Menelusuri Pentingnya Faktor Pendukung Pariwisata Menurut Konsep Pengembangan Bakaruddin

Gundana

Apa Saja Faktor Pendukung Pariwisata?

Berbicara mengenai pariwisata, ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangannya. Sebagaimana disebutkan oleh Bakarrudin, ada lima faktor pendukung pariwisata yang sangat penting, yaitu atraksi wisata, aksesibilitas, infrastruktur, akomodasi, dan sapta pesona.

Atraksi Wisata

Atraksi wisata merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan suatu destinasi pariwisata. Atraksi wisata dapat berupa objek wisata alam, sejarah, budaya, kearifan lokal, atau wisata belanja. Destinasi wisata yang memiliki atraksi wisata yang beragam dan menarik tentu akan menarik minat pengunjung untuk datang dan menginap.

Untuk meningkatkan atraksi wisata, diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan pengelola destinasi wisata. Pemerintah dapat melakukan penataan dan pengembangan kawasan wisata, serta memperbaiki fasilitas yang ada. Masyarakat juga dapat membangun objek wisata yang baru, mengelola objek wisata yang sudah ada, serta mempromosikan potensi wisata yang dimiliki. Pengelola destinasi wisata dapat memperbaiki kualitas atraksi wisata yang ditawarkan, seperti menambah fasilitas atau mengadakan acara yang menarik.

Aksesibilitas

Aksesibilitas juga merupakan faktor penting dalam perkembangan pariwisata. Destinasi wisata yang bisa dijangkau dengan mudah oleh pengunjung, baik melalui udara, laut, maupun darat, akan lebih diminati. Jalan yang bagus, transportasi publik yang memadai, serta aksesibilitas ke bandara atau pelabuhan menjadi faktor yang penting.

Untuk meningkatkan aksesibilitas, pemerintah dapat memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan, membangun bandara atau pelabuhan baru, serta meningkatkan frekuensi transportasi publik. Pemerintah juga dapat memberikan insentif kepada maskapai penerbangan dan perusahaan transportasi laut agar lebih banyak melayani destinasi wisata yang sedang berkembang.

Infrastruktur

Infrastruktur juga menjadi faktor pendukung pariwisata yang penting. Destinasi wisata yang memiliki infrastruktur yang memadai seperti hotel, restoran, klinik, dan pusat perbelanjaan akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Selain itu, keberadaan infrastruktur yang memadai juga akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:   Cara Belanja Herbalife Online: Panduan Terlengkap

Pemerintah dapat membangun infrastruktur yang memadai di sekitar destinasi wisata, seperti hotel dan restoran. Pemerintah juga dapat memperbaiki fasilitas umum yang ada di sekitar destinasi wisata, seperti jalan-jalan, trotoar, dan tempat parkir.

Akomodasi

Akomodasi menjadi faktor penting lainnya dalam perkembangan pariwisata. Destinasi wisata yang memiliki pilihan akomodasi yang bervariasi dan berkualitas tentu lebih diminati oleh pengunjung. Pilihan akomodasi yang bervariasi, mulai dari hotel, villa, homestay, hingga hostel, akan menyediakan pilihan bagi pengunjung dengan berbagai kebutuhan dan anggaran.

Untuk meningkatkan akomodasi, pemerintah dapat memberikan insentif kepada pengembang perhotelan untuk membangun hotel baru di dekat destinasi wisata. Pemerintah juga dapat memperbaiki fasilitas yang sudah ada, serta meningkatkan pelatihan bagi tenaga kerja di industri perhotelan.

Sapta Pesona

Sapta Pesona adalah konsep yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Konsep sapta pesona meliputi keindahan alam, keunikan budaya, keramahan penduduk, kearifan lokal, dan daya tarik lainnya. Dalam perkembangan pariwisata, sapta pesona dapat menjadi faktor pendukung yang sangat memberikan kontribusi besar seperti menambah nilai jual destinasi wisata.

Untuk meningkatkan sapta pesona, pemerintah dapat mempromosikan daya tarik wisata Indonesia melalui berbagai media, seperti internet, televisi, radio, maupun brosur. Pengelola destinasi wisata juga dapat mengadakan acara atau festival yang menarik untuk meningkatkan daya tarik wisata di destinasi mereka.

Kesimpulan

Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan penting bagi Indonesia. Untuk membangun industri pariwisata yang berkelanjutan dan berkembang, diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan pengelola destinasi wisata. Limafaktor pendukung pariwisata yaitu atraksi wisata, aksesibilitas, infrastruktur, akomodasi, dan sapta pesona yang sangat penting peranannya untuk meningkatkan keberhasilan suatu destinasi wisata. Oleh sebab itu, pemerintah harus terus berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan faktor-faktor di atas agar pariwisata Indonesia semakin berkembang dan menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Also Read

Bagikan:

Tags