi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di Surabaya, tak susah menemukan warung bebek goreng dengan cita rasa maknyus. Ada sejumlah warung kaki lima yang bisa ditemui di sejumlah jalanan Kota Pahlawan.

Berikut rekomendasi 5 bebek goreng enak di Surabaya:

1. Bebek Purnama Asli
Bebek Purnama disebut telah berdiri sejak tahun 1992. Warung kaki lima ini berdiri di depan bangunan yang dulunya dikenal sebagai Bioskop Purnama, di Jalan Dinoyo Surabaya.

Jika ke Surabaya, masyarakat pasti banyak menemui warung bebek yang bertajuk Bebek Purnama. Padahal, sang pemilik mengklaim tak pernah membuka cabang. Bebek Purnama yang asli dan otentik hanya berada di sini.

Warung bebek ini juga tak pernah sepi pembeli. Yang membuat khas, yakni serundeng atau kelapa parut dibumbu rempah dan digoreng kering. Serundeng ini sangat pas dimakan bersama bebek goreng dan sambalnya yang pedas tapi bikin nagih.

2. Bebek Tugu Pahlawan
Jika mau mencicipi Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, pengunjung harus rela antre panjang dan berdesak-desakan. Namun, antrean yang mengular ini sepadan saat menyantap nasi bebek ini.

Kuliner kaki lima ini lokasinya berada di dekat Tugu Pahlawan Surabaya. Ukuran bebeknya pun besar-besar dan daging bebeknya empuk, namun rasanya gurih dan juicy.

Makanan ini sangat pas saat dinikmati bersama serundeng goreng hingga sambalnya yang pedas sedap. Pengunjung bebek di sini, dijamin pasti akan nambah!

3. Bebek Palupi
Bicara nasi bebek di Surabaya tak lengkap rasanya jika tak mencicipi Bebek Palupi. Apa lagi, bebek ini dilengkapi dengan bumbu rempah yang gurih dan maknyus.

Apa lagi sambalnya yang dibuat spesial, semakin menggoyang lidah dan rasanya ingin nambah. Bebek Palupi bisa ditemui di Rungkut Asri Tengah Surabaya. Tertarik ke sini?

4. Bebek Sinjay
Nama Bebek Sinjay sudah tak asing lagi di telinga para penikmat kuliner bebek Surabaya. Bebek Sinjay biasanya ada di Madura. Namun, kini bebek Sinjay telah membuka cabang di sejumlah lokasi di Surabaya.

Masyarakat Surabaya kini bisa menikmati bebek legendaris ini tanpa perlu menyeberang ke Madura. Apa lagi harus antre dan berdesak-desakan di sana.

Bebek Sinjay memiliki sambal yang berbeda dari bebek pada umumnya. Di sini, bebek goreng dinikmati dengan sambal pencit atau mangga muda. Rasa pedas sambal ditambah asamnya mangga, menambah sensasi nikmat dalam menyantap bebek.

5. Bebek H Wachid Hasyim
Bebek legendaris lainnya di Surabaya yakni Bebek H Wachid Hasyim yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari. Di sini bebeknya berukuran besar, digoreng garing dan dinikmati dengan sambal pedas.

Depot H Wachid juga memiliki kedai yang luas, bersih dan nyaman untuk didatangi bersama teman hingga keluarga. Selain bebek, di sini juga menyediakan ayam goreng, soto ayam, rawon, lele penyet, tempe penyet, nasi krawu, hingga bakso kotak.

Simak Video “

Bebek Goreng Lapis yang Renyah dan Gurih, Jakarta


[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)

Also Read

Bagikan: