Objek wisata air panas tabanan

Gundana

Pemandian air panas Wisata Eka Tirta Tabanan tampil unik sehingga membuatnya berbeda dengan pemandian air panas lainnya yang ada di Bali.

Desain kebun yang tertata rapi dengan tanaman pohon kelapa, pohon pakis dan tatanan rumpu hijau sedikitnya mampu membuktikan itu.

Wisata Eka Tirta atau disebut juga WET, memiliki dua kolam umum untuk berendam yang masing-masingnya memiliki pancuran air panas.

wisata eka tirta (wet)

Kolam pertama berada di sisi timur dengan kedalaman sekitar satu meter. Sedangkan kolam kedua berada di sisi barat dengan kedalamn 60 cm.

Kemudian, bagi pengunjung yang ingin privasi saat berendam di kolam air panas, Pengelola juga telah menyediakan pondok khusus, sehingga pada saat berendam tidak akan terlihat dari luar.

Jumlah pondok ini ada 7 kolam. Masing-masing kolam yang tertutup dapat menampung maksimal 5 orang.

pemandian air panas di bali

Berbeda dengan pemandian air panas umumnya yang berada di daerah agak masuk ke dalam, pemandian ini berada di tepi jalan yang mudah di lalui, Ini karena pemandian ini sebenarnya berjarak 3 km dari lokasi mata air panasnya.

Simak juga: 38 lokasi hits di Bali

Lokasi Wisata Eka Tirta

Pemandian air panas Wisata eka Tirta berlokasi di Jl. Raya Apuan Senganan – Baturiti No.552, Apuan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Rute Menuju Wisata Eka Tirta

Seperti umumnya lokasi wisata di Bali di luar denpasar, lokasi ini juga sulit jika ingin dicapai dengan kendaraan umum.

Karena belum tersedianya trasportasi umum untuk menuju lokasi pemandian air panas Wisata Eka Tirta Tabanan ini, sebagian besar wisatawan untuk menuju lokasi kolam air panas kan menggunakan kendaraan pribadi.

nuansa alam di wisata eka tirta

Untuk praktisnya, pengunjung yang akan mengunjungi kolam air panas Wisata Eka Tirta Tabanan, dapat mencari jasa sewa mobil murah di Bali.

Namun Bagi anda yang tidak ingin ribet dalam mencari lokasi, tidak ingin ribet mencari tempat parkir dan ingin istirahat di mobil saat menuju lokasi pemandian air panas Angseri  Tabanan, ada alternatif yaitu mencari jasa sewa mobil plus supir di Bali.

Simak juga: Pesona Gunung Mutis di NTT

Jam Buka Wisata Eka Tirta

Pemandian air pAnas Wisata Eka Tirta Bali ini buka setiap hari sepanjang pekan. Mulai buka di pagi hari jam 08.00 dan tutup di sore hari jam 18.00.

Tiket Wisata Eka Tirta

Tarif yang dikenakan bagi pengunjung untuk menikmati fasilitas Objek Air Panas WET ini terbilang cukup murah. Bagi pengunjung lokal, dikenakan tiket masuk Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Jika mau tempat khusus, mereka dikenakan biaya tambahan sewa pondok privat, sebesar Rp 20.000 per unit.

Fasilitas Wisata Eka Tirta

Sarana penunjang dan fasilitas pengunjung pemandian air panas wisata eka tirta Bali telah dilengkapi dengan ruang ganti, toilet, kantin dan restoran.

Daya Tarik Wisata Eka Tirta

1. Kolam Berendam yang Tertata

kawasan yang tertata baik

Wisata Eka Tirta memiliki dua kolam umum untuk berendam yang masing-masingnya memiliki pancoran air panas.

Kolam pertama berada di sisi timur dengan kedalaman sekitar satu meter. Sedangkan kolam kedua berada di sisi barat dengan kedalamn 60 cm.

BACA JUGA:   Wisata sendi adventure pacet mojokerto

 

wisata eka tirta tabanan bali

Kemudian, saat ini sedang dibangun satu kolam lagi di ujung barat. Kedalamannya sekitar 140 meterdan dijadwalkan akan selesai pertengahan bulan Maret 2020. Namun, kolam ini akan menggunakan air dingin, bukan air panas.

Selain itu, juga sedang dibangun tempat panglukatan di sisi barat laut, yang dijadwalkan pula akan selesai bersamaan dengan kolam air dingin tadi.

Panglukatan ini dibangun untuk melayani pengunjung khusus yakni kategori pendeta/ pemangku. Sehingga para pendeta ini mandinya tidak bercampur dengan khalayak umum.

2. Pondok Berendam Privat

Simak juga: Fatumnasi, Timor Tengah Selatan NTT

Objek wisata Eka Tirta ternyata juga memiliki tempat khusus berupa pondok-pondok berbahan bambu. Pondok tersebut disediakan khusus bagi pengunjung yang ingin berendam secara privasi dan terpisah dari pengunjung lainnya.

kolam rendam privat

Pondok-pondok tersebut memang dibuat sedemikian rupa supaya kesan alami serta tradisionalnya terasa. maka dari itu dinding serta atapnya pun dibuat dari bambu. Di dalam pondok tersebut telah disediakan kolam dengan ukuran 2 meter x 2 meter dengan kedalaman 60 cm.

Objek Wisata Eka Tirta memiliki 7 pondok yang berjajar di sebelah utara. Uniknya, pondok-pondok tersebut diberi nama berbeda-beda berdasarkan nomor urut kelahiran krama Bali yakni, Pondok I Gede, Pondok Putu, Pondok Made, Pondok Kadek, Pondok Komang, Pondok Koming, dan Pondok Ketut.

3. Debit dan Suhu Air yang Stabil

Tidak seperti umumnya pemandian air panas, yang berada tepat di mata air, pemandian Wisata eka tirta ini berlokasi sekita 3 km dari sumber air panasnya.

Sebelum ditata dan beroperasi seperti saat ini, sempat dilakukan 4 kali percobaan untuk mengalirkan air panas dari sumbernya di Munduk Lumpang, Desa Angseri.

suhu air yang stabil

Percobaan yang berulang kali itu dilakukan untuk memperoleh debit dan suhu air yang stabil dan tidak banyak berubah, dibandingkan dengan panas saat di sumbernya sampai tiba di lokasi.

Hal ini menjadi krusial karena air disalurkan menggunakan pipa sejauh 3 kilometer dari sumbernya, sehingga debit dan suhunya pun rawan anjlok.

Setelah melalui 4 kali percobaan, pengelola akhirnya bisa membangun Objek Air panas Wisata Eka Tirta ini. Mereka berhasil memperoleh debit air cukup dan suhunya konstan di angka sekitar 46 derajat Celsius.

4. Pembatasan Waktu Berendam

Simak juga: Museum Dirgantara Jogja

Objek Wisata Eka Tirta  memiliki sebuah ketentuan khusus bagi pengunjungnya yang menyewa pondok untuk berendam.

Ketentuan itu adalah pembatasan berendam maksimal 30 menit. Ketentuan ini dibuat dengan alasan sisi kesehatan. Pasalnya, jika pengunjung beredam lebih dari 30 menit, maka bisa lemas karena pengaruh belerang.

peraturan di wisata eka tirta

Mengingat beberapa pengalaman yang pernah terjadi di Objek Air Panas WET sebelumnya. Salah satu keluarga sempat pingsan karena berendam terlalu lama.

Maka dari itu, pembatasan waktu itu dibuat bukan karena kepentingan komersil saja, akan tetapi mempertimbangkan sisi kesehatan.

Selain objek wisata Pura, seperti Pura Tanah Lot atau Pura Ulun Danu Beratan, kabupaten Tabanan Bali juga menawarkan pilihan objek wisata pemandian air panas. Salah satu pemandian air panas kabupaten Tabanan favorit wisatawan domestik adalah kolam air panas Penatahan. Khusus pada halaman ini, saya akan menuliskan panduan liburan ke objek wisata air panas Penatahan / ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort kabupaten Tabanan. Alasannya karena banyak dari pelanggan paket tour Bali kami yang meminta rute itinerary liburan ke Bali mengunjungi objek wisata Bali selain pantai.

Objek Wisata Bali Selain Pantai

Liburan ke Bali sangat identik dengan berlibur ke pantai pasir putih, terutama pantai Kuta dan pantai Pandawa. Bagi yang sering berlibur ke Bali mengunjungi pantai sepertinya bukan lagi menjadi prioritas tempat liburan pulau Bali, dan akan mencari tempat wisata alternatif selain pantai.

Pembaca pastinya akan bertanya objek wisata Bali selain pantai yang menarik untuk dikunjungi apa ya?

Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata menarik untuk anda kunjungi selain pantai, contohnya seperti:

BACA JUGA:   24 Wisata Gunung Kidul Paling Hits

Pemandian Air Panas Bali

Apakah pembaca ingin mengunjungi tempat mandi air panas pulau Bali dengan air panas alami yang mengandung belerang?

Pulau Bali memiliki banyak pemandian air panas dan sumber air panas berasal dari dari daerah pegunungan gunung berapi. Jadi bukan pemandian air panas yang airnya panas memakai mesin pemanas.

Mungkin sebagian besar dari pembaca tahu, manfaat air panas alami dari pegunungan. Karena air panas mengandung mineral seperti belerang jadi sangat bagus untuk kesehatan dan peremajaan kulit, mempercepat hilangnya memar. Selain itu air panas pegunungan dapat membantu pemulihan rematik dan relaksasi.

Maaf pembaca, saya jadi promosi obat, padahal niat menulis tentang tempat wisata air mandi panas pulau Bali.

Pulau Bali menawarkan banyak tempat pemandian air panas alami. Namun kolam air hangat pulau Bali yang terkenal ada 2, yaitu:

Mohon untuk mengklik link bagian atas, untuk mengetahui informasi lebih mendetail dari masing – masing pemandian air panas alami. Karena pada halaman ini, saya akan menuliskan panduan liburan ke kolam Penatahan Hot Spring Tabanan.

Lihat Halaman Ini, ”Daftar Tempat Wisata & Aktivitas Liburan Kabupaten Tabanan” >>>

Daya Tarik & Fasilitas Air Panas Penatahan Tabanan

Kolam Umum Utama ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring ResortKolam Umum Utama ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort

Jika pemandian air panas Toya Bungkah Kintamani Bali memiliki pemandangan tepi danau Batur, maka pemandian air panas Penatahan memiliki daya tarik pemandangan sawah dan hutan yang masih asri. Udara sekitar pemandian Penatahan Hot Spring sangat sejuk karena lokasinya berada pada area pegunungan.

Sumber air panas berasal dari sebuah pura yang berada pada areal pemandian air panas dan nama puranya Pura Yeh Panes.

Keunikan dari pemandian air panas Penatahan Penebel Tabanan, selain memiliki pemandangan sawah dan pepohonan rindang, desain dari pemandian ini juga sangat unik karena memiliki konsep seperti SPA dengan kolam private.

Lihat, ”Harga Tiket Masuk Alas Kedaton Monkey Forest Tabanan Bali” >>>

Kolam Private

Terdapat 8 kolam private, empat kolam berada pada bagian atas dan empat kolam ada pada bagian bawah. Untuk setiap kolam private, tersedia sebuah meja yang dapat anda gunakan untuk menaruh barang bawaan.

Pada sudut kolam private terdapat pancuran air panas. Untuk 4 kolam private air panas yang ada pada bagian bawah, tedapat tembok penyekat dan tanpa adanya atap. Sedangkan 4 kolam private pada bagian atas dikelilingi dengan dinding bambu.

Pada saat ramai kunjungan wisatawan, terkadang anda harus menunggu untuk dapat menggunakan kolam private. Karena menggunakan kolam private sangat digemari sebagian besar pengunjung kolam Yeh Panes Penatahan.

Lihat Panduan Liburan Ke: Pemandian Air Panas Angseri Tabanan.

Tiga Jenis Kolam Umum

Jalan SetapakJalan Setapak

Untuk menuju ke kolam pemandian umum, pengunjung akan melewati jalan setapak yang tertata rapi dengan pinggiran kebun hijau. Terdapat 3 kolam umum pada ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort,

  1. Kolam pertama lokasinya paling dekat dengan pinggir sungai. Ukurannya paling terkecil dengan suhu air dingin dan dikelilingi batu besar. Kolam ini lebih disukai pengunjung jika ingin berendam sambil melihat pemandangan sungai.
  2. Kolam kedua, ukurannya lebih besar dari kolam pertama dan suhu air panas. Terdapat pancuran bambu pada kolam kedua dengan suhu air sekitar 38 – 40 derajat celcius.
  3. Kolam ketiga adalah kolam yang lokasinya paling teratas dan memiliki luas terbesar dari semua kolam dengan suhu air cukup hangat. Kedalaman kolam sekitar 1 meter dan lebih sering dipergunakan oleh anak-anak.

Apabila anda menyukai berenang ramai-ramai dengan pengunjung lain, kolam umum pilihaannya. Hanya saja, suhu kolam tidak terlalu hangat.

Lihat: Tempat Romantis Bali Untuk Honeymoon Murah.

Kolam Untuk Anak-Anak

Bagaimana dengan anak-anak, apakah tersedia kolam untuk anak-anak? Jika pembaca berlibur ke pemandian air panas di kabupaten Tabanan ini bersama anak-anak, seperti layaknya pemandian air panas di Bali yang lain, kolam ketiga di ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort di peruntukan untuk anak-anak.

BACA JUGA:   Favorit 13 Wisata Taman Spathodea Kebagusan

Tersedia Tempat Makan

Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pemandian Yeh Panes, setelah berendam sekitar 30 menit, rasa lapar pasti akan datang. Jika anda tidak membawa bekal makanan, anda dapat membeli makanan di salah satu restoran yang terdapat di depan lokasi pemandian Yeh Panes.

Lokasi Air Panas Penatahan Penebel

Air Panas PenatahanPenatahan Hot Spring

Saya akan menjelaskan lokasi dari air panas Penatahan Tabanan terlebih dahulu. Karena setiap orang yang ingin mengunjungi tempat wisata Bali, selalu memperhitungkan akan lokasi objek wisata yang ingin dikunjungi. Apakah jauh dari tempat menginap atau apakah ada tempat wisata pulau Bali yang yang lain di areal tempat wisata yang dituju?

Pemandian Penatahan Hot Spring lokasinya berada pada tepi sungai Yeh Ho, berada dalam sebuah desa bernama Penatahan, berada dalam kawasan kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan. Orang lokal, pemandian air panas ini lebih familiar dengan sebutan pemandian Yeh Panes.

Selain terkenal akan objek wisata pemandian air panas, kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan juga terkenal akan tempat wisata Taman Kupu-Kupu.

Sangat mudah mencari lokasi dari pemandian ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort, karena ada banyak petunjuk jalan untuk menuju lokasi. Apalagi saat ini sudah ada GPS pada gadget kesayangan pembaca.

Untuk memudahkan pembaca menemukan lokasi dari pemandian air panas Penatahan, mohon untuk menggunakan Google Map!

Lihat Peta Lokasi, ”Yeh Panes Penatahan Penebel Tabanan Google Map” >>>

Jam Buka & Harga Tiket Masuk Air Panas Penatahan

Jika anda mencari kolam air panas belerang, maka ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort layak anda kunjungi saat liburan ke pulau Bali. ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort buka dari jam 07:00 – 20:00 dan buka setiap hari. Berikut ini daftar harga tiket masuk kolam air panas Penatahan Penebel Tabanan.

  • Untuk kolam umum biaya tiket masuk sebesar Rp 15,000/orang.
  • Untuk kolam private harga tiket masuk Rp 25,000/dewasa, Rp 10,000/anak, untuk penggunaan selama satu jam.

Area parkir kendaraan lumanyan luas dan sangat mudah untuk mendapatkan tempat parkir mobil. Mohon ingat membawa handuk dan menggunakan baju renang. Selain itu, jangan menggunakan sabun atau shampo pada area kolam renang.

Jarak Tempuh Dari Tempat Wisata Tabanan Yang Lain

Ada banyak tempat wisata terkenal Bali yang masuk dalam wilayah kabupaten Tabanan, seperti danau Beratan Bedugul, Kebun Raya Bedugul dan tempat wisata pura Tanah Lot.

Jika pembaca berangkat dari tempat wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul, untuk menuju lokasi dari pemandian Penatahan Hot Spring akan menempuh jarak sekitar, 38 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit.

Apabila anda berangkat dari objek wisata pura Tanah Lot ke kolam air panas Penatahan, maka akan menempuh jarak 27 kilometer, dengan waktu tempuh 50 menit.

Sebagian besar wisatawan domestik, setelah mengunjungi tempat wisata Bedugul Bali akan melanjutkan rute tour Bali dengan mengunjungi pemandian Penatahan Hot Spring. Setelah itu itinerary liburan ke Bali mengunjungi pura Tanah Lot Bali.

Pilihan Transportasi Liburan Ke Penatahan Hot Spring

Kemanapun objek wisata Bali yang anda ingin kunjungi, pilihan transportasi jalan-jalan pulau Bali terbaik adalah kendaraan pribadi. Ada dua pilihan kendaraan pribadi, yaitu sepeda motor atau mobil.

Mencari penyedia jasa rental motor motor pulau Bali sangatlah mudah, apabila anda menginap pada kawasan tempat wisata bagian selatan Bali. Anda hanya perlu mencari rental motor dengan menggunakan Google. Rata-rata harga sewa motor pulau Bali sekitar Rp 75,000/24 jam.

Untuk pilihan menggunakan mobil ada dua, ada pilihan rental mobil lepas kunci dan ada pilihan Bali sewa mobil dengan sopir. Mencari jasa Bali rental mobil lepas kunci sangat susah. Karena tidak banyak penyedia jasa sewa mobil pulau Bali menyediakan jasa sewa mobil tanpa sopir.

Apabila anda ingin kenyamanan, mobil selalu bersih, tidak ingin ribet mencari tempat parkir, ada baiknya anda menggunakan jasa sewa mobil Bali dengan sopir. Harga rent car Bali dengan driver tergantung dari jenis mobil yang anda ingin gunakan.

Sebagai contoh, harga sewa Toyota Avanza dengan driver tanpa BBM, Rp 325,000/12 jam. Apabila anda ingin menggunakan Toyota Innova reborn, maka harga sewa Toyota Innova reborn lebih mahal. Rata-rata harga sewa mobil Toyota Innova reborn pulau Bali Rp 850,000/12 jam termasuk BBM.

Hak cipta photo miliki – http://yehpanesbali.blogspot.co.id

Also Read

Bagikan: