Menikmati Sensasi Rafting di Desa Wisata Brumbun Brumbun, Destinasi Terbaru di Madiun

FIND ME FROM CLICK HERE

  • ATRAKSI

Brumbun Tubing Adventure atau di sebut Wisata Kelen oleh masyarakat Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun  merupakan salah satu wahana wisata baru yang mengasikkan di Kabupaten Madiun. 

Desa Wisata Brumbun terletak di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi Desa Wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tumbu, Desa Brumbun ini hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari pusat Kota Madiun.

Tubing Adventure yang dikelola oleh Karang Taruna Desa Brumbun tersebut memanfaatkan arus sungai yang berada di lereng gunung wilis  yang jernih dan bebas dari pencemaran. 

Kepala Desa Brumbun, Sugeng Pranggono menuturkan, dengan berbagai sentuhan dari Karang Taruna Desa Brumbun bersama masyarakat Desa Setempat, Desa Brumbun bakal dikembangkan sebagai desa terpadu dan mengarah menjadi desa wisata.

Wahana yang disediakan di Desa Wisata Brumbun ini antara lain tubing, body rafting, air terjun, bermain air di sungai, rumah pohon, dan area outbond.

Sungai yang alirannya lancar dan kiri kanannya terhampar tanaman padi nan hijau menghiasi lokasi sungai yang digunakan untuk wisata tubing, yaitu wisata menggunakan ban dan mengalir di air dengan aliran yang cukup tenang.

Tubing ini bisa dinikmati berbagai kalangan usia, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tarif untuk menikmati sensasi berseluncur dan bermain air ini Rp15.000/orang.

Selain tubing, ada wisata body rafting di sungai Brumbun yang sungainya cukup lebar dengan aliran deras dengan penuh bebatuan. Untuk body rafting ini khusus bagi pengunjung yang punya nyali karena aliran sungainya sangat curam. Untuk menikmati wahana ini, wisatawan dikenai tarif Rp25.000/orang.

Sebelum dikonsep sebagai desa wisata, desa ini hanya seperti desa pada umumnya yang tidak pernah dikunjungi wisawatan. Sungai dan potensi alam yang ada di desa itu hanya dimanfaatkan untuk sekadar mandi dan mencuci.

Namun, di tangan beberapa anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Brumbun, potensi wisata itu ditata dan dikonsep sedemikian rupa hingga menjadi desa wisata yang layak dikunjungi.

  • TRANSPORTASI

Anda penasaran dengan obyek wisata ini dan berencana untuk datang kesana? Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi anda dengan rutenya yang cukup mudah. Kalau dari arah kota Madiun bisa ambil jalur ke Dungus/Kare. Sampai di perempatan Pasar Dungus, belok kanan. Jalan pelan saja sebab setelah hiruk-pikuk pasar ada percabangan berbentuk Y, ambil yang kiri dengan jalur menurun. Ikuti jalur itu nanti ketemu gapura Desa Brumbun. Tinggal naik sedikit, turun, naik lagi sudah sampai di perempatan menuju wisata tubing. Sila terus, hati-hati jalan menurun. Pas di akhir turunan ada jembatan, ada plang, belok kiri.

  • AKOMODASI

Di wilayah sekitar Desa Wisata Brumbun anda juga bisa menemukan beberapa tempat penginapan yang mempunyai harga bervariasi dari yang murah hingga yang agak mahal. Namun tempatnya semua dijamin nyaman. penginapan yang berjenis homestay yang menawarkan rasa “mulih ning omahe dewe” atau seperti pulang keumah sendiri.

  • KONSUMSI

Dari Kota Madiun kurang lebih 7km ke arah timur. Sebenarnya tempatnya sangat sederhana dengan konsep yang sederhana tetapi lumayan menyenangkan untuk menghabiskan waktu saat weekend. Sebenarnya lokasinya berdekatan dengan wana wisata grape dengan konsep yang hampir mirip. Konsep yang ditawarkan adalah suasana persawahan dan sungai. Tentu saja tempatnya outdoor, dengan gubuk-gubuk kecil. Tempat ini dikelilingi sawah dan sungai. Kita bisa bermain di sungai sekaligus. Makanan yang disediakan juga cukup beragam. Mulai dari ayam bakar/goreng, ikan bakar/goreng, berbagai macam sambal, cah/oseng kangkung, trancam, sayur asem, mendoan, tahu petis, tahu krispi, aneka minuman/es, dan masih banyak pilihan lainnya.

Tempat ini sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga, teman lama, maupun acara arisan. Aku beberapa kali main ke tempat ini. Tempatnya nyaman, bersih, dengan suasana santai. Kita serasa diajak untuk bersantai di tengah sawah sembari mendengarkan gemericik air sungai. Disini juga menyediakan sound system yang bisa kita gunakan saat ada acara. Fasilitas lainnya adalah musholla, toilet, dan tempat parkir. Jika kalian suka durian, ada seorang nenek yang jualan durian di kawasan ini.

 

Bagikan ini:

Memang bukan juaranya, bukan pula pemainnya. Namun nama Indonesia bergaung di Piala Dunia 2022. Sebelum bahas wisata Madiun yang lagi hits, Gelaran akbar sepakbola internasional empat tahunan ini kan dilaksanakan di Qatar dari 20 November hingga 18 Desember 2022. Selama tanggal itulah, banyak orang asing dari seluruh penjuru dunia semakin mengenal Indonesia.

Salah satunya dengan adanya bola Al Rihla yang dibuat di Madiun Jawa Timur. Dengan penuh kebanggaan, jadinya ingin tahu lebih banyak tentang kota ini! Salah satunya adalah tentang tempat wisata di madiun yang lagi hits. Apa saja ya?

Indonesia dan Piala Dunia 2022

Wisata Madiun yang Lagi HitsDaftar wisata Madiun yang lagi hits

Bola Al Rihla merupakan bagian penting dari pertandingan-pertandingan di event ini. Benda bundar ini merupakan milik Adidas, perusahaan alat olahraga yang ditunjuk FIFA untuk memasok bola selama tiga gelaran terakhir Piala Dunia. Adidas kemudian menunjuk PT Global Way di Indonesia untuk memproduksi bola dengan akurasi yang diklaim lebih baik ini. Bola Adidas ke-14 tersebut mampu bergerak di udara lebih baik dari yang sudah mereka produksi sebelumnya. Dan benda ini diproduksi di Madiun Jawa Timur!

Baca Juga : Makanan Nasi khas Jawa Timur, Awas Tertipu Sama Nomor 7!

Tentunya Al Rihla menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia! Dan hal ini menjadikan alasan kuat Indonesia untuk terus mempromosikan potensi negeri. Nah, pariwisata juga menjadi aspek penting dalam mempromosikan Nusantara. Maka tak heran, Indonesia memasang langkah 3 G di sana, yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Online (Gaspol).

Promosi pariwisata oleh Indonesia di dalam perhelatan Piala Dunia berupa program mengkampanyekan “It’s Time for Bali”, “Kick-off Your Wonderful Journey in Indonesia”, “Your Next Ultimate GOAL: Indonesia”, dan “DIVE All The Excitement of Indonesia”. Dengan dilengkapi dengan Bahasa Arab dan berlatar belakang potret Bali serta 5 Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Program promosi ini dipublikasikan di media luar ruang (DOOH/Digital Out of Home Advertising) di 3 titik strategis yang berdekatan dengan stadium World Cup di Lusail Gateways, The Torch, Al Amiri Interchange & Bus Advertising.

Kesemuanya ini dilakukan dengan tujuan menggaet perhatian masyarakat internasional terhadap Indonesia. Juga memperkuat branding Indonesia sebagai destinasi unggulan dan penghasil produk ekonomi kreatif berkualitas. Salah satunya tiada lain adalah kota Madiun tempat produksi bola Al Rihla.

Wisata Madiun yang Lagi Hits

Wisata Madiun yang Lagi HitsWisata Madiun yang Lagi Hits

Madiun adalah kota terbesar keempat di provinsi Jawa Timur. Sebagai bagian dari pesona Nusantara, daerah dengan luas 33 km persegi ini juga memiliki potensi pariwisata unggulan.

Baca juga : Kulineran Enak di Kediri Jawa Timur Si Kota Tahu

Madiun terkenal dengan banyak julukan seperti “Kota Gadis”, “Kota Brem”, “Kota Sastra”, “Kota Pecel”, “Kota Pelajar”, “Kota Kereta”, “Kota Pendekar, “Kota Budaya”, “Kota Industri”, dan “Kota Karismatik”. Maka, tak salah bila Madiun memiliki kesempatan menjadi lebih terkenal melalui Piala Dunia 2022.

Dunia pariwisata di Madiun juga berkembang dengan baik. Bentang alamnya yang mempesona serta potensi-potensi lainnya seperti sejarah, kuliner, religi turut menyumbang perkembangan wisata di sini. Beberapa di antaranya baru saja muncul dan jadi hits karena banyak pengunjungnya. Sehingga menjadi daya tarik lebih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa tempat wisata Madiun yang lagi hits dan melejit, cocok untuk destinasi liburan mendatang:

  1. Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata Madiun yang Lagi Hitstempat wisata di Madiun yang lagi hits

Mari mulai dengan menikmati wisata alam terbaru di Madiun. Potensi alam di destinasi ini mampu menghapus segala emosi negatif. Mengganti dengan perasaan damai dan bahagia.

Baca Juga : 10 Danau Tertinggi di Indonesia. Paling Banyak di Papua dan Jawa Timur!

Mengunjungi tempat wisata hits di Madiun ini juga cocok bila dilakukan bersama keluarga. Banyak spot menarik untuk digunakan berfoto dan menggelar tikar guna berpiknik santai. Bila ingin lebih lama,ada camping ground yang siap menjadi teman bermalam yang asri.

Untuk menikmati udara segar di jajaran hutan Pinus yang rindang ini silakan menuju ke desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Tak perlu menyiapkan uang banyak, karena tiket masuknya hanya Rp. 5000.

  1. Suncity Waterpark and Theme Park

Wisata Madiun yang Lagi HitsSuncity Waterpark and Theme Park

Destinasi wisata di kota pembuat bola Al Rihla ini merupakan tempat yang cocok bagi penghobi renang. Beragam wahana air tersedia di sana. Siap membuat waktu wisata menjadi semakin seru.

Baca Juga : Ngawi Jawa Timur Siap Ambil Bagian Dalam Pengembangan Desa Wisata

Nah, wisata Madiun yang lagi hits selanjutnya ada di Suncity Waterpark and Theme Park Madiun menyediakan wahana seperti kolam renang olympic, waterboom, kereta api mini, bom bom car, dan lainnya. Selain berbasah-basah, di tempat wisata di Madiun terbaru ini juga pas untuk piknik bersama keluarga. Duduk santai sambil menikmati makanan dan minuman.

Lokasi Suncity Waterpark and Theme Park Madiun terletak di Jalan S. Parman No.2, Sukosari, Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di kawasan kota membuat tak sulit untuk menemukannya. 

  1. Brumbun Tubing Adventure

Wisata Madiun yang Lagi HitsBrumbun Tubing Adventure

Sama-sama basah-basahan dengan bila berada di Suncity Waterpark and Theme Park, di sini juga begitu. Bedanya di wisata Madiun yang lagi hits satu ini menggunakan sungai alami untuk bersenang-senang.

Baca Juga : Wisata Museum Geologi Bandung, Sejarah Tambang di Tanah Jawa

Sebagai program unggulan desa wisata Brumbun, tubing menawarkan sensasi susur sungai yang seru dan mampu me-refresh pikiran. Dengan naik ban, badan akan mengikuti derasnya air yang mengalir di kelokan-kelokan sungai. Melewati batu-batu besar yang ada di kanan kirinya.

Sebagai salah satu ekowisata di Madiun, desa wisata Brumbun juga memiliki aktivitas lain. Semuanya menjadi cara mendekat pada alam, memanfaatkan semua potensi milik desa. Selain river tubing, ada juga outbound, body rafting, main air di sungai, hiking, dan mengunjungi rumah pohon. Pengunjung juga bisa camping di area yang tersedia atau menginap di homestay yang ada.

Letaknya yang strategis dan mudah dicapai membuat desa wisata Brumbun dengan Brumbun Tubing Adventurenya ini digemari banyak orang. Cukup menghabiskan waktu selama 15 menit dari pusat kota Madiun, wisata ini beralamatkan di Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Ada beberapa tarif sesuai jenis kegiatan yang diinginkan di wisata Madiun hits ini. Aktivitas tubing, seharga Rp 20.000 per pax, tubing adventure Rp 30.000, hiking Rp 10.000, penginapan homestay mulai dari Rp 100.000, camping ground Rp 20.000, dan paket outbound mulai Rp 50.000.

Wisata Madiun yang lagi hits menjadi bukti bahwa kota di Jawa Timur ini memiliki banyak potensi. Mulai dari alam hingga kreativitas serta etos kerja penduduknya. Hal yang membanggakan baru saja terbukti, yaitu bola Al Rihla. Bola resmi Piala Dunia 2022 yang ternyata diproduksi di kota Gadis ini. Bagaimana serunya menjelajah kota Madiun? Buktikan saja sendiri!