Menikmati Liburan Seru dan Edukatif di Agrowisata Nanas: Seperti Apa Pengalaman yang Menarik?

Gundana

Ada program edutainment untuk pelajar, mahasiswa maupun keluarga yang ingin berlibur sambil belajar. Pengunjung dapat menikmati wisata alam dan kekayaan alam yang tersedia termasuk buah-buahan.

Inagro memiliki luas sekitar 80 hektar. Ada sejumlah destinasi wisata sekaligus pendidikan atau agroedukasi untuk para pengunjung. Tentu saja, selain itu masih ada banyak permainan seru hingga penginapan eksklusif.

Selain itu juga menjadi laboratorium pengembangan tanaman. Hingga akhirnya tempat ini menjadi agrowisata dan agroedukasi untuk umum. Untuk hal ini, pengelola telah menyediakan fasilitas yang sangat lengkap.

Inagro Bogor awalnya adalah tempat konservasi sekaligus pembibitan tanaman untuk kebutuhan industri PT. Intidaya Agrolestari. Tapi, seiring dengan pengembangan bisnis, kemudian menjadi pusat edukasi botani.

Objek wisata ini berada di Kecamatan Ciseeng, Bogor. Di area Ciseeng sendiri ada banyak destinasi wisata dan pastinya banyak sentra oleh-oleh khas Bogor yang tahan lama . Anda bisa membeli oleh-oleh ini sebagai buah tangan.

Ya, jika Anda sedang mencari tempat wisata hits Bogor yang bisa membuat semua anggota keluarga bahagia, maka inilah tempatnya. Di sini Anda dan keluarga bisa berlibur, belajar, bermain dan berolahraga bahkan bermalam.

Masih belum ada rencana untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan? Ingin datang ke wisata edukasi yang cocok untuk keluarga? Inagro adalah jawabannya. Destinasi agrowisata dan agroedukasi ini harus Anda kunjungi.

Untuk tiket masuk Inagro sendiri tidak ada. Tapi, wisatawan yang ingin berkunjung harus reservasi atau booking terlebih dahulu. Kemudian memilih paket wisata sesuai keinginan.

Lurus ikuti jalan sampai di Jln Raya Cibeuteung nanti objek wisata berada di kiri jalan. Sedangkan jika dari Ciseeng ikuti jalan H. Miing sampai pertigaan belok kiri ke Jln. Raya Cibeuteung.

Anda bisa mengikuti arah dari Google Map. Jika menggunakan rute manual, maka dari arah Depok atau Jakarta ambil Jln Jakarta Bogor (Parung), belok kanan ke Jln Parung Hijau – Jln Jampang Karikhil.

Lokasi Inagro berada di Jalan Raya Jampang KM. 7 Karihkil, Cibeuteung Udik, Kec. Ciseeng, Kabupaten Bogor. Lokasinya persis di sebelah jalan raya, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan.

Jika datang di pagi hari dan selesai siang hari, maka Anda bisa mampir ke tempat wisata kuliner Bogor yang terkenal . Ada berbagai menu makan siang dan jajanan khas untuk Anda nikmati bersama keluarga atau rombongan.

RetribusiTarifPaket tour regulerRp40.000,00GlampingRp3.700.000,00 – Rp3.900.000,00Bamboo HouseRp600.000,00 – Rp850.000,00BarakRp3.500.000,00 – Rp4.500.000,00PenginapanStandart Rp578.000,00 – Rp639.000,00

Dekuxe Rp730.000,00 – Rp790.000,00

VIP Rp1.037.000,00 – Rp1.098.000,00

VVIP Rp1.098.000,00 – Rp1.159.000,00

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah, untuk tiket penginapan bisa melalui aplikasi tiket online.

Daya Tarik Wisata Inagro

main kayak di Inagro

Agrowisata Durian dan Buah Lainnya

Salah satu daya tarik utama dari agrowisata di Bogor ini yaitu buah duriannya. Jika musim panen tiba, ada banyak sekali pecinta durian datang ke sini. Di sini, terdapat ribuan pohon dengan berbagai spesies.

BACA JUGA:   Exploring the Beauty of Agrowisata Kopi: A Journey into Indonesia's Rich Coffee Culture

Semuanya bisa wisatawan nikmati saat musim panen. Salah satu jenis durian yang paling terkenal di sini yaitu ‘Durian Pelangi’, Durian Manokwari dari Papua dan Durian Matahari.

Selain buah durian, ada juga beragam jenis pisang dengan penanaman kultur jaringan. Ada juga buah manggis, semangka, rambutan, nanas, salak hingga buah unik bernama mamey sapote (sawo raksasa).

Di sini juga terdapat anggur Brazil (jaboticaba) dan tanaman sayur komersial seperti cabai, labu butternut squash dan edamame (kedelai Jepang). Pengunjung bisa menikmati semua buah ini saat masa panen tiba.

Belajar Kultur Jaringan di Greenhouse

Selanjutnya, bisa belajar di greenhouse (laboratorium) secara langsung tentang produksi kultur jaringan. Ini termasuk belajar pupuk hayati mikoriza. Ada juga aeroponik atau media tanam udara.

Tentu saja, di sini juga Anda akan belajar tentang hidroponik atau media tanam air. Kegiatan ini sangat menyenangkan sekaligus seru untuk semua jenis umur, terutama orang dewasa.

Belajar Urban Farming

Inagro juga menyediakan kesempatan bagi wisatawan untuk belajar tentang urban farming. Urban farming bertujuan agar Anda mampu menanam makanan sendiri di perkotaan.

Urban farming ini mengajarkan tentang ketahanan pangan, pengolahan limbah hingga keterlibatan terhadap kelestarian lingkungan. Bagi orang dewasa termasuk anak-anak ini juga penting.

Urban farming ini memang cocok untuk tempat belajar bersama teman atau keluarga. Bahkan untuk rombongan seperti gathering kantor.

Anda bisa menggunakan jasa rental bus pariwisata Bogor jika berencana datang rombongan untuk belajar urban farming. Belajar hal ini sangat penting untuk kemudian mempraktekkan di rumah.

Inazoo

Anak-anak memang bisa belajar banyak hal, ini sesuai konsep objek wisata ini yakni agrowisata dan agroedukasi. Di sini, terdapat area bernama Inazoo. Anak-anak bisa belajar tentang hewan ternak seperti sapi.

Ini termasuk mengetahui bagaimana hewan-hewan ternak hidup di alam secara alami. Konsep tempat ini juga menyenangkan karena anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan binatang ternak.

Mina Padi

membajak sawah di Inagro

Walaupun di Inagro Bogor Jawa Barat ada banyak buah yang bisa wisatawan nikmati, konsep Inagro bukanlah taman buah. Konsep Inagro yaitu agrowisata edukasi. Sehingga pengunjung bisa belajar banyak hal.

Salah satunya ada kegiatan mina padi yakni program wisata kolaborasi antara budidaya ikan dan menanam padi. Pengunjung akan belajar secara langsung bagaimana menanam padi di sawah berlumpur.

Kegiatan ini sangat seru sekali dan cocok untuk segala umur. Bisa untuk individu, kelompok maupun keluarga. Jika berencana datang bersama keluarga, Anda bisa menggunakan rental mobil Innova Zenix Bogor.

Wisatawan termasuk anak-anak bisa belajar tentang padi, sawah, ekosistem di sawah, bioatanya dan bahkan jenis-jenis hama yang ada di sawah. Kegiatan edukasi ini sangat penting sekaligus menyenangkan.

Mini Zoo

Selain Inazoo, ada juga mini zoo. Di area ini wisatawan bisa melihat berbagai binatang termasuk konservasi hewan langka bernama Tedong Saleko. Ini adalah kerbau belang asli Toraja yang memiliki sejarah tinggi.

Ada juga rusa axis, kerbau lokal, penangkaran burung merak hingga peternakan lele dumbo serta ikan gabus. Bahkan destinasi wisata edukasi ini sering ramai kunjungan tamu yang ingin belajar peternakan ikan gabus.

BACA JUGA:   Tempat main anak bsd

Fun and Adventure

Bagi keluarga atau rombongan yang ingin seru-seruan di agrowisata Inagro juga bisa. Ada area fun and adventure untuk wisatawan bermain sekaligus bersenang-senang.

Salah satunya ada permainan paintball yang cocok untuk kegiatan kelompok. Untuk kantor atau perusahaan yang sedang mengadakan gathering, pastikan untuk memasukkan program wisata ini di dalam list.

Kegiatan seru lainnya adalah outbond, tubing, fun bike dan kano. Untuk kegiatan tubing ini wisatawan akan mengenakan peralatan dan perlengkapan keamanan berstandar. Tentu saja, ini kegiatan yang seru.

Tubing ini juga cukup menantang. Oleh sebab itu, ada batasan umur minimal. Jika ingin sesuatu yang lebih menenangkan, cobalah bermain kano. Ada 3 danau untuk olahraga kano ini. Anda bisa menjelajahi semua.

Arts and Crafts

Seni dan kerajinan adalah dua kegiatan seru dan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja bahkan orang dewasa. Di sini, mereka bisa belajar banyak hal dan tentu saja kegiatan ini dapat melatih motorik.

Ada instruktur yang akan memberi tahu dan mengajarkan beberapa hal terkait arts and crafts ini. Pastikan untuk mengikuti kegiatan seru ini, apalagi jika Anda bersama anak-anak usia SD, SMP atau SMA.

Camping, Glamping dan Penginapan

Memang tidak cukup untuk menjelajahi semua area agrowisata ini jika hanya sehari. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk Anda menginap.

Ada kamar dengan tipe VVIP, VIP, Deluxe dan Standar. Ada juga Bamboo House dengan tipe VIP dan Standar. Untuk jumlah yang lebih banyak ada glamping dan barak. Selain itu, ada juga tenda untuk berkemah.

Fasilitas Inagro

fasilitas di Inagro

Fasilitas di Inagro sangat lengkap, diantaranya yaitu ada:

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Wahana outbound
  • Toilet
  • Mini zoo
  • Coffe & Resto
  • Kolam renang
  • Meeting room
  • Penginapan

Ingin bersenang-senang di Inagro ini? Manfaatkan layanan paket wisata dari Salsa Wisata untuk membantu menguruskannya. Dijamin pengalaman liburan bersama Salsa Wisata akan menyenangkan dan berkesan.

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Bogor, Taman Buah Mekarsari menawarkan berbagai keseruan untuk dinikmati oleh para pengunjung. Berlokasi di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, taman buah ini memiliki berbagai macam wahana yang pastinya menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga. Ingin tahu keseruan apa saja yang ada di taman buah terkenal di Bogor ini? Yuk, disimak.

Yang Bisa Anda Dilakukan Di Taman Buah Mekarsari

Menikmati Keindahan Danau sambil Berwisata Air

Taman Buah Mekarsari menawarkan berbagai objek wisata yang menarik untuk para pengunjung. Salah satunya adalah wisata air. Selain mengetengahkan keindahan alam Danau Mekarsari, wisata air ini juga menawarkan berbagai atraksi air di sekitar wilayah Water Zone. Para pengunjung bisa mencoba berbagai keseruan atraksi air, seperti mengelilingi danau dengan perahu naga (dragon boat), menikmati sensasi bersepeda di atas air dengan sepeda buah (fruity bike) atau sepeda air (water bike), atau mencoba atraksi yang dapat memacu adrenalin dengan naik new banana boat atau rolling donut.

Mencicipi berbagai Buah dengan Berwisata Buah

Kegiatan lain yang sayang untuk dilewatkan adalah berwisata buah. Semua pengunjung bisa melihat berbagai jenis buah di kebun tanaman buah, seperti lengkeng, melon, salak, manggis, nanas, durian, sawo, dan lain-lain. Rasakan pengalaman seru memetik buah dan memakannya langsung dari pohon. Buah-buah tersebut juga bisa dibawa pulang setelah dibayar. Area wisata buah selanjutnya yang dapat dikunjungi adalah kebun tanaman langka. Di sini berbagai jenis buah langka seperti nangkadak (nangka cempedak), mundar, mundu, menteng manis, maja, rukam, dan rambai bisa Anda temukan. Jangan lewatkan kunjungan ke area pembibitan (nursery). Di area seluas 10 hektar, berbagai jenis pembibitan tanaman dilakukan secara konvensional. Tempat ini juga bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak. Ajak anak-anak untuk mempraktikkan cara menanam sayur dan buah-buahan serta membudidayakannya secara langsung. Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan di wisata buah adalah berpetualang di area Family Garden yang bernama D’Farm. Ajak buah hati Anda untuk melakukan kegaitan menarik seperti memberi makan kelinci dan burung, memberi susu anak domba, memetik sayur-sayuran, serta berkuda.

BACA JUGA:   Warung Pinggir Banyu Desa Mekar

Berpetualang Seru dengan Mencoba Berbagai Wahana Permainan

Taman agrowisata ini juga menawarkan berbagai wahana permainan seru untuk menyambut pengunjung, seperti wahana 3D Trick Art Mekarsari, outbound, dan Kids Fun Valley. Nikmati keseruan berfoto di wahana 3D Trick Art Mekarsari. Berbagai tema ditampilkan dalam bentuk foto-foto unik 3D, seperti superheroes, 7 keajaiban dunia, kartun, dan berbagai gambar unik lainnya. Ingin menguji nyali? Anda bisa mencoba wahana permainan sabut kelapa outbound. Wahana permainan ini mengajak para pengunjung untuk memecahkan berbagai tingkat kesulitan setiap rintangan yang dihadapi. Setelah berhasil menyelesaikan semua rintangan, akhiri petualangan dengan melakukan flying fox dari atas menara sambil menikmati pemandangan hamparan tanaman kelapa. Wahana permainan menantang lainnya yang wajib dicoba adalah the paintball. Permainan ini mengutamakan kerja sama tim untuk mengalahkan lawan dengan cara menembak tim lawan. Tidak perlu khawatir, permainan ini cukup aman karena dilengkapi dengan alat keselamatan (safety tool).

Tak lupa, di sini juga ada Kids Fun Valley, wahana permainan untuk anak-anak. Berbagai permainan lengkap: boom-boom car, monorail, aeroplane, mini Go Kart, dan fancy train siap menghibur anak-anak.

Mengelilingi Taman Buah Mekarsari dengan Menggunakan Berbagai Kendaraan

Wisata berkendara yang ada di taman buah di Bogor ini memudahkan para pengunjung untuk mengelilingi berbagai lokasi. Dengan area taman seluas 264 hektar, para pengunjung akan lebih mudah menikmati keindahan alam taman dengan menyewa sepeda tunggal, sepeda tandem, atau jenis sepeda tuk-tuk. Ingin mencoba keseruan yang lebih menantang? Jelajahi juga lintasan bergelombang di area kebun dengan menaiki sepeda beroda tiga dengan mesin ATV (All Terrain Vehicle).

Berkemah Seru di Tropical Camp bersama Keluarga

Tingkatkan kebersamaan bersama keluarga tercinta dengan mengikuti Family Camp di Tropical Camp. Kegiatan ini mengajak Anda dan keluarga untuk menikmati suasana taman buah yang sejuk. Berbagai kegiatan seru juga dapat dilakukan dalam Family Camp, seperti menanam padi, berkeliling kebun buah saat panen dengan naik kereta Fruity World Tour, dan barbeku sambil menikmati api unggun.

Sebenarnya masih banyak lagi keseruan lain yang bisa dinikmati. Manfaatkan juga promo Taman Buah Mekarsari di Traveloka. Untuk masuk ke taman agrowisata ini, Anda hanya perlu membayar Rp23.750 untuk harga tiket Taman Buah Mekarsari, Rp55.200 untuk tiket masuk Taman Buah Mekarsari dan Kanalzone Adventure, Rp 90.250 untuk tiket masuk dan Garden Adventure, dan Rp920.700 untuk 20 orang yang ingin mengambil paket tree house di Taman Buah Mekarsari. Harga bisa sewaktu-waktu bisa berubah dan bervariasi bergantung jenis paket yang dipilih. Yuk, segera rencanakan liburan bersama keluarga di Taman Buah Mekarsari.

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari

  • Tiket Masuk-Easy Access Rp23.750
  • Tiket Masuk+Kanalzone Adventure-Easy Access Rp55.200
  • Tiket Masuk+Garden Adventure-Easy Access Rp90.250
  • Paket Tree House di Taman Buah Mekarsari untuk 20 Orang-Easy Access Rp920.700.

Also Read

Bagikan: