Kuliner non halal di surabaya

Gundana

Mudah kok mencari pilihan kuliner Surabaya non Halal yang enak. Dari mulai restoran, warung makan, hingga kedai pinggir jalan. Pilihannya pun beragam dari hidangan ala Chinese, masakan khas Bali, Kupang, dan lainnya semua lengkap. 

Buat kamu yang lagi liburan di Kota Pahlawan, berikut ini pilihan kuliner Surabaya non Halal yang bikin nagih.

 1. Apeng Kwetiaw Medan

Penggila kuliner kwetiaw Chinese Food di Surabaya pasti mengenal restoran bernama Apeng Kwetiaw Medan. Restoran yang berada di kawasan Kedung Doro ini selalu ramai pengunjung dan harus siap dengan antreannya. Seperti namanya, sajian menu kwetiaw dan bakmi di sini bergaya Chinese-Medan yang khas.

Menu yang jadi favorit di sini adalah kwetiaw goreng dan kwetiaw siram yang super gurih serta porsinya banyak. Isiannya ada daging babi, lapciong (sosis babi), ayam, dan seafood. Selain kwetiaw, kamu bisa pesan bakmi goreng, mie keriting, pangsit kuah, dan nasi goreng lapciong.

Source: @foodpatrons

Alamat: Jl. Kedungdoro No. 267, Tegalsari, Surabaya.

2. Mie Hakka Surabaya

Kuliner bakmi di Surabaya non nalal lainnya ada Mie Hakka yang lokasinya ada di daerah Kalijudan. Tempat makannya sederhana seperti warung makan rumahan, tapi sajiannya lengkap dan banyak pilihan. Jenis mie yang digunakan bertipe mie kecil dan tipis seperti mie wantan di Malaysia atau Singapura.

Salah satu favorit di sini adalah menu mie Hakka babi hong, yang toppingnya irisan samcan yang dimasak dengan bumbu hong. Menu favorit lain ada mie tiga dewa yang isiannya babi asin, babi manis, dan ayam. Pilihan kudapannya ada kekian babi-udang, siomay rebus, dan pangsit kuah.

Source: @sbykulinerinfo

Alamat: Jl. Kalijudan Asri No. 4, Mulyorejo, Surabaya.

3. Mie Kembang Jepun

Daerah Kembang Jepun Kecamatan Pabean Cantian memang banyak terdapat kuliner Chinese non Halal di Surabaya. Salah satunya adalah rumah makan Mie Kembang Jepun ini yang tergolong legendaris sejak tahun 1960. Sesuai namanya, sajian makanan di sini memang spesialisasi di mie ala Chinese yang lezat.

Buka dari sore hingga malam, andalan di sini salah satunya adalah menu lomie yang berkuah kental dan gurih. Cobain juga menu kan pan mie berupa mie yang direbus dengan tambahan bumbu khusus dan irisan daging babi asin. Pilihan lainnya ada ja shio mie atau mie dengan topping chasiu babi.

Source: @miekj1960

Alamat: Jl. Kembang Jepun No. 48, Pabean Cantian, Surabaya.

4. Depot Bedjo

Di kawasan Dharmahusada, terdapat restoran Chinese keluarga bernama Depot Bedjo yang punya menu makanan enak. Tentu saja di sini menyediakan bermacam hidangan lezat Chinese food termasuk yang nonhalal. Sebagai restoran keluarga, tempatnya sendiri cukup besar dan luas.

Untuk menu sajian babi di sini, kamu wajib cobain variasi menu babi kecap yang nikmat. Pilihan daging babinya lengkap dari mulai daging, bagian kaki, telinga, hingga cingur babi. Selain itu ada menu baikut cah sayur asin, babi men tahu Jepang, dan bistik babi saus mentega.

Source: @sbyfoodie

Alamat: Jl. Dharmahusada No. 36C, Gubeng, Surabaya.

5. Bakwan Babi Lestari Jagalan Pojok

Kuliner nonhalal di Surabaya yang satu ini berupa tempat makan streetfood gerobakan. Namanya adalah Bakwan Babi Lestari yang menjual bakwan alias bakso kuah khas Surabaya namun menggunakan daging babi. Berjualan di daerah Jalan Pengampon, ciri-khas jualannya ada pada gerobaknya yang berwarna hijau.

Kuah kaldu babinya benar-benar strong dan berasa banget begitu kamu sruput ke dalam mulut. Isiannya dari mulai bakso, baikut alias iga babi yang dimasak kuah, dan bagian kulit yang empuk. Meskipun ini warung makan pinggir jalan, tapi dijamin rasanya “haujek” alias lezat.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jalan Pengampon, Bongkaran, Pabean Cantian, Bongkaran, Kota Surabaya.

6. Ote-Ote Porong Asli

Ote-ote menjadi makanan khas Jawa Timur dan Surabaya sebagai kudapan gurih lezat. Makanan ini adalah jenis jajanan gorengan seperti bakwan atau bala-bala jika di kota lain. Nah, salah satu penjual ote-ote yang paling terkenal di Surabaya adalah Ote-Ote Porong yang bahan isiannya non Halal.

BACA JUGA:   Wisata cijeungjing ciamis

Warung Ote-Ote Porong yang asli bisa kamu temui di kawasan Jalan Makam Peneleh, Genteng, Surabaya. Makanan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu dan telur, dengan isian daging, rumput laut, dan tiram. Isian dagingnya terdiri dari pilihan antara ayam maupun daging babi.

Source: @misshotrodqueen

Alamat: Jl. Peneleh No. 33, Genteng, Surabaya.

7. Bakcang Peneleh

Masih di kawasan Jalan Peneleh, terdapat penjual bakcang legendaris sejak 1992 namanya Bakcang Peneleh. Bakcang sendiri merupakan makanan khas masyarakat Tionghoa yang terbuat dari beras ketan yang diisi daging cincang. Selanjutnya isian ketan tersebut dibungkus daun bambu lalu dikukus hingga seperti lemper.

Di Bakcang Peneleh ini, semua proses pengolahannya benar-benar masih tradisional seperti zaman dulu. Resepnya pun dipertahankan secara turun-temurun selama tiga generasi. Untuk pilihannya ada bakcang babi ayam, bakcang babi ayam telur, dan bakcang babi spesial. Selain untuk kudapan, makanan ini juga sering jadi persembahan dalam ritual sembahyang masyarakat Tionghoa.

Source: @bakcangpeneleh92

Alamat:   Jl. Peneleh No. 92, Genteng, Surabaya.

8. Depot Jepun Bali

Kawasan Peneleh menyimpan kuliner Surabaya non halal lainnya, yaitu di Depot Jepun Bali. Di sini pastinya jadi pengobat rindu buat yang kangen sama kuliner babi guling (bigul) khas Pulau Dewata. Cita-rasa makanan di sini memang benar-benar seperti di Bali yang asli dan cukup otentik. 

Pilihan menu utama favoritnya adalah nasi bigul campur yang potongan daging babinya super banyak gak pelit dan kulitnya sangat crispy. Kamu juga bisa memesan sate babi yang potongan dagingnya cukup besar ditambah kerupuk kulit babi. Jika kamu ingin menu ayam, di sini juga ada nasi ayam betutu yang rempah-rempah Balinya kuat.

Source: @jackmagnifico

Alamat: Jl. Makam Peneleh No. 30, Genteng, Surabaya.

9. Depot Singaraja Pak Gede

Pilihan menikmati menu makanan khas Bali lainnya di daerah Peneleh adalah Depot Singaraja Pak Gede. Menu nasi campur babi dan nasi ayam betutu jadi pilihan menu unggulan di sini yang disukai pelanggan. Dengan harga yang cukup murah, kamu sudah bisa mendapatkan potongan daging babi yang banyak lengkap dengan samcan garing yang gurih.

Jika suka menu bakaran, di sini tersedia nasi sate babi yang aroma daging bakarannya sangat sedap menggugah selera. Selain itu menu nasi babi kecap di sini juga gak boleh dilewatkan karena dimasak dengan cukup empuk. Untuk nasinya, kamu bisa memilih mau menggunakan nasi putih atau nasi merah.

Source: @sbykulinerinfo

Alamat: Jl. Peneleh No. 132, Genteng, Surabaya.

10.  Depot Se’i Babi Aroma 

Pilihan kuliner Surabaya non halal terakhir yang bisa kamu coba ada di Depot Se’i Babi Aroma. Restoran ini merupakan cabang langsung dari yang ada di NTT, jadi soal keotentikan rasanya gak perlu diragukan lagi. 

Berbagai olahan daging babi khas NTT bisa kamu nikmati di sini dan tentu saja menu utamanya ada se’i babi. Dalam sepaket menu nasi se’i babi, kamu bisa mendapat potongan daging se’i yang besar-besar, sayuran hijau, dan sambal yang pedas. Selain se’i tersedia juga pilihan sate babi, rusuk babi, babi tore, dan sup brenebon yang gak kalah sedap.

Source: @seiaromakupang

Alamat: Jl. Raya Darmo Permai I No. 68, Dukuh Pakis, Surabaya.

Wah, lumayan banyak ya pilihan kuliner Surabaya yang non halal dan bikin nagih. Sebagai kota besar, Surabaya emang gak pernah kehabisan opsi kuliner lezat dari berbagai latar belakang budaya. Kamu penasaran mau nyobain yang mana dulu nih?

Kuliner non halal merupakan kategori kuliner yang mengandung unsur babi di dalam racikannya. Kuliner satu ini merupakan kuliner yang begitu digemari oleh hampir sebagian besar penduduk keturunan Tionghoa. Ada banyak sekali

lho

restoran non halal yang tersebar di Indonesia, salah satunya di Surabaya nih. Restoran non halal di Surabaya ini bisa kamu temui di salah satu pusat perbelanjaan tersohor di sana, yaitu Pakuwon Mall. Menu utama yang menjadi bintang di restoran non halal ini tentu saja adalah menu babi yang super maknyus, baik itu berupa sate babi, babi panggang, iga babi, maupun babi

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Bogor Kota Bogor Foto

crispy

yang diolah dengan berbagai saus dan juga sambal. Tak hanya menu babi saja ya yang bisa kamu nikmati di sini, karena restoran non halal di Surabaya ini juga memiliki aneka menu

Chinese food

lainnya yang bukan berbahan dasar babi.

Jadi, nggak perlu berlama-lama lagi, langsung aja yuk intip beberapa rekomendasi restoran non halal di Surabaya yang sudah PergiKuliner rangkum di bawah ini!

1. Depot Se’i Babi Aroma Kupang

Kuliner non halal Surabaya cukup mudah ditemukan dari mulai kedai makanan di pinggir jalan hingga gerai foodcourt di pusat-pusat perbelanjaan. Bahkan, ada yang berdiri sejak tahun 1931, lo! Di mana letaknya? Yuk, kita intip apa aja makanan non halal yang bisa kamu nikmati di Surabaya.

Photo source: Instagram/seiaromakupang

Se’i roma Kupang ini beneran cabang langsung dari yang ada di NTT, jadi soal rasa kayaknya nggak perlu diragukan lagi, ya. Rumah makannya berkonsep modern sehingga nyaman untuk makan. Selain nasi babi komplet, mereka juga punya sate babi yang besar-besar, tore babi, nasi goreng babi, dan sup brenebon khas NTT. Alamat:

  • Jl. Raya Darmo Permai I No.68, Pradahkalikendal, Dukuhpakis, Surabaya

2. Jack & John Kitchen

Se’i roma Kupang ini beneran cabang langsung dari yang ada di NTT, jadi soal rasa kayaknya nggak perlu diragukan lagi, ya. Rumah makannya berkonsep modern sehingga nyaman untuk makan. Selain nasi babi komplet, mereka juga punya sate babi yang besar-besar, tore babi, nasi goreng babi, dan sup brenebon khas NTT. Alamat:

 Photo source: Instagram/jacknjohnkitchen

Jack & John Kitchen berada di mall, membuatnya mudah untuk dicari terutama kalau kamu mau makan quick bites yang nggak pake lama. Mereka punya menu rice bowl yang praktis untuk dibawa. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah babi kriuknya, Nibblers. Pilihan sambalnya ada sambal korek, rica, dan sambal matah. Ada juga pilihan nasi rica a la Manado dan nasi khas Bali yang gurih banget. Alamat:

  • Pakuwon Mall, Pakuwon City Mall, GM3, GWalk
  • Darmo Permai I No. 60, Gunawangsa Merr

3. Bigul Ayu Komang

Jack & John Kitchen berada di mall, membuatnya mudah untuk dicari terutama kalau kamu mau makan quick bites yang nggak pake lama. Mereka punya menu rice bowl yang praktis untuk dibawa. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah babi kriuknya, Nibblers. Pilihan sambalnya ada sambal korek, rica, dan sambal matah. Ada juga pilihan nasi rica a la Manado dan nasi khas Bali yang gurih banget. Alamat:

Photo source: Instagram/bigulsby

Bigul alias

  • Jl. Karang 4 Besar 3, Surabaya
  • Ruko Villa Bukit Mas RO 02, Surabaya

4. Warung Larris

Bigul alias babi guling a la Bali memang punya cita rasa tersendiri. Berbentuk kedai sederhana, di sini kamu bisa memilih lauk seperti kalau makan di warteg karena semua tersedia siap di meja sajinya. Selain babi guling, ada lauk sate babi, sate lilit babi, sop babi guling, dan babi kriuk tentunya. Satu porsi isi semua? Tentu aja boleh! Alamat:

Photo source: Instagram/warunglarris

Kalau yang satu ini, spesialis

5. Chiang Kong

Kalau yang satu ini, spesialis US pork ribs alias iga babi dan sate babi. Warung Larris punya racikan bumbu bakar yang khas banget yang bikin banyak orang balik lagi ke sini. Kalau mau yang berkuah, mereka punya sop baikut dengan sayur asin yang seger banget. Selain itu, ada juga menu makanan yang nggak terlalu mengenyangkan seperti sosis babi dan kentang goreng homemade buatan Warung Larris. Alamat: Ruko Darmo Villa, Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 1, Pradahkalikendal, Dukuhpakis, Surabaya

Photo source: Instagram/chiangkong.sby

Mau coba yang berbeda? Chiang Kong punya menu babi hong yang berisi samcan dengan kuah gurih yang kental. Rumah makan chinese food ini memang punya menu yang cukup berbeda dari yang lain. Kamu bisa mencoba beberapa menu a la carte yang cocok banget buat makan ramai-ramai. Untuk sekadar camilan, coba juga udang ham yang mirip dengan bakso udang goreng dengan irisan ham di atasnya. Selain babi, mereka juga punya menu ayam dan tumisan, lo. Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No. 63A, Genteng, Surabaya

6. Nam Heong

Mau coba yang berbeda? Chiang Kong punya menu babi hong yang berisi samcan dengan kuah gurih yang kental. Rumah makan chinese food ini memang punya menu yang cukup berbeda dari yang lain. Kamu bisa mencoba beberapa menu a la carte yang cocok banget buat makan ramai-ramai. Untuk sekadar camilan, coba juga udang ham yang mirip dengan bakso udang goreng dengan irisan ham di atasnya. Selain babi, mereka juga punya menu ayam dan tumisan, lo. Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No. 63A, Genteng, Surabaya

BACA JUGA:   Festival kuliner di benteng vastenburg solo

Photo source: Instagram/namheongipoh.id

Nam Heong ini merupakan cabang dari Ipoh, Kuala Lumpur, yang emang udah legendaris di sana. Makanannya khas chinese dan peranakan sehingga membuat suasananya menjadi klasik. Mereka punya beberapa menu babi andalan seperti bubur babi asin, babi goreng crispy, pork chop, dan babi panggang. Seperti restoran pada umumnya, ada menu paket dengan nasi atau a la carte untuk kamu yang mau makan bareng temen atau keluarga. Alamat: Pakuwon Mall Level G

7. Bakwan Mulia

Nam Heong ini merupakan cabang dari Ipoh, Kuala Lumpur, yang emang udah legendaris di sana. Makanannya khas chinese dan peranakan sehingga membuat suasananya menjadi klasik. Mereka punya beberapa menu babi andalan seperti bubur babi asin, babi goreng crispy, pork chop, dan babi panggang. Seperti restoran pada umumnya, ada menu paket dengan nasi atau a la carte untuk kamu yang mau makan bareng temen atau keluarga. Alamat: Pakuwon Mall Level G

Photo source: Instagram/bakwanmuliasby

Bakwan di Surabaya bisa dibilang juga bakso kuah karena memang terdiri dari bakso babi dan pangsit dengan kuah kaldu yang gurih banget. Pangsitnya ada yang direbus bersama bakwan, ada juga yang digoreng garing. Selain makan di tempat, Bakwan Mulia Surabaya juga menerima pesanan untuk acara dan dalam jumlah besar, lo. Alamat:

: Jl. Darmo Permai Timur 6 No. 17A, Surabaya

8. Ai Doho

Bakwan di Surabaya bisa dibilang juga bakso kuah karena memang terdiri dari bakso babi dan pangsit dengan kuah kaldu yang gurih banget. Pangsitnya ada yang direbus bersama bakwan, ada juga yang digoreng garing. Selain makan di tempat, Bakwan Mulia Surabaya juga menerima pesanan untuk acara dan dalam jumlah besar, lo. Alamat:

Photo source: Instagram/aidoho

Makanan sederhana bisa jadi istimewa di Depot Ai Doho. Ada Nasi dengan telur goreng berisi ham babi yang crispy disajikan bersama sambal yang pedas di sini. Pelengkapnya ada kekian goreng yang nggak kalah nikmatnya serta bandeng goreng yang memang jadi spesialisasi Depot Ai Doho. Depot ini hanya buka dari siang hingga sore, jadi lebih cocok untuk brunch atau makan siang, ya. Alamat:

  • Jl. Doho No.9, Keputran, Surabaya
  • Jl. Raya Darmo Baru Barat 48, Surabaya

9. Bakwan Kapasari

Makanan sederhana bisa jadi istimewa di Depot Ai Doho. Ada Nasi dengan telur goreng berisi ham babi yang crispy disajikan bersama sambal yang pedas di sini. Pelengkapnya ada kekian goreng yang nggak kalah nikmatnya serta bandeng goreng yang memang jadi spesialisasi Depot Ai Doho. Depot ini hanya buka dari siang hingga sore, jadi lebih cocok untuk brunch atau makan siang, ya. Alamat:

Photo source: Instagram/bakwan_kapasari_surabaya

Bakwan Kapasari udah berdiri dari tahun 1931, membuat kuliner non halal Surabaya ini menjadi salah satu yang melegenda untuk urusan makanan berbahan dasar babi. Untuk isiannya, ada bakwan halus, bakwan kasar, tahu, dan siomay. Yang membuatnya istimewa, ada juga usus babi yang digoreng garing sehingga memberikan tekstur unik waktu dimakan bersama kuahnya yang gurih. Alamat:

  • Jl. Mayjend Sungkono 23, Surabaya
  • Jl. Ngagel Jaya Selatan, Ruko RMI C5, Surabaya

10. Sate Babi Glory

Bakwan Kapasari udah berdiri dari tahun 1931, membuat kuliner non halal Surabaya ini menjadi salah satu yang melegenda untuk urusan makanan berbahan dasar babi. Untuk isiannya, ada bakwan halus, bakwan kasar, tahu, dan siomay. Yang membuatnya istimewa, ada juga usus babi yang digoreng garing sehingga memberikan tekstur unik waktu dimakan bersama kuahnya yang gurih. Alamat:

Photo source: Instagram/glorysatebabi

Sesuai namanya, Sate Babi Glory punya menu sate yang enak banget karena dibakar di atas arang hingga matang, tapi nggak gosong sama sekali. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Menu lain yang ada di sini adalah baikut sayur asin dan babi kecap yang nggak kalah enaknya, Nibblers.

Alamat:  Jl. Ngagel Jaya Selatan 166, Surabaya Surabaya menjadi tempat yang

Alamat: Jl. Ngagel Jaya Selatan 166, Surabaya Surabaya menjadi tempat yang kaya akan kuliner karena perpaduan budayanya yang datang dari berbagai tempat. Kuliner non halal Surabaya dengan ciri khas Bali, chinese, atau NTT bisa kamu temukan di sini. Dengan banyaknya pilihan, jangan sampai bingung mau ke mana dulu, ya. Kalau nggak sempat mengunjungi, kamu bisa cari tempat kuliner terdekat dan memesannya secara online. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan: