Kuliner soto ayam di surabaya

Gundana

Surabaya

Soto menjadi kuliner favorit sebagian masyarakat Jawa Timur. Sebab, hampir tiap daerah memiliki soto khasnya masing-masing. Kuliner ini mudah ditemukan di Surabaya.

Cita rasa kuah soto kuning yang gurih dengan isian ayam atau daging membuat lidah bergoyang saat menyantapnya. Saat membayangkannya, baiknya Anda segera mencari warung atau rumah makan yang menawarkan semangkuk soto.

Tidaklah sulit menemukan kuliner ini di kota pahlawan. Berikut rekomendasi warung soto legendaris di Surabaya.

1. Soto Cak Har

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rumah makan ini sudah dikenal oleh warga asli maupun luar Kota Surabaya. Sebab, Warung soto Cak Har ini sangat legendaris hingga memiliki 2 cabang di Surabaya. Yakni Kawasan MERR II di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno dan Jalan Arief Rahman Hakim, Keputih.

Soto Cak Har menyajikan semangkuk soto khas Lamongan dengan nasi dan suwiran daging ayam. Anda juga bisa menambahkan jerohan ayam dalam seporsi soto itu.

Topping bubuk koya menjadi ciri khas di Soto Cak Har ini. Terlebih, pelanggan dapat menambahkan bubuk koya sepuasnya.

2. Soto Ayam Cak To

Warung soto ayam Cak To juga memiliki 2 cabang di Surabaya. Yakni Jalan Undaan Wetan No 10 dan Jalan Gubeng Kertajaya V Raya No 19.

Soto di warung Cak To ini merupakan soto khas Lamongan yang diracik dengan isian bihun, tauge, dan suwiran daging ayam. Kuah soto di warung ini dikenal kental dan memiliki cita rasa bumbu yang khas.

3. Soto Gubeng Pojok

Warung soto khas Madura ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1947. Pemiliknya pun berdarah Madura. Lokasi warungnya berada di dekat Stasiun Gubeng, Surabaya, tepatnya di Jalan Kusuma Bangsa No. 30, Genteng.

Soto di warung ini menggunakan isian daging sapi. Selain soto daging, ada juga variasi menu soto lain seperti soto buntut, soto ati otak, dan soto daging campur telur.

4. Soto Ambengan Pak Sadi

Soto ayam di warung ini juga dikenal sangat lezat. Terlebih, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1960an, bahkan sudah memiliki cabang di Jakarta. Saat di Surabaya, Anda bisa menemukan warung ini di Jalan Ambengan No. 2, Ketabang.

Semangkuk soto Pak Sadi ini terdiri dari suwiran daging ayam, telur, bihun, dan kol yang diguyur kuah kuning yang gurih. Selain soto ayam, ada juga soto ati ampela dan soto telur yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba.

5. Soto Ayam Pak Djayus

Soto Pak Djayus juga tak kalah legendaris. Sebab, warung ini berdiri sejak tahun 1984. Lokasinya berada di Jalan Manyar No. 81, Sukolilo.

Sajian soto ayam di warung ini menggunakan daging ayam kampung. Tidak hanya itu, kuah sotonya dikenal gurih karena berbahan air rebusan ayam dan penyedap rasa yang terbuat dari udang. Soto ini dapat dinikmati dengan lontong atau nasi.

Simak Video “

Bikin Laper: Rekomendasi Kuliner Serba Cabai di Surabaya


[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)

KOMPAS.com – Di Surabaya, ada banyak kuliner khas daerah lain yang bisa kamu coba. Salah satunya, soto lamongan.

Kompas.com merangkum beberapa tempat makan soto lamongan di Surabaya dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga:

Catat nama dan lokasi kedai soto lamongan berikut ini.

1. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har yang cukup tersohor di Surabaya, Kamis (6/4/2018).

KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA

BACA JUGA:   Wisata daerah cirebon

Soto Lamongan Cak Har yang cukup tersohor di Surabaya, Kamis (6/4/2018).

Soto Lamongan Cak Har yang cukup tersohor di Surabaya, Kamis (6/4/2018).

Soto lamongan terkenal enak di Surabaya yang pertama adalah Soto Ayam Lamongan Cak HAR. Lokasinya berada di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Kota Surabaya. Buka dari pukul 06.00-02.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati soto lamongan dengan kuah gurih dengan isian suwiran daging ayam, kulit, dan jeroan. Harga per mangkuk soto lamongan sekitar Rp 18.000.

Kamu bisa tambah koya, ayam, dan ampela dengan harga mulai dari Rp 5.000.

2. Soto Ayam Lamongan Cak Kan

Soto Ayam Lamongan Cak Kan berlokasi di Jalan Raya Prapen, Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya. Buka dari pukul 08.00-00.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati semangkuk soto lamongan dengan suwiran daging ayam yang melimpah. Ada irisan telur rebus yang menambah nikmat sajian.

Harga per mangkuk soto lamongan dibanderol sekitar Rp 15.000.

3. Soto Ayam Lamongan “Cak No”

Sedang berada di daerah Kampus Unair? Kamu bisa mampir ke Soto Ayam Lamongan “Cak No”.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Dharmawangsa Nomor 59, Airlangga, Gubeng, Kota Surabaya. Buka dari pukul 07.00-02.00 WIB.

Menu soto yang bisa kamu pesan, di antaranya, soto ayam biasa, soto jeroan, dan soto pisah dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 18.000.

Baca juga: 7 Tahu Tek Enak di Surabaya, Otentik Rasanya dan Murah Harganya

 

4. Soto Ayam Lamongan Cak To

Salah satu kedai Soto Ayam Lamongan Cak To yang bisa kamu kunjungi berada di Jalan Undaan Wetan Nomor 10. Buka dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Tempat makan soto lamongan di Surabaya ini juga bisa kamu jadikan tempat sarapan mengenyangkan dengan harga murah. Satu porsi soto lamongan dibanderol sekitar Rp 20.000.

Spesialnya, kamu bisa ambil koya sepuasnya di sini.

Baca juga: 8 Rujak Cingur Enak di Surabaya buat yang Bosan Makanan Bersantan

5. Soto Ayam Kampung Pak Djayus

Soto Ayam Kampung Pak Djayus berlokasi di Jalan Raya Manyar Nomor 81, Menur Pumpungan, Sukolilo, Kota Surabaya. Buka dari pukul 06.00-22.30 WIB.

Ada aneka menu soto seperti soto ayam, soto ayam jerohan, soto ayam burutu, dan soto ayam telur muda dengan harga mulai dari Rp 20.000-Rp30.000.

Selain soto lamongan, kamu bisa menikmati aneka sajian lainnya seperti asem-asem iga, sop buntut, dan ayam goreng kampung.

6. Soto Ayam Cak Pardi

Soto Ayam Cak Pardi tidak hanya menjual soto lamongan saja, tetapi juga menjual soto daging.

Sajian soto ayamnya bisa kamu nikmati dengan harga Rp 13.000 per mangkuk. Di sini, menyajikan koya melimpah sebagai penyedap kuah soto yang mantab.

Lokasi Soto Ayam Cak Pardi Jalan Embong Malang Nomor 20, Genteng, Kota Surabaya. Buka dari pukul 06.00-14.30 WIB.

Baca juga: 15 Tempat Makan Mie Ayam di Surabaya, dari Topping Bakso sampai Babat

7. Soto Lamongan Pak Waris

Soto Lamongan Pak Waris berlokasi di Jalan Kedung Cowek Nomor 53, Gading, Tambaksari, Kota Surabaya. Buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Kamu bisa menikmati satu porsi soto dengan irisan kulit ayam, telur ayam, kubis, bihun, dan koya dengan harga sekitar Rp 23.000. Pesan es jeruk untuk melengkapi kenikmatan dan kesegaran kuah soto lamongan.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

BACA JUGA:   Keunikan rumah adat kasepuhan cirebon

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Surabaya

Kuliner Surabaya sangat beragam, salah satu yang bisa jadi pilihan adalah soto ayam. Sederet warung terkenal ini menjual soto ayam dengan kelebihannya masing-masing. Penasaran? simak 7 soto ayam terkenal di Surabaya:

1. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Siapa yang tak kenal soto ayam legendaris ini? Soto Ayam Lamongan Cak Har berdiri sejak tahun 1992 dan memiliki dua cabang, yaitu di Jalan Arief Rahman Hakim Nomor 6 dan Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No.220 Surabaya.

Soto ayam ini memiliki porsi yang melimpah, ditambah koya dan balungan yang muprul, sungguh kenikmatan yang maksimal. Anda juga bisa request bagian ayam favorit seperti uritan, kulit hingga paha. Tunggu apalagi, yuk cobain. Soto ayam ini buka dari jam 6 pagi, rek.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

2. Soto Ambengan Pak Sadi

Soto satu ini pernah menuai prestasi sebagai jajanan kaki lima (street food) terbaik di dunia versi World Street Food Congress 2013. Suwiran ayam kampung, lengkap dengan suun, irisan telur rebus, dan seledri, dipadu kuah kuning pekatnya siap mengguyur di atas tumpukan ayam. Hmm sedap!

Tak lupa, ada bubuk koya yang bertabur di atas soto. Rasanya gurih dan nikmat banget! Alamatnya di Jalan Ambengan No. 3A, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya. Warung soto ini buka dari jam 7 pagi sampai malam hari.

3. Soto Ayam Hartono

Soto ayam satu ini identik dengan keripik kentang sebagai topping. Cabangnya ada di Wonokromo dan Bubutan. Soto Ayam Hartono memiliki warna yang cukup kuning. Irisan telur, suun, koya, sambal, dan jeruk juga turut memenuhi seisi mangkok. Yuk cobain langsung kenikmatan soto ini. Buka dari jam 8 pagi hingga malam hari.

Ada Soto Ayam Pak Djayus hingga Soto Cak To Undaan, di halaman selanjutnya!

Halaman

1 2 Selanjutnya Jakarta – Mencari soto di Surabaya bukanlah hal sulit. Banyak kedai soto legendaris yang menawarkan semangkuk soto hangat berkuah gurih.

Soto khas Surabaya terkenal dengan isian daging ayam lembut yang diguyur kuah kaldu berwarna kuning. Kalau mencari kedai soto legendaris coba sambangi 5 warung di Surabaya ini.

1. Soto Ayam Cak To
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Warung soto Cak To memiliki dua cabang di Surabaya namun keduanya memiliki soto dengan citarasa dan kelezatan yang sama. Cak To meracik semangkuk soto dengan isian bihun, tauge dan ayam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Soto Ayam Cak To
JL. Undaan Wetan No.10
Jl. Gubeng Kertajaya V Raya, No. 19
Surabaya, Jawa Timur

Baca juga :

2. Soto Gubeng Pojok
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Soto yang satu ini sudah ada sejak tahun 1947. Pemiliknya adalah pria berdarah Madura yang membuka usaha soto dekat stasiun Gubeng, Surabaya. Meskipun sudah puluhan tahun, soto gubeng masih terus eksis hingga saat ini.

Menu andalannya adalah soto daging namun Anda bisa memilih beragam menu soto mulai dari soto buntut, soto ati otak hingga soto campur plus telur.

Soto Gubeng Pojok
Jl. Kusuma Bangsa No. 30
Genteng, Surabaya
Jawa Timur

3. Soto Cak Har
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Soto Cak Har ini adalah sajian soto khas Lamongan. Semangkuk soto Cak Har tersaji dalam porsi yang cukup besar jadi cukup mengenyangkan, apalagi kalau ditambah nasi putih.

Ciri khas soto di kedai ini adalah penggunaan bubuk koya yang membuat kuah soto semakin gurih dan kental. Apalagi bubuk koya ini bisa ditambahkan sepuasnya.

BACA JUGA:   Tempat Kuliner Cibadak Bandung: Nikmati Lezatnya Makanan di Sini!

Soto Cak Har
Kawasan MERR II
Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya
Jawa Timur

4. Soto Ayam Pak Djayus
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Pak Djayus sudah mulai berjualan soto sejak tahun 1984 dan hingga kini racikan sotonya makin disukai banyak orang. Kelezatan soto ini terletak pada penggunaan ayam kampung sebagai bahan baku soto.

Selain dari air rebusan ayam, kuah soto semakin gurih karena ditambahkan penyedap yang terbuat dari udang. Soto ini bisa dinikmati dengan nasi ataupun lontong. Jangan lupa tambah telur supaya rasanya makin mantap.

Soto Ayam Pak Djayus
Jl. Manyar No. 81, Sukolilo
Surabaya, Jawa Timur

Baca juga :

5. Soto Ambengan Pak Sadi
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: detikfood

Foto: detikfood

Soto ayam racikan Pak Sadi ini memang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Di Surabaya, soto ini sudah eksis sejak 1960-an. Kini kedai soto Pak Sadi bahkan sudah ada di Jakarta.

Semangkuk soto Pak Sadi ini berisi daging ayam, telur, bihun, kol yang diguyur kaldu ayam gurih. Makin enak lagi dengan tambahan koya gurih. Jangan lewatkan juga soto ati ampela dan soto telurnya.

Soto Ambengan Pak Sadi
Jl. Ambengan No. 2
Ketabang, Genteng, Surabaya
Jawa Timur (dvs/odi)

– Mencari soto di Surabaya bukanlah hal sulit. Banyak kedai soto legendaris yang menawarkan semangkuk soto hangat berkuah gurih.Soto khas Surabaya terkenal dengan isian daging ayam lembut yang diguyur kuah kaldu berwarna kuning. Kalau mencari kedai soto legendaris coba sambangi 5 warung di Surabaya ini.1. Soto Ayam Cak ToWarung soto Cak To memiliki dua cabang di Surabaya namun keduanya memiliki soto dengan citarasa dan kelezatan yang sama. Cak To meracik semangkuk soto dengan isian bihun, tauge dan ayam.Kuah soto yang kental dan kaya bumbu menjadikan kedai soto ini tak pernah sepi diantre pembeli. Soto ini bisa dinikmati pagi hingga sore hari. Siap-siap antre saat ingin menjajal kelezatannya.Soto Ayam Cak ToJL. Undaan Wetan No.10Jl. Gubeng Kertajaya V Raya, No. 19Surabaya, Jawa TimurBaca juga : Sluurp, Gurih Hangat Soto Ayam Surabaya Racikan Cak No 2. Soto Gubeng PojokSoto yang satu ini sudah ada sejak tahun 1947. Pemiliknya adalah pria berdarah Madura yang membuka usaha soto dekat stasiun Gubeng, Surabaya. Meskipun sudah puluhan tahun, soto gubeng masih terus eksis hingga saat ini.Menu andalannya adalah soto daging namun Anda bisa memilih beragam menu soto mulai dari soto buntut, soto ati otak hingga soto campur plus telur.Soto Gubeng PojokJl. Kusuma Bangsa No. 30Genteng, SurabayaJawa Timur3. Soto Cak HarSoto Cak Har ini adalah sajian soto khas Lamongan. Semangkuk soto Cak Har tersaji dalam porsi yang cukup besar jadi cukup mengenyangkan, apalagi kalau ditambah nasi putih.Ciri khas soto di kedai ini adalah penggunaan bubuk koya yang membuat kuah soto semakin gurih dan kental. Apalagi bubuk koya ini bisa ditambahkan sepuasnya.Soto Cak HarKawasan MERR IIJl. Dr. Ir. H. Soekarno, SurabayaJawa Timur4. Soto Ayam Pak DjayusPak Djayus sudah mulai berjualan soto sejak tahun 1984 dan hingga kini racikan sotonya makin disukai banyak orang. Kelezatan soto ini terletak pada penggunaan ayam kampung sebagai bahan baku soto.Selain dari air rebusan ayam, kuah soto semakin gurih karena ditambahkan penyedap yang terbuat dari udang. Soto ini bisa dinikmati dengan nasi ataupun lontong. Jangan lupa tambah telur supaya rasanya makin mantap.Soto Ayam Pak DjayusJl. Manyar No. 81, SukoliloSurabaya, Jawa TimurBaca juga : Dari Pikulan, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Jadi Soto Legendaris Indonesia 5. Soto Ambengan Pak SadiSoto ayam racikan Pak Sadi ini memang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Di Surabaya, soto ini sudah eksis sejak 1960-an. Kini kedai soto Pak Sadi bahkan sudah ada di Jakarta.Semangkuk soto Pak Sadi ini berisi daging ayam, telur, bihun, kol yang diguyur kaldu ayam gurih. Makin enak lagi dengan tambahan koya gurih. Jangan lewatkan juga soto ati ampela dan soto telurnya.Soto Ambengan Pak SadiJl. Ambengan No. 2Ketabang, Genteng, SurabayaJawa Timur

Also Read

Bagikan: