Pemandian air panas umbul banyu roso

Gundana

Semburan air mancur dari patung gajah yang memancarkan air panas membuat Umbul Banyu Roso menjadi pemandian air hangat favorit para pengunjung di Dusun Dimajar, Kelurahan Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Tekanan air yang kuat memberikan sensasi seperti dipijat-pijat, membuat banyak pengunjung datang ke sini untuk terapi dan refreshment.

Pengalaman Pengunjung Wahid, 45 tahun, sudah pernah berendam empat kali di Umbul Banyu Roso. Setelah berendam selama 15 menit, ia akan berdiri tepat di bawah pancuran gajah karena merasa sensasi pijatan yang sangat membantu mengurangi sakit leher dan punggungnya. Sama dengan Wahid, Dariyoto datang untuk terapi kakinya yang kerap kesemutan. Sementara anak-anaknya datang untuk berenang dan bermain air.

Tempat Kesehatan Jupriyono, pengelola pemandian air hangat Umbul Banyu Roso mengatakan bahwa pemandian ini bukan seperti kolam renang pada umumnya, melainkan tempat kesehatan. Air hangat diambil dari sumber mata air alami sekitar pemandian dan tidak mengandung bahan kimia seperti kolam renang. Sejak 1,5 tahun beroperasi, pemandian ini ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kota, seperti Magelang, Temanggung, Purworejo, dan Semarang.

Pemandian Tuk Ngasinan Tidak jauh dari Umbul Banyu Roso, terdapat pemandian air hangat bernama Tuk Ngasinan yang disakralkan oleh warga sekitar. Kolam berukuran 1,5 x 1 meter ini menampung air hangat dari sumber mata air dan dipasang paralon untuk pancuran. Tuk Ngasinan sering dipakai untuk terapi bagi pengunjung yang memiliki masalah kulit dan memiliki sejarah yang cukup panjang, ditemukan saat masa pemerintahan Belanda.

Salah seorang tokoh pemuda, yang juga pengurus Penggiat Anti Narkoba di Kecamatan Tempuran, Muhamad Deni Yusuf (29) mengatakan, air panas alami di pemandian Umbul Banyu Roso merupakan sebuah fenomena alam yang unik dan menarik, banyak daya tarik orang. Oleh karena itu, kata Dia, banyak kolam renang yang didirikan di Kasuran untuk wisatawan yang berdatangan.

“Di sebelah barat kolam renang ini juga terdapat sumber air panas alami yang digunakan untuk pemandian umum oleh warga setempat. Menurut informasi air panas ini ada hubungan erat dengan Candi Bata yang baru ditemukan beberapa waktu dan pantai selatan. Dengan beragam cerita menarik itu, tak heran jika tempat ini jadi buruan wisatawan dari berbagai daerah yang datang tiap akhir pekan,” beber Deni kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Dia melanjutkan, semburan air mancur yang keluar dari belalai patung gajah menjadi primadona para pengunjung pemandian air hangat Umbul Banyu Roso. Tekanan air yang kuat, kata Deni, bisa memberikan sensasi seperti dipijat-pijat. Pengunjung bisa datang kapan saja karena tempat pemandian ini buka selama 24 jam penuh dan selalu ramai dikunjungi, pungkasnya.

BACA JUGA:   Wisata Alam Bandung Utara: Menikmati Keindahan Alam di Kawasan Utara Bandung

Sementara salah seorang pengunjung dari Jakarta, Ahmad Ambon (44) mengatakan, udara sejuk dan pemandangannya menambah keunggulan tempat wisata ini. Ditambah lagi, air panas alami yang bisa merilekskan tubuh. Pengunjung, imbuh Ia, gak perlu khawatir kelaparan karena tersedia kantin buat pesan minuman atau makanan seperti pop mie dan gorengan.

“Tempat ini cocok buat yang ingin melepas penat selama beraktivitas seharian. Dijamin tubuh bakal merasakan rileks, pikiran tenang, sejenak lupa sama utang-utang dan angsuran. Karena memang manfaatnya beneran nyata. Saya sendiri merasa lebih segar ketika bangun tidur di pagi hari setelah semalam berendam air hangat. Pusing kepala pun sekarang hilang, yang jelas badan jadi berasa lebih enteng dan serasa awet muda,” ujar Ambon sambil tersenyum.

Pantauan media, di samping fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari parkiran yang luas, tempat bilas, toilet, mushola, dan kamar mandi, harga tiket masuknya pun murah yakni 10 ribu rupiah. Menurut informasi dari penjaga tiket, tempat ini dibuka pada akhir tahun 2021 dan pemilik pun berusaha untuk menambahkan fasilitas penunjang agar semakin nyaman bagi para pengunjung. (Igie)

Pemandian Air Panas Candi Umbul - (travel.kompas.com)

Jika berbicara mengenai tempat wisata di Magelang, mungkin tidak jauh-jauh dari Candi Borobudur. Padahal, kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah tersebut masih punya banyak spot liburan menarik lainnya, salah satunya pemandian air panas. Nah, berikut rekomendasi pemandian air panas yang dapat Anda jadikan lokasi refreshing saat liburan ke Magelang.

Pemandian Air Panas Candi Umbul

Seperti namanya, pemandian air panas ini berada di kompleks Candi Umbul, tepatnya di Jalan Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa  Tengah. Jika Anda bertolak dari pusat Magelang, Anda cukup berkendara sejauh 18 km melalui jalan utama ke arah Semarang. Nantinya, Anda akan menemukan belokan kecil di kanan (timur) jalan yang mengarah ke Candi Umbul.

Tidak kalah dengan candi-candi lainnya, Candi Umbul juga punya keunikan, yakni menawarkan air panas alami di dalam kompleks candi. Setidaknya, sudah ada dua kolam yang dapat digunakan wisatawan untuk mandi air panas. Dinding kolam terbuat dari batu andesit khas candi, yang menghadirkan kesan kuno. Konon, pemandian air panas ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno.

BACA JUGA:   Mendaki Gunung Pancar Bersama Rombongan? Ini Dia Tipsnya!

Harga Tiket Pemandian Air Panas Candi Umbul

Komponen BiayaTarif

Tiket Masuk

Rp7.000

Parkir Mobil

Rp5.000

Parkir Motor

Rp3.000

Daftar harga tiket masuk tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah wisatawan, dan sudah termasuk asuransi. Dengan membayar biaya tersebut, pengunjung sudah dapat mandi atau berendam air panas sepuasnya. Kompleks Candi Umbul sendiri beroperasi setiap hari, demikian juga dengan pemandian air hangatnya. Biasanya, pemandian ditutup sebulan sekali karena dikuras.

Menurut ulasan sejumlah traveler, sebenarnya pemandian air panas di Candi Umbul merupakan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan dan dirawat. Sayangnya, agaknya pengelola sedikit abai sehingga fasilitas di lokasi tersebut dapat dikatakan tidak cukup memadai. Namun, jika Anda ingin merasakan warisan leluhur, maka berwisata ke Candi Umbul patut Anda coba.

Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso (Ngasinan)

Lokasi pemandian air panas ini terletak di Dusun Dimajar 1, Desakan, Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Setidaknya, ada tiga rute yang dapat dilewati pelancong jika hendak berkunjung. Pertama, Anda dapat berangkat dari arah Candi Borobudur, sedangkan yang kedua dari arah Magelang, dan yang ketiga dari Mertoyudan.

Dikutip dari berbagai sumber, sebelum menjadi pemandian air panas modern seperti sekarang, dulunya pernah ada pemandian air hangat yang disakralkan penduduk setempat, bernama Tuk Ngasinan. Lokasinya kurang lebih 70 meter dari Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso yang sekarang. Kala itu, Tuk Ngasinan tidak diperuntukkan rekreasi, melainkan pengobatan, terutama untuk mereka yang punya penyakit kulit. Hingga sekarang, pemandian ini masih dikunjungi untuk tujuan tetombo.

Sementara itu, Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso didesain mirip waterpark yang modern. Air hangat disemprotkan melalui air mancur yang keluar dari belalai patung gajah. Tekanan air hangat yang kuat tersebut dikatakan memberikan sensasi seperti dipijat. Tidak heran jika kemudian pemandian ini menjadi favorit warga dan akhirnya viral di media sosial.

Tidak cuma pemandian air hangat, pengelola sudah menyediakan sejumlah fasilitas pendukung yang memadai untuk pengunjung. Bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, telah disiapkan area parkir yang cukup luas. Selain, terdapat pula kamar mandi yang dapat dipakai untuk bilas atau membersihkan diri. Tidak ketinggalan warung-warung yang menjual makanan ringan seperti gorengan dan makanan berat.

BACA JUGA:   Pemandian air panas cibolang wanasuka pangalengan bandung jawa barat

Harga Tiket Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso

KomponenTarif

Tiket Masuk

Rp10.000

Parkir Mobil

Rp5.000

Parkir Motor

Rp2.000

Informasi tarif tiket masuk Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso di atas kami himpun dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah traveler yang pernah berkunjung. Perlu Anda catat bahwa harga tiket Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso sendiri beroperasi setiap hari selama 24 jam.

Pemandian Air Hangat Tirta Madu Barokah

Masih di daerah Dusun Dimajar, Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, ada Pemandian Air Hangat Tirta Madu Barokah yang juga dapat Anda jadikan lokasi refreshing. Lokasi pemandian air hangat ini tidak jauh dari Pemandian Air Panas Umbul Banyu Roso. Di dekat spot rekreasi ini, juga terdapat sejumlah tempat kuliner seperti Kupat Tahu Spesial Mba Sih dan Cafe Omah Watu.

Menurut ulasan sejumlah traveler yang pernah datang, Pemandian Air Hangat Tirta Madu Barokah merupakan lokasi yang cocok untuk terapi dengan air hangat, meningkatkan pernapasan, meningkatkan kualitas tidur, membakar kalori, meredakan rasa sakit pada tubuh, hingga meningkatkan kesehatan jantung. Tidak cuma itu, berendam air hangat di tempat ini juga diklaim dapat meredakan rasa sakit kepala dan pegal-pegal.

Sebagai tempat rekreasi, Pemandian Air Hangat Tirta Madu Barokah sudah didukung fasilitas yang memadai. Tersedia kolam untuk anak-anak dan orang dewasa. Selain itu, terdapat pula warung yang menjual aneka makanan dan minuman, tempat menyewa ban, dan tentu saja kamar mandi untuk bilas dan bersih-bersih. Untuk yang membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena sudah disediakan area khusus untuk parkir.

Seperti tempat pemandian air hangat lainnya di Magelang, harga tiket masuk area wisata pun sangat terjangkau, cuma Rp10 ribu per orang. Apabila wisatawan membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5 ribu untuk mobil atau Rp2 ribu untuk sepeda motor. Tentu saja tarif tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola.

Selain tiga tempat di atas, sebenarnya masih ada Lintang Waterpark Education. Namun, ketika tulisan ini dibuat, spot wisata tersebut masih dalam pembangunan dan belum selesai 100 persen. Berdasarkan foto-foto yang beredar, nantinya di tempat ini akan ada kolam renang lengkap dengan papan seluncur dan ember tumpah. Kabarnya juga akan disediakan pemandian khusus air hangat.

Also Read

Bagikan: