Pelajari Keindahan Alam Melalui Pengalaman Agrowisata di Banyuwangi

Gundana

Agro wisata Kali Klatak merupakan tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya berada sekitar 15 Km sebelah barat kota Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat wisata yang menawarkan perkebunan dengan pemandangan indah dan suasana sejuk khas pegunungan.

Tempat wisata ini tidak hanya sebagai wisata agro tertua di Banyuwangi. Kali Klatak juga sebagai perintis agrowisata pertama di Indonesia. Perkebunan kali Klatak memiliki luas lahan sekitar 1013 ha, dan berada pada ketiggian 450 mdpl.

Perkebunan ini awalnya dimiliki oleh Mij Moorman & Co, salah satu perusahan Belanda. Pada tahun 1957 perkebunan ini berpindah tangan ke pengusaha pribumi yang bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Perkebunan Kali Klatak berkembang di bidang tanaman lada, cengkeh, pala, kayu manis, vanili, keninger, kayu putih, kelapa dan buah-buahan seperti pisang dan jeruk. Komoditas utama dari Kali Klatak diantaranya berupa kopi, coklat, karet, cengkeh, dan rempah-rempah.

Agro wisata Kali Klatak memiliki panorama alam yang indah. Udaranya segar dan sejuk berada di dataran tinggi pegunungan. Pemandangan alam menawan berlatar belakang Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Gunung Ranti di Jawa Timur.

Selain menikmati panorama alamnya yang indah, disini pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman menarik tentang perkebunan.

Alamat Agro Wisata Kali Klatak

Gombengsari, Kalipuro, Gombeng, Gombengsari, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Jam Buka

Setiap hari. Buka 24 jam.

Rute ke Agro Wisata Kali Klatak

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Agro Wisata Kali Klatak, bisa menempuhnya selama 30 menit. Letaknya berada di lereng Gunung Merapi. Sekitar 15 kilometer sebelah barat dari kota Banyuwangi.

Transportasi

Wisata Agro Wisata Kali Klatak memiliki lokasi yang cukup mudah diakses. Sarana transportasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil. Jika menggunakan trasnportasi umum anda bisa menggunakan bis umum atau angkutan lainnya.

Ada Apa di Agro Wisata Kali Klatak

gapura agrowisata kali klatakgapura agrowisata kali klatak. google maps. sumber : Yoga Efendi

Ketika berkunjung ke tempat ini, pengunjung akan disguhkan dengan suasana klasik. Terdapat sebuah gapura berukuran besar seperti pada jaman kerajaan. Gapura tersebut diukir dengan ornamen bergaya Bali yang terbuat dari batu alam.

Di Agro Wisata Kali Klatak, pengunjung akan menjumpai banyak jenis tanaman-tanaman perkebunan. Mulai dari kopi, cengkeh, kayu manis, kayu putih, lada, pala, cokelat, rempah-rempah hingga pohon karet.

BACA JUGA:   Agrowisata Kopeng: Menikmati Wisata dan Belajar di Perkebunan Kopi

Belajar Aneka Tanaman Perkebunan

perkebunan kali klatakperkebunan kali klatak. google maps. sumber : K. Albertazzi

Di Agro Wisata Kali Klatak, tersedia berbagai kegiatan seru dan menarik. Berekreasi, bermain hingga belajar tenatang berbagai macam tanaman perkebunan. Disini pengunjung akan diberikan edukasi seperti bertani, berkebun dan beternak.

Pengolahan Kopi dan Karet

agro wisata kali klatak 1agro wisata kali klatak. google maps. sumber : Philip Suhandi Tanjungpengolahan kopi agro wisata kali klatakpengolahan kopi agro wisata kali klatak. google maps. sumber : Isna Cherie

Selain menikmati panorama alam , disini pengunjung juga mendapatkan edukasi dan pengalaman menarik. Salah satu daya tarik dari Agro Wisata Kali Klatak adalah pengolahan kopi. Pengunjung bisa melihat dan dan belajar cara mengolah kopi. Mulai dari penanaman, pemeliharaan, pemetikan biji kopi hingga pengolahan biji kopi siap konsumsi.

Demikian juga dengan pengelolaan tanaman karet. Mulai dari pengambilan getah karet sampai proses menjadi bahan dasar pembuatan produk karet.

Menikmati Pemandangan Alam

pemandangan alam agro wisata kali klatakpemandangan alam agro wisata kali klatak. google maps. sumber : Yayasan Ayashi

Di kawasan wisata Kali Klatak terdapat tempat yang bernama Hargosonyo. Dari sini anda dapat menikmati pemandangan kota Banyuwangi, Selat Bali dan Semenanjung Blambangan yang indah.

Fasilitas Agro Wisata Kali Klatak

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Agro Wisata Kali Klatak :

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • toilet dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Sekitar Agro Wisata Kali Klatak

Lokasi Agro Wisata Kali Klatak berdekatan dengan beberapa objek wisata menarik lainnya.

  • Wana Wisata Dan Bumi Perkemahan Sumber Manis, Suko Gombengsari Banyuwangi
  • Wisata Kalibendo
  • Puncak Asmoro
  • Air Terjun jagir
  • Pemandian Taman Suruh
  • Desa Wisata Osing

Hotel Terdekat Agro Wisata Kali Klatak

  • Sahid Osing Kemiren Banyuwangi
  • Jiwa Jawa Resort Ijen
  • Ijen Resto Banyuwangi Guest House
  • Kawah Ijen Inn
  • Manyar Garden Hotel
  • Hotel Mahkota Plengkung
  • Ketapang Indah Hotel

Video Agro Wisata Kali Klatak

Video berikut dikutip dari chanel :

Penutup

Agro Wisata Kali Klatak merupakan salah satu tempat favorit keluarg di Kabupaten Banyuwangi. Menawarkan wisata air berupa kolam renang, dikelilingi pemandangan alam yang indah dan asri. Tempat wisata ini berada di ketinggian sehingga memiliki udara bersih dan sejuk khas pegunungan

Tempat wisat ini banyak dikunjingi wisatawan pada hari biasa terutama pada akhir pekan. Tempat wisata yang ramah anak dan cocok untuk semua kalangan usia.

TIMESINDONESIA, GRESIK – Belajar mengajar tak hanya di dalam kelas. Di Gresik, sejumlah siswa SD swasta memilih destinasi Agrowisata Kebun Pak Inggih untuk belajar di luar kelas. 

Wisata yang terletak di Desa Sekapuk Ujungpangkah ini menawarkan pengalaman menanam, memberi pakan ternak, merawat tanaman serta mengenal aneka pohon buah.

BACA JUGA:   Wisata air terjun coban canggu

Advertisement

Waka Kesiswaan SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, Farikha mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah mengimplementasikan pembelajaran yang telah dilakukan di kelas.

“Kegiatannya tadi pengenalan tanaman buah, perawatan, belajar menanam, makan hewan ternak kambing dan kelinci serta outbond, total 108 siswa kelas 1 yang ikut,” katanya, Selasa (23/8/2022).

Alasan memilih Wisata KPI, tambah Farikha karena disini para siswa bisa belajar tentang alam sekitar yang asri. Pengalaman menarik pun didapatkan para siswa.

“Saat ini bagaimana anak-anak bisa mengenal kearifan lokal wisata yang ada di Gresik. Tentu anak-anak bisa mendapat pengalaman berharga,” tambahnya.

Agrowisata-2.jpgSiswa saat belajar luar kelas di Agrowisata Kebun Pak Inggih Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

Sementara itu, Manajemen KPI Sekapuk, Sekar Dwi Cahyani menerangkan, wisata yang dia kelola memang cocok untuk jujukan wisatawan. Khususnya wisata edukasi.

Di Wisata KPI, imbuh Sekar diilengkapi 17 unit rumah adat, puluhan spot foto, dan aneka jenis pohon perindang dan produksi. Total ratusan jenis pohon.

“Disini bisa belajar bermacam-macam edukasi mulai pertanian, peternakan dan perikanan. Juga bisa melihat aneka Cottages dengan model rumah adat nusantara,” ujarnya.

Meski baru dibuka pada Februari 2022, pengunjung datang dari berbagai daerah diantaranya Lamongan, Sidoarjo dan Surabaya. Mereka juga sering menggelar kegiatan belajar sambil wisata.

“Meraka biasanya memakai paket wisata edukasi,” imbuh Tim Manajemen Agrowisata Kebun Pak Inggih Gresik usai mendampingi siswa berwisata edukasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Jakarta

Indonesia menyimpan potensi alam yang melimpah, mulai dari pegunungan hingga perairan terhampar lengkap di bumi Nusantara. Kekayaan alam itu melahirkan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beragam daya tarik wisata alam yang dapat dinikmati wisatawan domestik dan mancanegara di Indonesia. Salah satunya, yakni menikmati keindahan lahan pertanian dan perkebunan di destinasi agrowisata.

Belakangan ini, agrowisata semakin digemari oleh wisatawan. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat merasakan hasil pertanian dan perkebunan seperti sayur dan buah-buahan segar yang dipetik langsung dari pohonnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lewat agrowisata, orang dewasa maupun anak-anak akan mendapatkan pengetahuan seputar aktivitas pertanian dan perkebunan. Ditambah lagi hamparan lahan pertanian dan perkebunan menyajikan panorama yang syahdu, jauh dari ingar bingar kota.

Berwisata ke destinasi agrowisata akan menjadi kegiatan menyenangkan. Sebab, kamu bisa mendapatkan suasana yang sejuk dan segar untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa stres.

Berikut ini rekomendasi agrowisata unggulan yang bisa kamu temui hanya #DiIndonesiaAja.

1. Desa Besur, Lamongan

Berfoto dengan background bunga di Desa Besur (Foto: Dok. Detikcom)

Desa Besur menjadi salah satu destinasi agrowisata populer di Indonesia. Di desa yang berada di Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini wisatawan akan mendapati lahan sawah seluas satu hektare yang telah disulap menjadi lokasi wisata.

BACA JUGA:   Menikmati Suasana Pedesaan di Villa Cibodas Agrowisata Lembang

Area tersebut sebelumnya merupakan tempat sekolah pertanian yang dialihfungsikan menjadi tempat wisata pertanian. Di lokasi tersebut, anak-anak dan orang dewasa bisa merasakan pengalaman belajar bertani dan mengenal beragam komoditas pertanian, seperti padi, sayuran, buah-buahan.

Hasil pertanian berupa sayur mayur dan buah-buahan segar dapat dinikmati para pengunjung. Selain itu, wisatawan akan disuguhkan pemandangan bunga-bunga yang segar dan eloknya pemandangan alam pedesaan.

2. Taman Suruh, Banyuwangi

Berkunjung ke Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, wisatawan akan menemukan lokasi agrowisata Taman Suruh. Tempat ini memiliki luas sekitar 10 hektare.

Di sana, wisatawan dapat melihat proses penanaman, hingga mencicipi sayur serta buah-buahan organik yang dipetik langsung dari kebun. Di taman ini juga tersedia padi hitam organik, 33 varietas melon serta bunga-bunga cantik yang akan memberikan terapi menyenangkan buat hati dan pikiran. Keindahan di tempat wisata ini juga sangat bagus dijadikan latar belakang foto.

3. Desa Sebatu, Bali

Tempat proses pembuatan kopi di Kamulilir (Foto: Dok. Detikcom)

Di Bali, kamu tidak hanya bisa menikmati wisata di pesisir pantai, ada juga pilihan agrowisata untuk disambangi. Agrowisata di Bali, salah satunya terdapat di Kamulilir, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Di Kamulilir, pengunjung akan dimanjakan dengan lanskap hutan dan sawah yang akan menghijaukan mata. Tempat ini cocok untuk bersantai sambil menikmati sejuknya udara dataran tinggi.

Pencinta kopi juga dapat menikmati beragam jenis kopi khas Pulau Dewata hingga kopi luwak di kedai Kamulilir. Kombinasi udara sejuk, panorama alam pedesaan, dan seduhan kopi akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung Kamulilir.

4. Desa Kembang Kuning, Lombok Timur

Foto: Dok. detikcom

Di desa yang berada di Kecamatan Cikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, wisatawan disuguhkan pemandangan teduh khas pedesaan. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di sana, mulai dari menyusuri area persawahan hijau nan luas, merasakan sejuknya mandi di air terjun, hingga ikut warga setempat bercocok tanam.

Selain itu, di Desa Kembang Kuning wisatawan bisa ikut mengolah kopi bersama warga setempat. Pengunjung akan diajari cara mengolah kopi, mulai dari memilih biji kopi, mencuci, melakukan sangrai, menumbuk hingga proses pengemasan. Saat datang ke Desa Kembang Kuning, wisatawan tak hanya sekadar membeli kopi, tapi juga merasakan pengalaman berbaur dengan warga hingga mendapatkan pengetahuan mengolah kopi.

Di sore hari, wisatawan bisa merasakan suasana desa nan syahdu sambil menikmati secangkir kopi olahan warga lokal.

Itu dia empat rekomendasi tempat agrowisata #DiIndonesiaAja yang sangat cocok dikunjungi untuk mendapatkan ketenangan dan pengalaman berwisata sambil bertani atau berkebun. Keempat desa wisata tersebut bisa banget masuk ke bucket list untuk kamu kunjungi saat pandemi ini sudah berakhir

Namun, di masa pandemi lokasi agrowisata juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung yang datang wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan disediakan tempat untuk mencuci tangan agar terhindar dari penularan COVID-19. Dengan disiplin protokol kesehatan, kamu dapat berwisata dengan nyaman dan tenang.

(prf/ddn)

Also Read

Bagikan: