Skip to content
Home » Wisata Cagar Alam » Objek Wisata Alam di Purwakarta: Menikmati Keindahan Alam di Daerah Jawa Barat

Objek Wisata Alam di Purwakarta: Menikmati Keindahan Alam di Daerah Jawa Barat

Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang kaya akan keindahan alam. Berbagai objek wisata alam di Purwakarta menawarkan pesona keindahan yang memukau, mulai dari perbukitan hijau yang menghijau di musim penghujan hingga air terjun yang menyejukkan. Berikut ini adalah beberapa objek wisata alam di Purwakarta yang patut untuk dikunjungi.

Bukit Batu Kapur Pasirmenaga

Bukit Batu Kapur Pasirmenaga merupakan salah satu objek wisata alam di Purwakarta dengan panorama yang menakjubkan. Bukit ini terdiri dari formasi batu kapur dan memiliki ketinggian sekitar 597 mdpl. Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah, seperti hijaunya perbukitan dan pesona Danau Leles.

Situ Buleud

Situ Buleud adalah danau buatan yang terletak di tengah-tengah pegunungan Gunung Wayang. Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan seperti air yang jernih dan udara yang sejuk. Pengunjung dapat melakukan aktivitas berwisata air seperti berperahu dan menikmati keindahan alam sekitar.

Gunung Parang

Gunung Parang merupakan objek wisata alam yang menarik dengan ketinggian sekitar 700 mdpl. Dari atas gunung, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah seperti perkebunan teh, sawah, dan hamparan kota Purwakarta.

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan air terjun yang berada di wilayah Purwakarta dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas camping dan hiking. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan berada di tengah hutan pinus yang hijau.

Cikondang Waterfall

Cikondang Waterfall merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Purwakarta. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang deras. Pengunjung dapat melakukan aktivitas trekking dan menikmati panorama keindahan yang memukau.

BACA JUGA:   8 Wisata Danau Gunung Bunder

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 3078 mdpl. Gunung ini menjadi tempat favorit bagi para pendaki karena memiliki jalur pendakian yang berbeda. Dari puncak, pengunjung bisa menikmati panorama indah Gunung Ciremai dan kota sekitarnya.

Situ Cisanti

Situ Cisanti merupakan danau buatan dengan area seluas 10 hektar yang memiliki keindahan panorama alam yang memukau. Danau ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas berperahu dan memancing.

Bidadari Waterfall

Bidadari Waterfall merupakan air terjun yang terletak di kawasan pegunungan yang masih alami dan terjaga kelestariannya. Air terjun ini memiliki debit air yang deras dan ketinggian sekitar 20 meter.

Gunung Kendeng

Gunung Kendeng adalah gunung dengan puncak tertinggi sekitar 1.716 mdpl dan tersebar di tiga wilayah yakni Purwakarta, Bandung Barat, dan Sumedang. Gunung ini memiliki pemandangan indah dan jalur pendakian yang menantang.

Dengan demikian, objek wisata alam di Purwakarta menawarkan keindahan panorama alam yang memukau dan sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam pegunungan dan perbukitan. Liburan yang menyenangkan dan mengesankan pastinya akan didapatkan dengan mengunjungi objek wisata alam di Purwakarta.