Pantai Muara Indah Kota Agung

Gundana

Nikmati Liburan Idul Fitri di Taman Wisata Pantai Muara Indah Tanggamus

Taman Wisata Pantai Muara Indah di Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang ingin berlibur pada Idul Fitri 1443 Hijriyah. Koordinator Robi Suharto yang diwakili oleh pengelola wisata pantai, Junaidi, mengungkapkan bahwa kunjungan wisatawan pada liburan Idul Fitri dan liburan sekolah tahun ini sangat ramai.

Pantai Muara Indah mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak hari pertama Idul Fitri dan jumlah kunjungan mencapai minimal 500 pengunjung. Hal ini mungkin karena adanya kelonggaran aturan pada tahun ini, sehingga wisatawan mayoritas pemudik dan wisatawan lokal yang ingin mencari hiburan memilih untuk berkunjung ke tempat ini.

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para pengunjung, pihak Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah berkoordinasi dengan Polres dan Kodim Tanggamus. Polres, Airud dan anggota Kodim akan menjaga keamanan dan memastikan para pengunjung merasa nyaman selama berada di sana.

Pengelola pantai Muara Indah juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung, seperti pemandian pantai yang aman dan terjaga, perahu sampan fiber sewaan untuk menikmati suasana laut, lokasi kuliner, toilet, tempat bilas, dan penginapan home stay bagi yang ingin menginap. Harga tiket masuk sangat terjangkau hanya Rp5000, parkir Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil.

Meskipun destinasi wisata pantai di Kota Agung ini cukup ramai, beberapa pengunjung mengusulkan untuk meningkatkan kebersihan pantai agar para pengunjung semakin nyaman dan senang. Namun, semua pengunjung yang telah mengunjungi pantai Muara Indah merasa sangat puas dengan keindahan pantainya yang masih alami.

BACA JUGA:   Memukau 12 Wisata Telaga Tiga Warna

Selain pantai Muara Indah, destinasi wisata pantai Terbaya juga cukup ramai dikunjungi wisatawan dari luar Tanggamus yang sedang berlibur di sana. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Taman Wisata Pantai Muara Indah saat liburan Idul Fitri nanti, karena tempat ini menawarkan berbagai fasilitas dan keindahan pantai yang masih asli.

Lampung.co – Berlokasi di Teluk Semaka, Pantai Muara Indah Tanggamus Lampung ini cocok untuk dijadikan lokasi liburan bersama keluarga. Di pantai dengan ombak yang tidak terlalu tinggi ini anda bisa bermain dan bercengkrama bersama keluarga.

Pantai ini memiliki taman yang telah dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) sehingga, lokasinya sudah tertata apik dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Berkunjung ke lokasi ini, pengunnjung akan mendapat dua suguhan yakni taman yang apik dan pantai yang indah.

1. Alamat Pantai Muara Indah

Pantai ini terletak di Kelurahan Baros, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Leataknya berada di dalam kota, sehingga lokasi ini seringkali ramai oleh penunjung. Bisa juga dilihat melalui google maps.

2. Rute Perjalanan Menuju Pantai Muara Indah

Cukup mudah untuk menemukan lokasi pantai ini. Patokannya adalah lampu merah kota agung. Dari lampu merah tersebut belok ke kiri sampai pertigaan sebelum pasar ikan ambil jalan arah kanan dan sampai.

Dari lampu merah Kota Agung, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit. Jika dari Bandar Lampung maka pengunjung bisa menempuhnya via Jalan Lintas Barat Sumatera.

Jaraknya sekitar 97 km dengan watu tempuh sekitar dua sampai tiga jam. Adapun rutenya yakni Bandar Lampung – Gedong Tataan – Pringsewu – Kota Agung – Pantai Muara Indah.

Untuk transportasi umum dari Bandar Lampung, pengunjung bisa menggunakan bus tujuan Kota Agung dari Terminal Rajabasa. Tarifnya sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 40.0000. Selain itu pengunjung juga bisa menaiki travel dengan taris lebih mahal sekitar Rp. 60.000 sampai Rp. 80.000.

BACA JUGA:   Tempat wisata keluarga di gresik

3. Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Muara Indah

Pantai ini masih satu kawasan dengan taman muara indah yang dijadikan RTH, sehingga untuk memasukinya tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk fasilitasnya terdapat gedung sebagai pusat kuliner yang tentunya akan memudahkan bagi para pengunjung untuk membeli dan menikmati kuliner setempat.

Terdapat banyak tempat duduk dan beberapa saung yang sangat dekat dengan bibir pantai sehingga pengunjung bisa langsung menikmati keindahan pantai. Di taman juga telah disediakn tempat parkir yang luas serta taman yang kekininan untuk para pengunjung.

4. Keindahan dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Pengunjung yang datang akan disambut dengan taman yang apik. Di taman ini ada tulisan yang bisa dijadikan foto karena cukup ikonik. Tulisan “Taman Wisata Muara Indah” berwarna merah yang membelakangi laut tersebut akan memberikan pemandangan laut ketika berfoto di depannya.

Keunikan pantai ini yakni adanya bebatuan kecil di tepian laut yang bertebaran di sepanjang bibir pantai. Batu kecil berwarna hitam berpadu dengan pasir berwarna hitam di pantai ini. Pengunjung bisa mandi dan bermain air di pantainya.

Ombak disini cukup aman karena tidak terlalu tinggi. Di beberapa spot terdapat batu yang ukurannya besar. Batu ini akan nampak fotogenik ketika digunakan untuk obejk berfoto.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan laut saja, di pantai ini juga ada pemandangan yang tak kalah apik dibandingkan Pantai Sawmil di Wonosobo Tanggamus.

Ada view Gunung Tanggamus dan juga perbukitan serta pegunungan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Gunung setinggi 2.100 MDPL ini nampak jelas dari pantai ini, hijaunya pegunungan TNBBS pun akan semakin membuat mata pengunjung menjadi termanjakan.

Tak jauh Pantai Muara Indah juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Madang Kota Agung. Jadi, pengunjung bisa sekaligus berbekanja ikan sambil berwisata.

BACA JUGA:   Terbaik 6 Rekomendasi Wisata Pantai Apparalang

Pantai dan taman disini cocok untuk berwisata bersama keluarga. Selain panorama yang indah dan kenyamanan taman pengunjung juga akan dibawa ke suasana nyaman yang jauh dari hiruk pikup.

Demikianlah informasi terkait Pantai Muara Indah Tanggamus Lampung. Semoga bisa menjadi referensi libutan anda.

Also Read

Bagikan: