Pemandian air panas way belerang

Gundana

Destinasi Rekreasi Akhir Pekan yang Menyenangkan di Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda, Lampung Selatan

Pemandian air panas Way Belerang terletak di kaki Gunung Rajabasa, tepatnya di Desa Way Belerang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 2,1 kilometer dari Kota Kalianda atau Ibukota Kabupaten Lampung, sehingga sangat mudah dijangkau.

Way Belerang bukanlah tempat yang asing bagi warga Lampung Selatan. Objek wisata ini cukup dikenal oleh warga setempat karena pemandian air panas yang mengandung belerang alami ini telah menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat Lampung Selatan. Bahkan, selain berkunjung, masyarakat dapat merasakan langsung kehangatan air panas Way Belerang.

Menikmati Hangatnya Way Belerang di Lampung Selatan

Ketika pengunjung memasuki kawasan Way Belerang, bau belerang langsung tercium dengan aroma yang mirip dengan saptic tank. Namun, suasana halaman yang sangat rindang dan sejuk dengan banyaknya pohon besar tumbuh di area tersebut, dapat membuat pengunjung sedikit terhibur.

Bagian dalam pemandian terdapat dua kolam berukuran besar yang menyerupai kolam renang. Satu kolam tampak mengepul seperti air mendidih karena sumber belerang alami yang berasal dari bagian bawah kolam. Nila, Staf Pengembangan Dinas Pariwisata Lampung Selatan yang ditemui oleh indonesiatripnews.com di Way Belerang, Lampung Selatan, menjelaskan bahwa dulu bagian tersebut disemen, tetapi semennya jebol karena tidak mampu menahan luapan belerang alami, sehingga saat ini bagian tersebut ditutup dengan batu-batuan.

Sebagian besar pengunjung kebanyakan berendam di kolam atau sekedar duduk di pinggir kolam sambil mencelupkan kakinya ke dalam kolam. Hal ini karena air belerang alami dianggap mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

BACA JUGA:   Pemandian air panas wayang windu
Menikmati Hangatnya Way Belerang di Lampung Selatan

Di sekitar kawasan Way Belerang, pengunjung juga dapat menemukan banyak penjual sari belerang yang dibanderol dengan harga Rp20.000 per tiga plastik. Sari belerang tersebut dapat dioleskan pada bagian kulit yang sakit, baik pada badan maupun wajah. Setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit, baru kemudian dibilas dengan air. Namun, penting untuk diingat agar tidak mengenai mata karena dapat menimbulkan rasa pedih.

Pengunjung juga dapat menemukan banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di sekitar Way Belerang. Salah satu minuman alami yang ditawarkan adalah kelapa muda, yang dapat dengan mudah dinikmati dengan cara membuka bagian atas dan samping kelapa. Sedangkan makanan yang ditawarkan adalah gado-gado.

Menikmati Hangatnya Way Belerang di Lampung Selatan

Hal yang Bisa Dilakukan

Mengapa Anda perlu mengunjungi Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda? Tentu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di sini.

  • Berendam dalam air panas

Air belerang muncul secara alami dari bagian bawah kolam. Selain muncul dari bagian bawah, air belerang juga berasal dari Gunung Rajabasa yang mengalir turun. Anda akan merasakan kemurnian aliran air belerang. Perlu diperhatikan, Anda harus hati-hati ketika berenang atau menyelam, jangan sampai air belerang mengenai mata Anda karena dapat menyebabkan iritasi dan cukup pedih.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Kandungan air belerang ini sangat bermanfaat untuk mengobati permasalahan pada kulit, misalnya adalah gatal-gatal. Berendam dalam air belerang dipercaya dapat menyembuhkan permasalahan kulit tersebut.

Disediakan berbagai kolam pemandian air panas, bahkan ada yang memiliki suhu sekitar 60 derajat Celcius.

  • Bermain dalam wahana permainan

Selain menikmati pemandian air panas yang menjadi tujuan utama, Anda yang membawa serta keluarga namun tidak bisa ikut berendam bisa memilih untuk bersenang-senang dengan cara yang lain.

BACA JUGA:   Pengertian Objek Wisata Alam dan Keindahannya

Way Belerang menyediakan taman bermain yang bisa anak-anak Anda pilih, mulai dari arena bermain seperti flyingfox, ayunan, perosotan.

  • Menikmati udara sejuk

Pohon-pohon di kanan dan kiri akan membuat hawa sejuk yang membuat pengunjung akan merasakan kenyamanan alami dari Way BelerengKalianda. Di tempat ini juga tersedia peternakan kuda yang bisa Anda kunjungi.

Taman-taman yang disusun serapi dan seasri mungkin akan membuat Anda betah untuk berlama-lama duduk sambil menikmati kuliner, baik yang Anda bawa sendiri dari rumah ataupun yang dijajakan oleh penjual sekitar. Kelapa muda menjadi favorit para pengunjung!

  • Berenang

Anda yang ingin menikmati kolam renang air tawar juga bisa datang ke tempat ini karena tersedia kolam renang komersial bagi Anda yang hobi berenang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah cukup membayar sebesar Rp 5.000,00 saja.

Lokasi

Way Belerang berada di lereng Gunung Rajabasa, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Waktu

Anda bisa menikmati fasilitas Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Anda yang ingin menikmati hangatnya pemandian Way Belerang Kalianda cukup merogoh kocek senilai Rp 10.000 saja. Biaya ini juga sudah termasuk biaya parkir ke lokasi pemandian.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang disediakan di Pemandian Air Panas Way Kalianda adalah kolam air panas, kolam renang komersial, mushola, kamar bilas, taman, balai pertemuan, peternakan kuda, dan wahana bermain.

Fasilitas yang ada terjaga kebersihannya. Hal ini tentu tidak lepas dari pengelolaan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Lampung dalam rangka memajukan kepariwisataan di daerah tersebut.

Akses transportasi

Akses transportasi cukup mudah karena memang berada dekat dengan pusat Kota sendiri. Anda bisa menuju lokasi Way Belerang Kalianda dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat, baik milik pribadi maupun transportasi umum. Jangan khawatir karena lokasi dan parkir cukup luas.

BACA JUGA:   Wisata pantai yang ada di semarang

Rute

Anda yang mengambil rute dari Bandar Lampung dapat mencapai Way Belerang Kalianda dengan lama perjalanan sekitar dua jam, dengan jarak tempuh sekitar 60-ankm.

Dari Jl. Soekarno Hatta Anda hanya perlu memasuki Jalan Lintas Sumatera. Ketika tiba di pusat Kalianda, maka belok kanan hingga mencapai Kantor Bupati Lampung Selatan. Perjalanan dilanjutkan dengan jarak tempuh sekitar 5 km menuju Pemandian Air Panas Way Kalianda.

Rekomendasi

Bau belerang mungkin akan sangat menyengat pada badan setelah berendam. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti yang bisa digunakan setelah Anda selesai menikmati aktivitas berendam di Way Belerang Kalianda.

Anda bisa membeli sabun belerang yang ditawarkan oleh penjual sekitar. Selain sabun tersebut memiliki kandungan belerang yang baik bagi kesehatan kulit, Anda juga ikut serta mendukung perekonomian warga masyarakat sekitar tempat wisata dengan membeli produk asli dari Kalianda. Memang banyak tempat wisata di lampung yang bisa kamu kunjungi namun Way Belerang bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa kamu masukkan list saat liburan di Lampung. Selain itu gunung di lampung juga bisa kamu jadikan uji adrenalin kamu saat traveling di Lampung

Also Read

Bagikan: