Kuliner tengah malam di kota solo

Posted on

JAKARTA,KOMPAS.com – Kuliner malam di Solo, Jawa Tengah ada banyak pilihan.  Kamu bisa menikmati gudeg, nasi liwet, susu sapi murni, dan angkringan. 

Baca juga: 8 Kuliner Malam di Semarang, Bisa Bungkus untuk Makan di Rumah

Tempat makan di Solo ini juga terkenal dengan harga terjangkau, karena rata-rata adalah warung tenda kaki lima.

Simak tempat makan yang buka sampai malam di Solo, cocok untuk wisata kuliner.  

1. Gudeg Cakar Mergoyudan

Gudeg atau sayur nangka khas Solo ini memang ‘ngangeni’.  Salah satu penjual gudeg yang khusus berjualan tengah malam sampai dini hari adalah Gudeg Cakar Mergoyudan.

Baca juga: Itinerary Wisata Virtual Yogyakarta, Keliling Kota Gudeg dari Gawai atau Latop

Gudeg Cakar Mergoyudan disajikan dengan nasi gurih, gudeg nangka, ayam kampung, sambal krecek, bersama kuah kaldu dan santannya.  Nasinya terlihat berwarna putih berbumbu dari resapan bumbu dan santan menyatu di dalamnya.

Tak heran, nasi gurih tersebut dimasak dengan cara liwet ini memang terasa gurih.

Gudegnya memiliki rasa yang manis, lalu berpadu dengan sambal krecek pedas, ayam kampung, telor bacem dan ceker yang menambah cita rasa gurih. 

Gudeg ini berlokasi di Jalan Monginsidi, Mergoyudan, Surakarta, tepat di depan Gereja Kristen Jawa dan SMA Negeri 1 Surakarta.

Alamatnya di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 41-43, Setabelan. Gudeg Cakar buka mulai buka pukul 02.00 dini hari sampai habis.

2. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia

Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.

Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.

Kalau ke Solo jangan lewatkan hidangan satu ini, nasi liwet menjadi santapan khas Solo yang wajib diincipi.

Nasi liwet merupakan sajian dari nasi gurih, ada yang menjajakannya untuk sarapan tapi ada  untuk makan malam.

Baca juga: Intip 8 Kuliner Solo Langganan Jokowi

Salah satunya yang tak pernah sepi ialah di Nasi Liwet Bu Sarmi. Nasi liwet ini buka pukul 18.00 sampai 00.00 WIB malam.

Nasi liwet ini terletak di di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, kawasan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Nasi liwet terdiri dari nasi gurih, yang disajikan dengan opor ayam, lalu ditambah dengan sayur labu siam sedikit pedas, areh atau bubur lembut yang terbuat dari santan. 

Beda dnegan gudeg yang punya cita rasa manis, nasi liwet terbilang gurih. Sebab nasi sudah ditanak bersama santan lalu dipadukan dengan lauk yang juga dimasak dengan campuran santan.

Nasi liwet cocok disantap dengan jeroan ayam seperti usus, ati ampela, jantung ayam dan ceker.

3. Susu Shi Jack

Jack Rudy, sajian susu murni dicampur sirop cokelat dan jahe dari Shi Jack, Solo.

Silvita Agmasari

Jack Rudy, sajian susu murni dicampur sirop cokelat dan jahe dari Shi Jack, Solo.

Jack Rudy, sajian susu murni dicampur sirop cokelat dan jahe dari Shi Jack, Solo.

Kalau kamu enggan makan makanan berat, Susu Segar Shi Jack cocok bagi kamu yang hanya ingin ngemil.

Baca juga: Tahok Khas Solo Mulai Langka, Bikin Sendiri di Rumah dengan Cara Ini…

Susu segar asli Kota Boyolali dikirim langsung dan disajikan di Solo.

Banyak cabang Susu Segar Shi Jack tersebar di Kota Solo berupa tenda sederhana. Namun yang paling lengkap dan ramai salah satunya di daerah Lojiwetan. Tepatnya di Jalan Kapten Mulyadi Nomor 182a, Ps. Kliwon, Solo.

Walaupun semua cabang rasanya sama, di Susu Segar Shi Jack Lojiwetan ini varian susunya selalu paling lengkap.

Selain susu segar, Shi Jack juga menghadirkan beragam nasi dengan porsi kecil atau orang sekitar menyebutnya nasi kucing.

Baca juga: 5 Resep Viral Kekinian di TikTok, dari Pie Susu Teflon sampai Nasi Liwet KFC

 

Ada juga roti bakar, aneka sate-satean dari ampela, ati, telur puyuh, kulit ayam, dan lemak sapi.

Varian rasa susu terdapat rasa strawberri, cokelat, madu, melon, oreo, mocca hingga green tea.

Harga susu berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Varian susu juga bisa dicampurkan oleh jahe supaya menghangatkan badan.

4. Gudeg Ceker Bu Wiryo

Gudeg Pawon.

JAJANJOGJA.COM

Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon.

Selain Gudeng Cakar Mergoyudan, Gudeg Ceker Bu Wiryo juga buka dari malam hingga pagi dini hari. Gudeg Ceker Bu Wiryo berada di Jalan Teuku Umar Nomor 3, Banjarsari, Surakarta. 

Baca juga: 5 Kafe Instagenic di Solo, Sekitar Pasar Gede

Hidangan yang disediakan ada nasi gudeg ayam opor atau nasi gudeg sambel goreng plus ayam goreng. Ada juga nasi gudeg suwir ayam dengan tambahan telur atau nasi gudeg opor.

Selain sajian gudeg, Gudeg Ceker Bu Wiryo juga menyediakan sajian lontong opor, ceker asem asem, dan ceker opor.

Harga rata-rata sajian Gudeg Ceker Bu Wiryo berkisar Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Gudeg Ceker Bu Wiryo buka dari pukul 00.00 hingga pukul 04.00 WIB.

5. Cafe Tiga Tjeret

Ilustrasi minuman herbal khas Indonesia.

SHUTTERSTOCK/MENIGA.ID

Ilustrasi minuman herbal khas Indonesia.

Ilustrasi minuman herbal khas Indonesia.

Kamu yang kangen angkringan dan menyantap nasi kucing, bisa memesan aneka nasi dan wedang di Cafe Tiga Tjeret.

Baca juga: Cara Membuat Wedang Uwuh, Minuman Sampah yang Menghangatkan Tubuh

Cafe Tiga Tjeret menyediakan makanan dari jadah bakar, aneka sate, martabak, prastel, lumpia semarang dan masih banyak lagi.

Lalu juga ada nasi teri, nasi oseng kikil, nasi rica bebek hingga nasi oseng granat.

Minuman yang disajian ada wedang, jus, susu, aneka racikan teh hingga Rootbeer Kampul. Harga rata-rata Cafe Tiga Tjeret sangat ramah dikantong yaitu kisaran Rp 3.000 hingga Rp 12.000.

Cafe Tiga Tjeret berada di Jalan Ronggowarsito Nomor 97, Banjarsari, Surakarta dan buka dari pukul 11.00 hingga 23.30 WIB. 

6.  Sate Buntel Tambak Segaran

Sate buntel khas Solo.

KOMPAS.COM/M Wismabrata

Sate buntel khas Solo.

Sate buntel khas Solo.

Kuliner malam yang satu ini cocok buat kamu para pecinta daging kambing. Sate buntel merupakan salah satu hidangan khas Solo yang unik.

Sate dibuntel atau dibungkus usus dengan isian daging kambing cincang.

Baca juga: Cerita Penjual Sate Kere Langganan Jokowi di Solo

Lokasi warung sate ini cukup strategis yaitu di Jalan Sutan Syahrir Nomor 149, Setabelan. Harga satu porsi sate buntel adalah Rp 55.000.

Selain sate buntel, Sate Buntel Tambak Segaran juga menghadirkan sajian olahan kambing lainnya seperti Gule Sum Sum, Nasi Goreng Kambing, Tongseng Daging Giling. Harganya berkisar Rp 45.000 hingga Rp 55.000.  

Rumah makan sate ini dibuka mulai jam 12.00 hingga jam 22.00 WIB.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

TERDAPAT 10 kuliner malam Solo yang wajib dikunjungi. Kuliner menjadi salah satu bagian yang tak boleh ditinggalkan saat berkunjung ke suatu tempat.

Saat berkunjung ke Solo, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas yang ada. Selain kuliner yang ada di siang hari, kuliner malam juga menjadi incaran para wisatawan.

Lantas, apa saja kuliner malam Solo yang enak dan wajib dicoba? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

10 Kuliner Malam Solo

Berikut ini 10 kuliner malam di Solo yang wajib dicoba dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kuliner Angkringan

Angkringan kerap kali identik dengan Yogyakarta. Namun kini angkringan telah ada di berbagai tempat, tak terkecuali di Solo. Selayaknya angkringan pada umumnya, angkringan yang ada di Solo menyediakan berbagai macam menu yang cukup enak untuk dicicipi.

ilustrasi

Angkringan Solo

2. Kuliner Soto Segar Mbok Ronggeng

Soto tak hanya bisa dinikmati saat sarapan atau makan siang. Saat perut lapar di tengah malam, kamu juga bisa menikmati soto dengan berkunjung ke soto seger Mbak Ronggeng. Kuliner malam yang buka pukul 23.00 ini menawarkan soto sapi dengan kualitas daging yang empuk, ditambah nasi dan tauge dengan sensasi rasa segar dan gurih.

3. Harjo Bestik

Ingin mencoba steak ala Jawa di malam hari? Kamu wajib berkunjung ke Harjo Bestik. Bestik ala Jawa yang disediakan memiliki sensasi rasa manis, asam, segar, kamu yang bisa dinikmati sambil mendengarkan musik keroncong secara live. Lokasinya JL. Dr Rajiman, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

4. RM Seafood Pak Petruk

Salah satu kuliner malam Solo yang menarik perhatian adalah RM Seafood Pak Petruk. Di tempat makan ini terdapat beragam menu, mulai dari bakmi godog seafood hingga cumi goreng mentega. Lokasinya di Jl. Gajahmada No.48, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Kuliner Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Tambak Segaran termasuk kuliner malam Solo yang sangat populer. Sate ini disajikan dalam bentuk dibuntel atau dibungkus kemudian dibakar hingga matang. Harga yang ditawarkan juga cukup murah dan terjangkau, hanya Rp. 35.000 saja kamu dapat menikmati sate yang enak dan lezat ini.

6. Susu segar Shi Jack Kadipolo

Ingin menikmati susu segar di malam hari? Kedai susu segar Shi Jack menjadi pilihan wajib. Di sini, kamu bisa menikmati susu segar dengan berbagai rasa, termasuk yang original sekalipun.

Selain susu segar, di sini juga terdapat menu sampingan seperti roti bakar berbagi rasa atau mi goreng instan. Lokasinya di Jl. Dr. Rajiman No.313/ 319, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Kuliner Pasar Malam Ngarsopuro

Tempat kuliner malam Solo yang menarik lainnya adalah Pasar Malam Ngarsopuro. Di pasar malam ini kamu dapat menemukan berbagai jenis kuliner dengan harga yang cukup terjangkau. Sayangnya, pasar malam yang terbilang murah ini hanya buka dihari sabtu dan minggu pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

8. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg ceker Bu Kasno dapat dikatakan sebagai gudeg paling terkenal di Solo. Dalam seporsi hidangan gudeg, kamu akan mendapatkan gudeg ceker yang empuk dengan rasa yang gurih hingga ke tulangnya. Lokasinya di Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

ilustrasi

9. Gudeg Podomoro Relasi

Gudeg tak hanya untuk menu sarapan melainkan juga untuk makan malam. Kamu bisa mencoba sensasi makan gudeg di malam hari dengan berkunjung ke gudeg Podomoro Relasi. Gudeg ini memiliki cita rasa berbeda, pedas, manis dan gurih.

Lokasinya di Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

10. Sate Kere Yu Rebi

Kuliner malam Solo lainnya yang menarik adalah sate kere Yu Rebi. Sate ini menggunakan bahan utama berupa tempe gembus, yang direndam bumbu bacem dan dibakar. Sate kere paling asyik dinikmati dengan guyuran sambal kacang manis pedas dengan tambahan lontong atau nasi. Lokasinya di Jl. Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Demikian 10 kuliner malam solo yang enak dan wajib dikunjungi. Pastikan saat berkunjung datang lebih awal karena 10 tempat tersebut terkenal sangat ramai.

Sebelumnya

1

2

Selanjutnya