Nikmati Keindahan Pantai dengan Camping

Gundana

Bintan-Beritainvestigasi.com Keistimewaan pantai Trikora Bintan kecamatan Gunung kijang Kabupaten Bintan memiliki daya tarik tersendiri bagi kalian yang ingin mengisi liburan di akhir pekan bersama keluarga.

Pantai Trikora yang terkenal dengan keindahan  pasir putih, seolah sempurna bermalam ditemani suara ombak laut yang begitu riuh. Luas nya pantai Trikora yang masuk dalam kawasan wisata ini membuat hati ingin menjelajah setiap tepian pondok pantai Trikora.

Pada akhir pekan banyak anak muda, keluarga bermalam di pantai Trikora dengan mendirikan tenda dan camping ground, seolah ingin menikmati indahnya pantai Trikora dan desiran suara ombak dimalam hari.

Bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya, pantai Trikora memang menjadi surganya para penikmat liburan. Disamping tidak merogoh kocek terlalu mahal, anda bisa menikmati setiap sudut keindahan pantai Trikora dimalam hari.

Untuk mengisi wekeend bersama keluarga, pantai Trikora menjadi pilihan alternatif yang baik. Cobalah bermalam di pantai Trikora dan menginap di pondak indah yang tersedia di pantai, pasti memberikan suasana yang berbeda dalam mengisi liburan bersama keluarga tercinta. (Ita)

Banyak yang belum tahu bahwa di kawasan wisata DesaWatukarung, Pacitan merupakan satu satunya tempat yang menyajikan 10 tempatwisata pantai dan 1 wisata sungai, hal ini menjadi keunikan tersendiri dariwisata tersebut.

Termasuk yang belum banyak diketahui adalah Pantai Kasap.Katanya pantai ini mirip dengan Raja Ampat di Papua, sehingga dijuluki RajaAmpatnya Pacitan. Daya tarik Pantai Kasap bukan dari pasir putih dengan ombakyang merayu-rayu, melainkan pemandangan bukit bukit dan hamparan laut samuderaHindia yang luas.

Termasuk penampakan sunset yang indah, kini Kasap menjadisalah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari tenggelam diufukcakrawala, mempesona, tidak kalah menakjubkan karena penampakan sunset berbedadengan lokasi lain.

Di tempat tersebut disediakan gardu pandang yang berada diatas bukit. “Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepadapengunjung yang ingin memanjakan mata menikmati keindahan Kasap. Disini jugabisa diguanakan ,untuk Camping” Kata Ari Setiwan petugas Pantai Kasap14/7/19.

Kasap tak selalu ramai dikunjungi, utamanaya di waktu sore,sebelum matahari tenggelam. Dan saat libur panjang dihari besar dan libursekolah, pernah juga di Bukit Kasab yang sempit tersebut dimasuki 1000wisatawan. Beruntung lokasi Kasap meskipun sempit namun memiliki tempatterbuka, sehingga tetap ,nyaman bagi pengunjung.

Seperti halnya Hudha, wisatawan dari Yogyakarta ini nekat keKasab bersama rimbongan hkarena begitu penasaran menyaksikan eloknya Sunsetyang ia lihat di Sosmed. “Saya suka dengan sunset, dan hari ini saya cobauntuk menikmati sunset di pacitan bersama-sama teman,” tuturnya.

Pantai Kasab berada di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku,30 Kilometer dari Pusat Kota Pacitan, berada di sebelah timur Pantai Watukarungdan wisata sungai Kali Cokel. (adit/pkl/DiskominfoPacitan).

INSIDEN24.COM-Pantai Ngrumput, merupakan hidden gem yang belum sepopuler dengan pantai lainnya.

Pantai Ngrumput berpasir putih bersih  dan terbilang asri, belum dikotori oleh sampah dan limbah.

Pantai Ngrumput terdapat batu-batu karang yang menambah elok pemandangan. Terdapat juga beberapa tebing dan gua yang bisa kalian jelajahi. Air lautnya biru, bersih dan jernih sehingga kalian bisa sepuasnya berenang dan bermain air.

BACA JUGA:   Gunung Cilik Kaliurip Wonosobo

Pantai Ngrumputg juga menjadi spot terbaik untuk mendapatkan foto berlatar belakang sunrise dan Sunset yang instagramable banget!

Baca Juga: Pesona Curug Seribu, Kesejukan Sebuah Panorama Apik dan Keasrian Alam yang Masih Terjaga

Daya Tarik Pantai Ngrumput

  1. Berkemah di Tepi Pantai

Kalian bisa menikmati sensasi bermalam di tepi pantai dengan sinar rembulan yang terang. Jika dari atas bukit, pemandangannya akan sangat menakjubkan.

Puluhan tenda berwarna-warni menghiasi bibir pantai. Ditambah cahaya dari api unggun, membuat suasana semakin semarak.

Kalian tidak perlu khawatir tentang peralatan berkemah, karena pihak pengelola pantai menyediakan layanan sewa peralatan berkemah. Dari mulai tenda hingga lentera.

Baca Juga: 10 Coffee Shop di Pangandaran Direkomendasikan Untuk Anda di Sisa Libur Tahun Baru 2023

  1. Tebing, Lorong Gua dan Karang Bolong

Selain pantai berpasir putih, lokasi wisata ini juga terkenal dengan tebing, lorong gua dan karang yang tersebar di sekitarnya. Sangat cocok sebagai latar belakang saat berfoto.

Salah satu hal yang unik adalah di lokasi ini terdapat sebuah karang yang bolong. Apabila ombak bergulung datang, maka air lautnya akan melewati lubang di tengah karang ini. Indah sekali!

Kalian harus berhati-hati apabila ingin menyusuri tepi tebing dan karang. Sebaiknya jangan melakukannya saat air laut sedang pasang.

  1. Bukit Kosakora

Nama Pantai Ngrumput sebenarnya berasal dari nama bukit yang mengelilingi. Dulu, masyarakat sekitar menamakan perbukitan ini sebagai Bukit Ngrumput. Sebab, masyarakat sering mencari rumput untuk pakan ternak di bukit ini.

Garumedang Tektites

Garumedang Teknik Geosite (GTG) berada di Dusun Garumedang Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, kini menawarkan berbagai geowisata edukasi. Garumedang Teknik Geosite (GTG) berada di Dusun Garumedang Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, kini menawarkan berbagai geowisata edukasi. (Ist/dok Veri Yadi)

Garumedang Tektites adalah destinasi wisata baru yang ada di Belitung, tempat ini baru dikembangkan menjadi tempat wisata sejak tahun 2020 silam.

Garumedang Tektites dibangun dengan konsep mengubah lahan bekas tambang menjadi sesuatu yang menarik, dengan tetap menjaga segala kekayaan alam yang ada.

Selain dapat belajar tentang sejarah penemuan batu satam, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di Garumedang, mulai dari camping hingga susur lembah.

Terdapat lahan yang cukup luas, sekitar satu hektar yang memang diperuntukan sebagai tampat camping atau camping-ground’ title=’ camping ground’> camping ground bagi para pengunjung.

Tak tanggung-tanggung, lahan seluas satu hektar tersebut dapat menampung setidaknya 50 peserta sekaligus, datarannya rendah berpasir dengan kemiringan 15 derajat, sehingga aman dan bebas banjir ketika hujan.

Dari tempat camping ini, Anda juga dapat menikmati keindahan alam berupa pancaran sinar saat matahari terbit dari persembunyiannya dan juga saat matahari terbenam.

Pantai Cepoon

Keindahan Pantai Cepun Keindahan Pantai Cepun (Dok/Yudi Denan/Kik Yanto)

Pantai Cepoon adalah pantai lama, namun baru eksis di tahun 2018 silam. Pantai Cepoon memiliki pesona alam yang indah, seperti kebanyakan pantai yang ada di Belitung lainnya.

BACA JUGA:   Terbaik Pantai Sendang Biru - Malang Selatan Dengan 11 Foto

Terdapat pepohonan berukuran besar yang masih dipertahankan, agar suasana tetap sejuk serta alami. Didukung pula dengan luasnya hamparan rumput yang hijau dan luas, kerap digunakan sebagai  camping ground.

Memiliki luas lebih dari 2 hektar, Pantai Cepoon bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk acara gathering maupun camping bagi yang ingin menikmati suasana pantai lebih lama.

Tak hanya itu, berbagai kegiatan sosial lainnya juga kerap dilakukan di sini, melibatkan para warga setempat dan juga para wisatawan.

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Cepoon di antaranya melihat sunset atau matahari terbenam.

Pantai indah ini juga telah difasilitasi dengan lengkap, terdapat saung, rumah pondok, listrik dan air bersih, toilet, serta musala.

Bisa Nikmati Sunset dari Atas Bukit yang Menjorok ke Laut, Pantai Widodaren Punya Pesona Tersendiri Rabu, 17 Maret 2021 10:35

TRIBUNMANADOTRAVEL, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata.

Destinasi wisatanya pun seakan tidak pernah habis dan selalu menarik untuk dikunjungi.

Apalagi di Kabupaten Gunungkidul yang terdapat banyak pantai indah dan mempesona.

Salah satunya adalah Pantai Widodaren di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Dikutip dari TribunVideo.com, Pantai Widodaren adalah pantai eksotik yang keasrian alamnya masih terjaga.

Kawasan wisata Pantai Widodaren memiliki bukit yang menjorok ke laut dengan batu karang dan padang rumput yang cukup luas.

Selama berlibur di Pantai Widodaren, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit, atau juga bisa di bibir pantai yang memiliki pasir putih.

Menariknya, Pantai Widodaren juga memiliki lokasi camping di bukitnya.

Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati sunset yang sangat indah bila cuaca sedang cerah saat sore hari.

Pantai Widodaren berjarak sekira 60 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh selama 1 jam 35 menit dengan mengendarai sepeda motor.

Baca juga: MUI Keluarkan Fatwa Terkait Vaksinasi Covid-19: Tidak Membatalkan Puasa

Baca juga: Tertunda Lama, Academy Musem of Motion Pictures Akan Buka Pada September 2021

Sedangkan jika mengendarai mobil, perjalanan menuju Pantai Widodaren memakan waktu sekira 1 jam 50 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Jarak dari tempat parkir ke pantai juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 200 meter.

Biaya parkir hanya Rp 5 ribu jika pengunjung tidak mendirikan tenda atau camping, dan Rp 10 ribu jika ingin bermalam atau camping di pinggir pantai.

Sedangkan, jika ingin memasuki area pantai, pengunjung akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp 2 ribu saja.

Di tempat camping ada juga warung dengan harga makanan dan minuman yang tergolong wajar.

Tersedia pula fasilitas toilet yang bisa digunakan untuk umum.

Pantai Widodaren bisa menjadi rekomendasi untuk wisatawan yang ingin camping di tepi pantai eksotis tanpa terlalu ribet dan tanpa biaya yang mahal.

BACA JUGA:   Wisata Makam Sunan Gunung Jati Wikipedia yang Berisi Informasi Menarik

TRAVEL UPDATE: Pesona Pantai Seger, Spot Terbaik untuk Berselancar di Lombok

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memang dikenal dengan keindahan alam yang memesona.

Pantai-pantai indah nan menakjubkan di Lombok menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Mantan Pramugari Ungkap Sisi Kelam Maskapai Mewah di Amerika Serikat, Dipecat Karena Penampilan

Baca juga: Ranca Upas Tawarkan Pengalaman Liburan yang Berbeda, Bisa Berinteraksi dengan Rusa Secara Langsung

Satu di antara pantai indah yang bisa kamu kunjungi saat berada di Lombok adalah Pantai Seger.

Menurut laporan wartawan Tribun Lombok, Sirtu, Pantai Seger merupakan destinasi wisata yang populer di Kabupaten Lombok Tengah.

Lokasi pantai tepatnya berada di wilayah Desa Sukadane, Kecamatan Pujut.

Pantai ini berada di jejeran pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Menariknya, Pantai Seger juga bersebelahan dengan Sirkuit MotoGP Mandalika.

Pantai Seger, Lombok, NTB (Instagram/@didan_yamazaki_yuza_lombok)

Apabila berangkat dari Bandara Internasional Lombok, butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di sini.

Tak perlu khawatir soal akses, kondisi jalan menuju kawasan Mandalika sudah sangat baik.

Kawasan Pantai Seger sangat istimewa bagi warga Suku Sasak di Lombok Tengah.

Setiap sudut pantai menawarkan panorama berbeda dan memanjakan mata.

Bagi yang ingin melihat pesona elok Pantai Seger dari ketinggian, bisa naik ke bukit di sekitar bibir pantai.

Bukan hanya sekedar pantai biasa, masyarakat Sasak yakin bahwa Pantai Seger konon merupakan lokasi Putri Mandalika menenggelamkan diri.

Hingga kini, legenda tersebut terus dilestarikan melalui Festival Bau Nyale.

Baca juga: Lion Air Group Sediakan Layanan Rapid Test Antigen di Batam, Simak Tarif dan Ketentuannya

Baca juga: Maria Prisilia Rengkung Ajak Masyarakat ke Talaud Menikmati Pantai yang Jernih

Ketika Festival Bau Nyale digelar, penduduk akan ramai-ramai berusaha menangkap cacing laut yang disebut Nyale.

Hewan ini diyakini merupakan jelmaaan Putri Mandalika.

Kegiatan Bau Nyale sudah menjadi agenda tahunan yang diadakan antara Februari hingga Maret.

Dalam festival ini, masyarakat dan wisatawan akan berlomba mencapai bibir pantai sejak pagi buta.

Hewan ini diyakini merupakan jelmaaan Putri Mandalika.

Kegiatan Bau Nyale sudah menjadi agenda tahunan yang diadakan antara Februari hingga Maret.

Dalam festival ini, masyarakat dan wisatawan akan berlomba mencapai bibir pantai sejak pagi buta.

Pantai Seger juga kerap dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas surfing.

Bagi pemula maupun profesional, Pantai Seger cukup bagus sebagai spot berselancar.

Banyak peselancar lokal dan mancanegara datang untuk surfing di pantai ini.

Ketinggian ombaknya dinilai sangat bagus bagi semua kalangan untuk menikmati aktivitas surfing.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul TRAVEL UPDATE: Serunya Camping di Pantai Widodaren Gunungkidul, Bisa Nikmati Sunset dari Atas Bukit.

Halaman selanjutnya

Satu di antara pantai indah yang …

Also Read

Bagikan: