Pantai muara kencan kendal

Posted on

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau yang dimilikinya, menjadikan Indonesia memiliki banyak pantai yang indah dan potensial sebagai destinasi wisata. Beberapa pantai Indonesia sudah dikenal dunia, seperti Pantai Bali.

Aktivitas Seru di Pantai
Bicara soal pantai, pastinya banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan, seperti bermain pasir, berenang, atau berjemur. Selain itu, pergi ke pantai juga dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik.

Pantai Muara Kencan: Keindahan Tersembunyi
Salah satu pantai yang memiliki keindahan tersembunyi di Jawa Tengah adalah Pantai Muara Kencan, yang berada di Kota Kendal. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah, dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih.

Fasilitas yang Disediakan
Pantai Muara Kencan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung untuk beraktivitas di pantai, seperti gazebo, tempat parkir, dan area bermain anak. Ada juga beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman tradisional sehingga pengunjung dapat menikmati kelezatan makanan lokal.

Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan
Di Pantai Muara Kencan, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan wisata, seperti berenang, berjemur, atau bermain air. Bagi yang suka berolahraga air, bisa mencoba olahraga selam atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Jika ingin beristirahat, pengunjung bisa berlama-lama di gazebo sambil menikmati pemandangan pantai.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi
Pantai Muara Kencan adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berada di Jawa Tengah. Keindahan alam yang ditawarkan serta fasilitas yang lengkap membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di pantai. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Muara Kencan dan membawa pulang kenangan indah bersama keluarga dan teman-teman.

Pantai Muara Kencan Kendal

Pantai Muara Kencana

Pantai Muara Kencan adalah salah satu kawasan wisata pantai yang terdapat di Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pantai Muara Kencan ini memang tidak sepopuler pantai-pantai lainnya yang ada di Kendal seperti Pantai Moro atau Pantai Ngebum. Namun keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Kota Kendal.

Tidak populer-nya Pantai Muara Kencan disebabkan oleh kurangnya promosi dari pihak pemerintah setempat atau dari pihak pengelola pantai.

Namun pantai ini masih sering dikunjungi khususnya oleh para kaum muda-mudi. Pantai Muara Kencan ini menawarkan keindahan yang mempesona yang membentang dari ujung barat hingga ujung timur.

Pantai Muara Kencan ini dulunya pernah sangat populer, yaitu ketika pas awal dibuka. namun seiring berjalannya waktu Pantai Muara Kencan jadi kurang diminati karena kurangnya perawatan yang menyebabkan orang enggan kesana.

Menurut petugas pantai yang berjaga di Pantai Muara Kencan, pantai ini memang tidak bisa diprediksi kapan ramai atau sepi-nya.

Terkadang di hari libur, pantai terlihat sepi dan hanya beberapa orang saja yang mengunjungi pantai ini. Namun di di hari aktif Pantai Muara Kencan justru malah terlihat ramai.

Namun meski demikian Anda jangan sampai melewatkan Pantai Muara kencan ketika berkunjung ke Kabupaten Kendal.

Harga Tiket Masuk Pantai Muara Kencan

Anda dapat menikmati semua keindahan serta fasilitas yang ada di Pantai Muara Kencan dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja.

Pengelola juga tidak menetapkan waktu berkunjung yang mengartikan bahwa pantai ini dibuka selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Muara Kencan

Wisata Pantai Muara Kencan

Untuk bisa sampai ke pantai ini dimana rute cukup jauh dan lumayan membingungkan apabila Anda belum pernah kesana.

Sangat minim petunjuk arah, namun Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat bertanya kepada warga sekitar apabila Anda bingung di tengah perjalanan.

Anda yang dari luar Cepiring maka Anda bisa berkendara saja melewati Jalan Pantura. Pertama yang harus Anda temukan adalah Pasar Cepiring atau Pabrik Gula Cepiring. Kemudian Anda harus ke barat sekitar 300 meter dari Pasar Cepiring.

Kemudian ada jalan  ke arah utara atau jalan menuju Desa Korowelang, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Pasar Pidodo. Sampai di Pasar Pidodo ini Anda sudah dekat dengan Pantai Muara Kencan.

Dari sana ikuti saja jalan hingga ke ujung dimana Anda akan menemukan Pantai Muara Kencan. Jika Anda masih bingung maka Anda dapat bertanya kepada warga setempat yang ada di Pantai Muara Kencan.

Obyek Wisata Pantai Muara Kencan

Selama di pantai ini, anda dapat menikmati berbagai obyek wisata dan melakukan beberapa aktivitas. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Melihat Pemandangan Pantai

Pantai Muara Kencan Cepiring

Selama di sini, Anda dapat menikmati keindahan pantai. Pantai di daerah Pantura ini memiliki pasir yang berwarna hitam. Namun begitu Anda tetap dapat berenang dan bermain pasir di sekitar pantai.

Apalagi jika Anda mengajak anak-anak, sangat tepat kalau diajak bermain pasir di pantai ini.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Muara Kencan Kendal

Selain itu ada banyak hal-hal yang dapat Anda lakukan di Pantai Muara Kencan ini. Misalnya Anda dapat melakukan kegiatan berenang atau hanya sekedar bermain pasir.

Ombak di Pantai Muara Kencan ini tidak begitu besar sehingga sehingga pantai ini cukup aman digunakan untuk berenang. Namun jangan berenang terlalu jauh, disarankan untuk berenang di sekitar bibir pantai demi keamanan.

3. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Muara Kencan

Jika Anda ingin melihat pemandangan yang indah di pantai ini, Anda dapat menunggu saat-saat matahari mau tenggelam. Pemandangan waktu sunset di pantai Muara Kencan ini memang sangat indah.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna biru dan jingga, membuat pemandangan saat itu sangat menakjubkan. Memen ini dapat Anda jadikan background dari foto Anda yang nantinya akan terlihat siluet yang sangat indah.

4. Pemandangan Pohon Pinus

Obyej Wisata Pantai Muara Kencan

Di sekitar area pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menambah keindahan dari pantai Muara Kencan ini. angin sepoi-sepoi dari laut membuat daun-daun pohon pinus bergoyang-goyang dan menambah keindahan suasana pantai.

5. Bermain di Sekitar Pantai

Pantai Muara Kencan Kendal
Pantai Muara Kencan Kendal

Selama berkunjung di pantai Muara Kencan ini, Anda dapat bermain di beberapa wahana permainan yang ada di sekitar pantai.

Anda dapat bermain ayunan, jungkat-jungkit atau sekedar berlari-larian bersama anak-anak Anda.

Fasilitas di Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan sebenarnya memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Kamar Mandi bilas
  • Toilet
  • Penginapan
  • Taman Bermain

Area parkir-nya juga cukup luas  untuk Anda tanpa khawatir bingung akan tempat parkir kendaraan.

Disarankan untuk membawa bekal saat berkunjung ke pantai ini seperti makanan kecil dan juga minuman karena susah ditemukan penjual makanan dan minuman di sekitar pantai.

Di Pantai Muara Kencan juga menyediakan banyak pondok yang nyaman yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama dengan keluarga atau sahabat.

Suasana ini juga didukung dengan banyaknya pohon disekitar pantai yang semakin membuat pantai terasa sejuk dan juga nyaman.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Muara Kencan Kendal, Jawa Tengah ini. Jika Anda berkunjung ke kota santri ini, jangan lupa untuk singgah di pantai-pantai yang ada di daerah ini.

Pantai Muara Kencan adalah teritori rekreasi pantai yang ada di Dusun Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa tengah. Indonesia di kenali sebagai negara kepulauan, ini bisa di buktikan dari jumlahnya pulau yang di punyai Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang banyaknya capai beberapa ribu.

Perihal ini pula yang mengakibatkan Indonesia banyak memiliki pantai yang dikenali keelokannya. Pantai di Indonesia memang menjadi satu diantara bidang rekreasi yang paling prospektif, bahkan juga beberapa pantai yang berada di Indonesia sudah go-international. Sebutlah saja Pantai Bali yang keelokan pantainya telah populer di penjuru dunia.

Berbicara masalah pantai tentunya banyak kegiatan membahagiakan yang dapat kerjakan seperti bermain pasir, berenang dan lain-lain. Disamping itu ke pantai dapat sehatkan kesehatan psikis dan fisik kita. Salah satunya pantai yang mempunyai keelokan yang cantik ialah Pantai Muara Kencan yang berada di Kota Kendal, Jawa tengah.

Pantai Muara Kencan Kendal

Pantai Muara ini memanglah tidak setenar beberapa pantai yang lain yang berada di Kendal seperti Pantai Moro atau Pantai Ngebum. Tetapi keelokan pantai ini tidak kalah dari beberapa pantai yang lain di Kota Kendal.

Tidak terkenal-nya Pantai ini di sebabkan karena minimnya promo dari faksi pemerintahan di tempat atau dari faksi pengurus pantai.

Tetapi pantai ini sering di datangi terutamanya oleh beberapa golongan muda-mudi. Pantai Muara Kencan ini tawarkan keelokan yang memesona yang menghampar dari ujung barat sampai ujung timur.

Pantai ini dahulunya pernah benar-benar terkenal, yakni saat cocok awalnya di buka. tetapi seiring waktu berjalan Pantai Muara ini jadi kurang di sukai karena minimnya perawatan yang mengakibatkan orang malas ke sana.

Menurut petugas pantai yang berjaga-jaga di Pantai, pantai ini memanglah tidak dapat di prediksikan kapan ramai atau sepi-nya. Kadang pada hari liburan, pantai kelihatan sepi dan cuman sebagian orang saja yang berkunjung pantai ini.

Tetapi di pada hari aktif Pantai malah justru kelihatan ramai. Tetapi meskipun begitu Anda janganlah sampai melewati Pantai Muara kencan saat bertandang ke Kabupaten Kendal.

Harga Ticket Masuk Pantai Muara Kencan

Anda bisa nikmati semua keelokan dan sarana yang berada di Pantai Muara Kencan dengan bayar ticket sejumlah Rp 10.000 saja. Pengurus pun tidak memutuskan waktu bertandang yang mendefinisikan jika pantai ini di  buka sepanjang 24 jam, jadi Anda dapat tiba kapan pun.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Muara Kencan

Untuk dapat sampai ke pantai ini di mana jalur lumayan jauh dan cukup memusingkan jika Anda tidak pernah ke sana. Benar-benar kurang panduan arah, tetapi Anda tidak perlu cemas karena Anda bisa menanyakan ke masyarakat sekitaran jika Anda kebingungan di tengah-tengah perjalanan.

Anda yang di luar Cepiring karena itu Anda dapat berkendaraan saja melalui Jalan Pantura. Pertama kali yang harus Anda dapatkan ialah Pasar Cepiring atau Pabrik Gula Cepiring. Selanjutnya Anda harus ke arah barat sekitaran 300 mtr. dari Pasar Cepiring.

Selanjutnya ada jalan ke utara atau jalan ke arah Dusun Korowelang, turuti saja jalan itu sampai hingga di Pasar Pidodo. Sampai di Pasar Pidodo ini Anda telah dekat sama Pantai Muara Kencan.

Disana turuti saja jalan sampai ke ujung di mana Anda akan mendapati Pantai Muara Kencan. Bila Anda masih bimbang karena itu Anda bisa menanyakan ke masyarakat di tempat yang berada di Pantai.

Objek Rekreasi Pantai Muara Kencan

Saat di pantai ini, anda bisa nikmati beragam objek rekreasi dan lakukan beberapa kegiatan. Beberapa aktivitas itu salah satunya:

1. Menyaksikan Panorama Pantai

Saat di sini, Anda bisa nikmati keelokan pantai. Pantai di wilayah Pantura ini mempunyai pasir yang warna hitam. Tetapi demikian Anda masih tetap bisa berenang dan bermain pasir di sekitaran pantai. Apa lagi bila Anda ajak anak-anak, benar-benar pas jika di bawa bermain pasir di pantai ini.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Disamping itu ada beberapa beberapa hal yang bisa Anda kerjakan di Pantai Muara Kencan ini. Misalkan Anda bisa lakukan aktivitas berenang atau sekedar hanya bermain pasir.

Ombak di Pantai ini tidak demikian besar hingga sehingga pantai ini cukuplah aman di pakai untuk berenang. Tetapi tidak boleh berenang terlampau jauh, di anjurkan untuk berenang di sekitaran bibir pantai untuk keamanan.

3. Nikmati Sunset

Bila Anda ingin menyaksikan panorama yang cantik di pantai ini, Anda bisa menanti saat matahari ingin terbenam. Panorama waktu sunset di pantai ini benar-benar cantik.

Warna langit yang kuning keemasan dipadankan dengan warna biru dan jingga, membuat panorama waktu itu benar-benar mengagumkan. Memen ini bisa Anda menjadikan latar belakang dari photo Anda yang nanti akan kelihatan siluet yang paling cantik.

4. Panorama Pohon Pinus

Disekitaran tempat pantai ada beberapa pohon pinus yang menambahkan keelokan dari pantai Muara Kencan ini. angin semilir dari laut membuat daun-daun pohon pinus bergoyang-goyang dan menambahkan keelokan situasi pantai.

5. Bermain di Sekitaran Pantai

Sepanjang bertandang di pantai ini, Anda bisa bermain di sejumlah sarana permainan yang ada di sekitaran pantai. Anda bisa bermain ayunan, jungkat-jungkit atau sekadar berlari-larian bersama anak-anak Anda.

Sarana di Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan sebetulnya mempunyai sarana yang paling komplet. Sarana-fasilitas itu salah satunya:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Kamar Mandi basuh
  • Toilet
  • Penginapan
  • Taman Bermain

Tempat parkir-nya lumayan luas untuk Anda tanpa cemas kebingungan akan tempat parkir kendaraan. Di anjurkan untuk bawa perbekalan saat bertandang ke pantai ini ibarat makanan kecil dan minuman karena sulit di ketemukan penjual minuman dan makanan di sekitaran pantai.

Di Pantai Muara sediakan banyak pondok yang nyaman yang bisa Anda pakai untuk santai bersama dengan keluarga atau teman dekat. Situasi ini di sokong dengan adanya banyak pohon di sekitar pantai yang makin menambah pantai berasa sejuk dan nyaman.

Jika anda ingin berpergian bersama keluarga, anda bisa menggunakan layanan sewa bus jogja milik Genjos Holiday.com. Sehingga anda tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain

Begitu pembahasan berkenaan rekreasi Pantai Muara Kencan Kendal, Jawa tengah ini. Bila Anda bertandang ke kota santri ini, janganlah lupa untuk berkunjung di beberapa pantai yang berada di wilayah ini.