Kusuma Agrowisata Siiplah: Wisata Edukasi yang Menggabungkan Pertanian dan Teknologi

Dimaz Nainggolan

Kusuma Agrowisata Siiplah adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang sedang populer di Indonesia. Wisata ini menawarkan pengalaman interaktif dan edukatif bagi pengunjung, terutama untuk anak-anak sekolah dan keluarga yang ingin belajar tentang pertanian dan teknologi.

Lokasi dan Fasilitas

Kusuma Agrowisata Siiplah terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat ini memiliki luas sekitar 12 hektar, dan memadukan unsur pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Di sini, pengunjung dapat mengikuti tur perkebunan untuk mempelajari berbagai jenis tanaman, dari buah-buahan hingga sayuran. Mereka juga dapat mengunjungi ladang ikan dan mengetahui cara beternak ikan secara modern.

Tak hanya itu, di Kusuma Agrowisata Siiplah, pengunjung juga dapat belajar mengenai teknologi modern yang digunakan dalam pertanian dan perikanan. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah:

  • Greenhouse
  • Laboratorium bioteknologi
  • Hatchery
  • Pabrik pengolahan
  • dan lain sebagainya.

Aktivitas yang Ditawarkan

Kusuma Agrowisata Siiplah menawarkan aneka aktivitas yang menarik bagi pengunjung, diantaranya:

Memetik Buah di Perkebunan

Pengunjung dapat memetik buah-buahan yang dihasilkan di perkebunan, seperti jeruk, mangga, rambutan, dan lain-lain. Selain itu, mereka juga dapat belajar tentang teknik budidaya dan perawatan tanaman.

Memancing di Kolam Ikan

Kusuma Agrowisata Siiplah memiliki area perikanan yang menawarkan pengalaman memancing yang menyenangkan. Pengunjung tidak perlu membawa alat pancing sendiri, karena alat pancing dan umpan sudah disediakan.

Mengunjungi Pabrik Pengolahan

Pengunjung dapat melihat proses pengolahan hasil pertanian dan perikanan menjadi produk siap jual yang siap dikonsumsi. Mereka juga dapat belajar tentang kualitas produk, standar mutu, dan cara pengepakan.

BACA JUGA:   Menikmati Keindahan Agrowisata Lembah Hijau Jaten sebagai Destinasi Liburan Keluarga

Membuat Produk Sendiri

Selain belajar tentang proses pengolahan, pengunjung juga dapat mencoba membuat produk sendiri, seperti kerupuk atau makanan olahan lainnya.

Menikmati Kuliner Lokal

Kusuma Agrowisata Siiplah juga memiliki kios kuliner yang menyajikan aneka makanan ringan dan minuman lokal. Pengunjung bisa menikmati es buah, jus segar, singkong goreng, dan lain-lain.

Harga Tiket dan Jadwal Kunjungan

Untuk masuk ke Kusuma Agrowisata Siiplah, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Anak-anak berusia di bawah 3 tahun dapat masuk gratis.

Wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Namun, jika ingin mengunjungi area laboratorium dan fasilitas lainnya, pengunjung perlu membuat reservasi terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dengan konsep yang menggabungkan pertanian dan teknologi, Kusuma Agrowisata Siiplah menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Dari memetik buah di perkebunan hingga belajar tentang teknologi modern dalam pertanian, ada banyak hal yang bisa dipelajari di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kusuma Agrowisata Siiplah ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Also Read

Bagikan: