Objek wisata air terjun di bali

Gundana

Ada Banyak Air Terjun di Bali yang Harus Dikunjungi!

Kalau kamu tertarik untuk mengeksplor berbagai air terjun di Bali, Klook punya daftar air terjun-air terjun terpopuler dan terindah di Bali yang telah kami rangkum dalam artikel ini!

10 Air Terjun Terindah di Bali Rekomendasi Klook

  1. Sekumpul Waterfall

  2. Leke Leke Waterfall

  3. Kanto Lampo Waterfall

  4. Aling Aling Waterfall

  5. Tegenungan Waterfall

  6. Tibumana Waterfall

  7. Tukad Cepung Waterfall

  8. Gitgit Waterfall

  9. Banyumala Twin Waterfall

  10. Banyu Wana Amertha Waterfall

Transportasi untuk Keliling Berbagai Air Terjun di Bali

Air terjun di Bali rata-rata cukup jauh dari Bali Selatan yang merupakan sentra wisata Bali seperti Kuta atau Seminyak. Sebagian air terjun dalam daftar ini bahkan berada di Bali Barat ataupun Bali Timur yang letaknya puluhan kilometer dari Denpasar. 

Oleh karena itu, memikirkan

transportasi untuk keliling berbagai air terjun di Bali

harus dilakukan saat kamu merencanakan liburan ke Bali.

Setidaknya ada 3 opsi yang bisa kamu ambil untuk mengeksplor berbagai waterfalls di Bali:

1. Sewa Motor

Sewa motor di Bali adalah salah satu cara transportasi termurah dan paling banyak digunakan oleh turis di Bali. Bahkan kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp 50 ribuan saja di Klook!

Motor memang merupakan transportasi yang fleksibel banget. Tapi perlu kamu ingat ya, kalau kamu akan harus melalui perjalanan yang jauh untuk mencapai air terjun-air terjun dalam daftar ini. Berkendara dengan motor tentu akan lebih melelahkan, dan kamu juga akan rentan diguyur hujan atau kepanasan di bawah terik matahari.

3. Rental Mobil Lepas Kunci

Foto: comzeal images on Shutterstock

Sewa mobil di Bali untuk liburan sangat direkomendasikan karena kamu bakal beneran bebas mau ke mana aja tanpa batas, asal masih di dalam area Pulau Bali dan dikembalikan tepat waktu.

Jadi, enggak perlu takut ada biaya tambahan karena mau mengunjungi tempat wisata di Bali yang cukup jauh dari area turis di Bali Selatan, seperti di Bali Timur atau Bali Utara, karena kamu tinggal modal bensin doang buat ke sana.

3. Mengikuti Paket Tour

Pilihan terbaik lain yang bisa kamu pilih adalah dengan mengikuti paket tour ke air terjun Bali seperti

paket tour Bali Hidden Waterfalls Trip

yang bisa dipesan di Klook. Dengan paket tour, kamu akan dibawa ke satu atau bahkan beberapa air terjun sekaligus dalam satu hari perjalanan, jadi kamu bisa puas banget mengeksplor berbagai air terjun populer di Bali.

Kamu juga enggak perlu repot-repot mencari arah ke air terjun yang ingin kamu kunjungi karena pemandumu pastinya udah hapal banget sama tempatnya. Kamu pun bisa merasa lebih aman sepanjang perjalanan.

BACA JUGA:   Tempat Wisata Alam Bogor Murah Meriah: Serunya Berwisata di Kaki Gunung Salak

Baca selengkapnya:

Persiapkan Fisik Sebelum Mengeksplor Air Terjun di Bali

Meski sebagian air terjun di Bali sudah memiliki jalur yang baik dan bisa dicapai dengan aman, namun sebagian besar baru bisa dicapai setelah trekking sepanjang beberapa ratus meter dari tempat parkir. Jalurnya pun bisa saja tidak mudah dilalui – kalaupun mudah, pasti dalam bentuk tangga-tangga yang akan menguras tenaga.

Oleh karena itu, persiapkan fisik kamu sebelum mengeksplor air terjun-air terjun di Pulau Dewata. Jangan lupa persiapkan alas kaki yang baik untuk trekking, dan tentu saja baju ganti karena kamu sangat mungkin berbasah-basahan di sana!

1. Sekumpul Waterfall

Foto: Alexandra K on Unsplash

Air Terjun Sekumpul atau Sekumpul Waterfall bisa dibilang merupakan salah satu air terjun terpopuler di Bali. Maklum, air terjun ini memang beneran luar biasa, karena setidaknya ada 7 air terjun yang berkumpul di area ini!

Bersiaplah melewati trek yang tidak mudah untuk bisa mencapai lokasi Sekumpul Waterfall – dari trekking beberapa ratus meter sampai masuk ke dalam sungai! 

Jika ingin mengikuti paket tour ke Sekumpul Waterfall, kamu bisa memesan

Bali Hidden Waterfalls di Klook

2. Leke Leke Waterfall

Foto: Ines Álvarez Fdez on Unsplash

Leke Leke Waterfall adalah air terjun di Bali lainnya yang sedang naik popularitasnya. Alasannya apalagi kalau bukan karena pemandangan unik yang ditampilkan air terjun ini: air seolah terjun dengan deras ke dalam kolam yang diapit tebing yang penuh dengan tanaman hijau rimbun. Keren abis!

Makanya, usahakan jangan weekend deh kalau mau main ke air terjun ini. Cari waktu yang sekiranya sepi pengunjung biar kamu bisa dapat foto yang keren banget di Leke Leke Waterfall ini.

Berkat popularitasnya, jalan menuju Leke Leke Waterfall juga sudah lebih bagus daripada sebagian jalur ke air terjun di Bali lainnya, terutama untuk air terjun yang masih lebih tersembunyi. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan air terjun ini karena papan petunjuk sudah dipasang di banyak tempat.

Ingin mengunjungi Leke Leke Waterfall dengan paket tour? Kamu bisa memesan

Paket Tour ke Leke Leke Waterfall dan Jatiluwih Rice Terrace

di Klook.

3. Kanto Lampo Waterfall

Foto: Filbert Mangundap on Unsplash

Air Terjun Kanto Lampo bisa dibilang merupakan salah satu yang paling mudah dicapai dari area-area turis seperti Ubud. Terletak di Gianyar, Kanto Lampo Waterfall memang relatif mudah dicapai dari area Bali Selatan! Meski begitu, pemandangan yang disajikan juga bukan pemandangan air terjun biasa.

Kanto Lampo adalah salah satu air terjun dengan bentuk yang unik karena air menuruni tebing-tebing yang terbentuk seperti terasering. Hasilnya adalah air terjun unik yang keren banget buat jadi latar belakang foto yang Instagramable!

Kalau berani, kamu bahkan bisa memanjat air terjun ini sampai ke tengah. Tapi pastikan hati-hati ya, karena batu-batu di tebing ini sangat licin berlumut.

Untuk mengunjungi Kanto Lampo Waterfall dengan paket tour, kamu bisa memesan

Bali Swing and Waterfall Full Day Trip di Klook

BACA JUGA:   Menjelajahi Wisata Alam Ogan Komering Ulu yang Menakjubkan

4. Aling Aling Waterfall

Foto: Oliver Sjöström on Unsplash

Meski sekilas seperti air terjun deras biasa, Aling Aling Waterfall sebetulnya terbelah dua: satu yang airnya sangat deras, sementara yang satu lagi debit air yang meluncur jauh lebih sedikit. Hasilnya, kamu mungkin akan melihat air terjun ini terlihat berbeda di foto yang satu dengan foto yang lain, kadang terlihat satu, kadang terlihat dua – tergantung debit air yang sedang mengalir.

Namun keistimewaan Aling Aling Waterfall enggak cuma itu. Air terjun yang ada di Bali utara, tepatnya di Kabupaten Buleleng, ini juga punya kolam air yang dalam, mencapai 4 meter, dan sangat ideal untuk berenang! Air di sini juga bersih dan sangat segar, bikin kamu pasti pengen nyebur.

Namun siap-siap harus berjalan jauh dari area masuk ya, karena kamu akan harus berjalan sekitar 10 menit untuk sampai ke air terjun.

Kalau kamu ingin mengunjungi Aling Aling Waterfall dengan paket tour, kamu bisa memesan

paket tour Bali Hidden Waterfalls di Klook

5. Tegenungan Waterfall

Tegenungan Waterfall atau Air Terjun Tegenungan terletak di Gianyar, enggak jauh dari Bali Bird Park yang tersohor, dan bisa dengan mudah dicapai dari Ubud juga. Bisa dibilang, Air terjun di Bali yang satu ini adalah yang paling mudah dicapai dari Bali selatan dibanding air terjun lainnya dalam daftar ini. Enggak heran, air terjun ini pun bisa lebih ramai daripada air terjun lainnya di Bali.

Meski begitu, Air Terjun Tegenungan tetaplah indah dan bisa dimengerti kenapa banyak orang mau datang ke sini. Dengan arus air yang deras, apalagi di musim hujan, pemandangan yang diberikan oleh air terjun ini sangat mengesankan!

Karena ramai, sangat tidak disarankan mengunjungi Tegenungan Waterfall di musim liburan, ya! Kamu juga bisa mengunjungi air terjun ini dan Hidden Canyon yang tak jauh dari sana dalam satu hari yang sama dengan

paket Full Day Tour Hidden Canyon, Air Terjun Tegenungan, dan Goa Gajah

yang bisa dipesan di Klook

Hidden canyon, savana, hingga Taman Edelweis – inilah hidden gems yang ada di Bali:

6. Tibumana Waterfall

Foto: Aurelia Teslaru on Shutterstock

Tibumana Waterfall terletak di Bangli, dan merupakan salah satu air terjun yang paling populer juga di Bali karena pemandangan yang ditampilkan di sini. Dengan dikelilingi tebing-tebing yang hijau karena rimbun tanaman, Tibumana Waterfall terasa sangat menyenangkan dan menenangkan untuk dipandang.

Bukan hanya itu, tempat ini juga ideal untuk jadi area berburu foto yang bagus karena latar belakang air terjun, tebing-tebing hijau di sekelilingnya, dan juga kolamnya yang terlihat menyegarkan. Apalagi, area untuk berfoto di Tibumana Waterfall juga cukup luas, sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai angle yang cocok untuk foto-fotomu.

7. Tukad Cepung Waterfall

Foto: Marco Tjokro on Unsplash

Tukad Cepung Waterfall sendiri merupakan air terjun yang relatif enggak terlalu jauh juga dari Bali selatan. Tepatnya sekitar 1 jam berkendara dari sekitar Denpasar. Enggak heran air terjun ini juga cukup populer di kalangan wisatawan.

BACA JUGA:   Wisata bukit minyak kayu putih

Air terjun Tukad Cepung sendiri cukup unik karena letaknya seperti di dalam ngarai atau canyon, karena diapit tebing-tebing batu yang memberikan pemandangan yang sangat berbeda dibanding air terjun lain. Kalau datang di waktu yang tepat, kamu bahkan bisa mendapatkan foto “cahaya surga” dengan memanfaatkan sinar matahari yang masuk ke area tertentu di antara dinding-dinding batu ini!

Air terjunnya sendiri cukup indah dan keren untuk berfoto, apalagi jika kamu datang ketika air sedang cukup deras.

Jika ingin pergi ke Tukad Cepung Waterfall dengan paket tour, kamu bisa memesan

Bali Tukad Cepung Waterfall & Jungle Swing Private Day Trip

di Klook.

8. Gitgit Waterfall

Foto: Tony Prince on Shutterstock

Gitgit Waterfall atau Air Terjun Gitgit air terjun dengan ketinggian mencapai 48 meter, membuatnya menjadi salah satu air terjun tertinggi di Bali. Pemandangan yang dihasilkan pun sangat mengesankan, dengan air terjun ke bawah dalam dua kolom karena terbelah batu tebing. 

Namun untuk mencapai ke sini, memang enggak mudah karena Air Tejrun Gitgit terletak di Bali utara. Kamu bisa mengunjunginya dalam satu hari bersamaan dengan Aling Aling Waterfall karena lokasinya memang tak terlalu jauh. Selain itu, tak jauh dari Gitgit Waterfall kamu juga akan menemukan beberapa air terjun kecil lain, jadi bisa lebih puas wisata air terjunnya!

Jika kamu lebih suka mengunjungi Gitgit Waterfall tanpa ribet, kamu bisa mengunjungi air terjun ini dan juga Aling Aling Waterfall dengan mengikuti paket tour

Bali Hidden Waterfalls Trip

9. Banyumala Twin Waterfall

Foto: Tawatchaiwanasri on Shutterstock

Sesuai namanya, Banyumala Twin Waterfall merupakan air terjun yang aliran ke bawahnya terpecah menjadi dua jalur, membuatnya seolah dua air terjun di satu tempat. Aliran airnya pun cukup deras meski debit airnya tidak terlalu tinggi, membuatnya seperti turun mengikuti kontur tebing batu di belakangnya.

Tapi bukan hanya itu saja yang membuat wisata air terjun ini sangat menarik. Tetapi juga karena air terjun ini punya kolam yang relatif luas dan lebar, membuatnya ideal banget untuk refreshing dan berenang. Apalagi kolamnya pun enggak terlalu dalam. Pemandangan hijau di sekeliling area wisata air terjun pun akan membantumu merasa tenang dan nyaman saat bermain di air terjun ini.

Tapi siap-siap harus trekking menuruni tangga cukup jauh ya untuk bisa ke sini, karena letaknya sekitar 2km dari parkiran kendaraan.

10. Banyu Wana Amertha Waterfall

Foto: @odikabayoe on Instagram

Agak mirip dengan Kanto Lampo Waterfall yang seperti air terjun berbentuk terasering dengan kontur bertumpuk-tumpuk, Banyu Wana Amertha Waterfall juga memiliki keunikan yang sama. Yang berbeda adalah jika Kanto Lampo terlihat seperti 1 air terjun yang bertumpuk, Banyu Wana Amertha Waterfall ini seperti beberapa air terjun muncul di satu tempat sekaligus!

Hal ini disebabkan ada jarak antara satu aliran dengan aliran lainnya. Wisata air terjun di Bali yang satu ini pun menghadirkan pemandangan yang unik banget!

Terletak di Wanagiri, Banyu Wana Amertha Waterfall ini terletak tidak jauh dari Banyumala Twin Waterfall dan Gitgit Waterfall. Kamu juga bisa berwisata ke

Wanagiri Hidden Hill

yang punya pemandangan indah ke Danau Buyan.

Wanagiri Hidden Hill adalah salah satu spot Instagramable di Bali! Baca selengkapnya:

Promo Khusus Aktivitas Outdoor Bersama Decathlon

Kamu hanya perlu memasukkan kode promo KLOOKXDECATHLON saat checkout, dan diskon langsung sebesar Rp 35.000 akan langsung kamu dapatkan – tanpa minimum pembelian!

Diskon ini terbatas bagi pengguna baru Klook dan untuk 100 transaksi pertama saja, jadi segera buat akun di Klook dan lakukan pemesanan aktivitas outdoor kamu di Klook.

Also Read

Bagikan: